Lifestyle,  Sports,  Tips

Cegah Cedera Saat Senam Lantai

Sharing is caring!

Olahraga senam adalah salah satu cara untuk menjaga tubuh tetap sehat, membentuk tubuh menjadi lebih cantik dan proporsional, bahkan olahraga juga bisa membuat kita awet muda. Salah satunya senam yang bisa dicoba di rumah adalah senam lantai.

Hanya saja meski masuk dalam kategori olahraga yang mudah dilakukan namun senam lantai tidak bisa dilakukan sembarangan. Agar terhindar dari cedera, senam lantai juga ada aturannya sama seperti olahraga lain.
Untuk melakukan berbagai gerakan yang beresiko cedera ini senam lantai sangat membutuhkan kekuatan, keseimbangan hingga koordinasi dan kelenturan tubuh.

Untuk melakukan senam lantai sebaiknya perhatikan hal berikut agar mengurangi resiko cedera saat melakukan senam lantai.

Jangan Lewatkan Pemanasan dan Pendinginan

Untuk menghindari resiko cedera pada olahraga apapun, hal utama yang dilakukan adalahnya melakukan pemanasan dan pendinginan secara maksimal. Kedua hal ini kadang dianggap tidak penting padahal sangat berguna bagi tubuh. Agar terhindar cedera di daerah persendian, cedera otot ataupun kram di bagian tubuh tertentu. Saat tubuh tidak panas mengakibatkan otot masih kaku dan tidak lentur, sementara untuk melakukan gerakan senam lantai dibutuhkan kelenturan tubuh.

Sumber : Pinterest

Selain melakukan pemanasan dan dilanjutkan gerakan inti, saat tubuh sudah lelah, kadang melewatkan melakukan pendinginan. Padahal pendinginan menjadi salah satu cara untuk merelaksasi atau mengendorkan otot yang tegang saat melakukan gerakan inti.

Lakukan Secara Intens dan Bertahap

Agar latihan bisa mendapatkan hasil maksimal dan terhindar cedera sebaiknya lakukan gerakan step by step secara perlahan dan tidak terburu-buru. Pelajari baik-baik untuk melakukan berbagai macam gerakan senam lantai tersebut. Seperti saat harus berlutut secara perlahan, tumpuan harus kuat dan gerakan tidak bisa dipaksakan ataupun mengganti langkah. Karena bisa menyebabkan cedera lutur, terkilir ataupun cedera lainnya.

Sumber : Pinterest

Sehingga lebih baik untuk melakukan gerakan senam secara intens, bertahan dan lebih teratur. Pasalnya jika berhenti saat ditengah sesi latihan seperti karena kelelahan, bisa beresiko cedera. Pastikan tubuh tidak berhenti bergerak secara mendadak karena bisa menyebabkan kram otot. Sebaiknya lakukan gerakan perlahan di tangan atau kaki untuk mencegah cedera otot.

Olahraga dengan Ahlinya

Agar Anda tidak mengalami kesalahan gerak, cobalah berolahraga dengan para ahli terlebih dahulu. Memiliki pelatih senam dapat membantu Anda mendapatkan gerakan yang telah menjadi senam standar. Jika ada gerakan senam yang tidak mengerti atau terlalu sulit, jangan ragu untuk meminta pelatih Anda untuk mengajari mereka.

Sumber : Pinterest

Pilih Tempat Olahraga Yang Nyaman

Saat melakukan olahraga senam sