Tips Memilih Make Up Artist Pernikahan

harga-price-list-make-up-artist

Sharing is caring!

Dalam menyiapkan pernikahan ternyata tidak hanya sekedar menentukan wedding venue, gaun, katering hingga budget pesta pernikahan namun juga memilih make up artis yang juga menjadi hal penting dalam persiapan pernikahan. Pasalnya make up artist berperan penting agar penampilan pengantin wanita lebih menawan dan lebih bercahaya. Make up pernikahan ini sangat berbeda dibandingkan make up acara lainnya. Karena make up saat pernikahan harus lebih tahan lama dan tidak mudah luntur saat terkena keringat ataupun cahaya lampu.

harga-price-list-make-up-artist
Sumber : Pinterest

Agar bisa tampil sempurna dan memukau saat hari menjadi raja dan ratu sehari, sebaiknya perhatikan beberapa tips berikut dalam memilih make up artis pengantin yang tepat biar tidak kecewa.

harga-price-list-make-up-artist
Pengantin Palembang

1. Gaya make up
Setiap make up artist satu dengan yang lainnya akan memiliki gaya make up yang berbeda. Ada make up artist yang memiliki gaya make up bold, make up soft, make up glowing ataupun make up yang natural dan tidak membuat wajah tampak berbeda. Sehingga pastikan mengetahui gaya tata rias masing-masing penata rias, apakah itu cocok dengan kepribadian kita atau tidak. Karena profesi MUA tersebut sangat erat kaitannya dengan menghasilkan karya seni dan wajah menjadi kanvas untuk berkreasi.

harga-price-list-make-up-artist

2. Cari MUA yang berpengalaman
Saat memilih seorang penata rias tidak hanya karena hasil karyanya bagus dan memuaskan. Namun juga berpengalaman dan mendapatkan banyak rekomendasi baik dari keluarga, teman ataupun kolega. Pasalnya jam terbang menjadi salah satu pertimbangan dalam menentukan penata rias pengantin. Karena make up untuk sehari-hari atau acara biasa berbeda dengan make up untuk pengantin wanita. Sehingga sangat penting untuk mencari referensi sebanyak mungkin. Bahkan kebanyakan untuk make up artist yang berpengalaman ini sudah dipesan sejak 1,5 tahun sebelumnya bersamaan memilih tanggal pernikahan.

harga-price-list-make-up-artist
Photo Indah Asya Make-up

3. Perhatikan Reputasi MUA
Saat memilih seorang penata rias perhatikan juga reputasinya. Seperti cara kerja MUA tersebut, apakah bisa bekerja dengan baik, konsisten dengan hasil make up misal terkadang hasilnya bagus tapi kadang juga hasilnya biasa saja. Perhatikan dalam hal ketepatan waktu dan mudah dihubungi. Jangan sampai sang MUA tiba-tiba menghilang tanpa kabar berita beberapa hari sebelum hari bahagia kita. Sehingga jangan sampai anda kecewa karena MUA tidak ada saat hari H.

harga-price-list-make-up-artist
Sumber : Indah Asya

4. Konsultasikan dengan MUA
Tidak hanya mengetahui gaya MUA yang kita pilih, sebaiknya konsultasikan konsep makeup yang diinginkan agar sesuai dengan konsep pernikahan. Seperti konsep makeup pernikahan di dalam gedung akan berbeda dengan konsep makeup pernikahan di outdoor. Begitupun untuk acara adat seperti siraman, midodareni ataupun pengajian, akad nikah dan resepsi memiliki konsep makeup yang berbeda. Sehingga tidak perlu ragu atau malu mengatakan keinginan dengan MUA agar MUA lebih mengetahui apa yang kita inginkan.

harga-price-list-make-up-artist
Sumber : Pinterest

5. Lakukan Tes Makeup
Agar lebih yakin lagi dengan hasil make up sebaiknya lakukan tes make up saat satu bulan hingga dua minggu sebelum pesta pernikahan. Agar kita lebih mengetahui seperti apa hasil makeup dan hair do saat hari H tersebut. Hal ini juga bisa membantu MUA mengetahui jenis kulit dan produk yang sesuai digunakan saat hari H. Sekaligus bisa melihat apakah kulit kita alergi dengan produk yang digunakan. Tidak hanya tes make up, lakukan tes foto dengan menggunakan make up tersebut apakah sesuai dengan keinginan kita.

harga-price-list-make-up-artist
Sumber : Pinterest

6. Tentukan Budget
Sebaiknya pilih seorang penata rias pengantin sesuai budget. Kita bisa bertanya langsung kepada MUA tentang price list MUA 2019. Saat sudah menetapkan harga yang diinginkan jangan sampai melakukan tawar-menawar. Karena hasil make up yang bagus tapi murah tentu tidak mungkin. Seorang MUA biasanya memiliki standar harga masing-masing sesuai dengan latar belakang, pengalaman, pendidikan hingga produk yang digunakan. Biasanya untuk harga make up artist 2019 akan berbeda dibandingkan tahun sebelumnya. Misal jika kita datang langsung untuk make up wisuda atau pesta berkisar 150 ribu. Namun jika make up artist panggilan untuk pernikahan mulai dari 1 juta, 5 juta hingga puluhan juta rupiah.

harga-price-list-make-up-artist

7. Gunakan Fitur Pencarian MUA
Kini untuk mencari jasa makeup artist yang berpengalaman, bagus dan memiliki reputasi yang baik saat ini bisa menggunakan fitur pencarian MUA. Baik dengan menggunakan tagar di laman media sosial seperti di instagram ataupun twitter. Selain itu kita juga bisa mencari melalui mesin pencari seperti Google. Ataupun bisa juga dengan mencari komunitas MUA yang berada di tempat kita tinggal. Bahkan saat ini banyak situs web atau aplikasi yang bisa membantu kita menemukan MUA, misalnya Sociabuzz dan masih banyak lagi. Jadi tidak sulit lagi menemntukan MUA untuk pernikahan kita ya.

17 comments

  1. Mellisa Reply

    Setuju banget sama tips2 nya kak. Harus super selektif kalau mau memilih MUA pengatin, karena itu kan moment sekali seumur hidup ya, pastinya kita ingin penampilan yg terbaik juga. Make up harus sesuai karakter itu penting banget.

  2. winda - www.dajourneys.com Reply

    bener banget mba, dulu waktu aku nikah belum banyak vendor kayak sekarang, pilihan juga terbatas ๐Ÿ™ jadi pas lihat foto2 pernikahan kadang suka sedih, diriasnya ga banget mukanya jadi kelihatan tua hahahaa

  3. Tami Oktari Reply

    Iya kak, biasanya aku pun klo cari MUA selalu liat dr gaya makeupnya. Selalu liat portofolionya sih hehe karena itu penting banget

  4. Yoanna Fayza Reply

    Keren nih tipsnya, memang makeup itu faktor penting banget saat nikah, karena fotonya dilihat seumur idup, kalau makeupnya ajaib kan nyeselnya juga seumur hidup ๐Ÿ™‚

  5. ivonie Reply

    Sekarang banyak pilihan MUA dan mudah carinya, kalau saya dulu rekomendasinya dari kakak ipar yang kebetulan selain tetangganya dulu nikah juga pakai MUA tersebut.
    Kalau sepupu kemarin nikah cari info MUA lewat IG

  6. Luella Artistry Reply

    Setuju. Milih mua buat wedding day itu gampang gampang susah karena kita jg harus cr sesuai budget, gaya makeup yang sesuai dengan karakter wajah kita.

  7. Meiliyana Mei Reply

    Wahhh, tipsnya bermanfaat banget, mbak!
    Yassh! Aku setujuu! Memilih MUA ga boleh sembarangan, kudu bener-bener selektif sih, apalagi buat acara sekali seumur hidup..

  8. Faradila Putri Reply

    True! Aku dulu milih perias nikahan karena liat hasilnya di temenku. Cantik, anggun dan manglingi banget! Jadi udah jelas hasilnya dna ga kecewa pas hari H :))

  9. Demia Kamil Reply

    Penting banget emang mengenai makep ini, apalagi untuk digunakan di wedding, sekali seumur hidup pastinya pengen banget hasilnya ga mengecewakan

  10. Afifah Haq Reply

    Setuju bangettt sama semua tips nya. Tambahan, MUA nya cukup 1 aja, jgn datengin MUA yg lain. Pas nikahan aku kemarin, make up aku tiba2 ditouch up seenaknya sama MUA lain, padahal dia sow nya cuma ngurusin wardrobe aja, hasilnya wajahku malah jadi bengep kaya yg memar, gustiii

  11. Indah Nuria Reply

    In my case, I looked for the one who has been handling my make up for quite some time so I am familiar with the style and comfortable with the person as well. your wedding is a very special moment so we want to have the best for sure

  12. lutfiah hanim Reply

    wah kak makasih banget infonya. berguna banget aku yg lagi nyiapin pernikahan. dan makin mantep dengan pilihan mua yg mau aku pake.

  13. Lily Kanaya Reply

    Makeup untuk wedding yang hanya 1 kali seumur hidup penting banget menurutku, kalo boleh test makeupnya 2 kali lol

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.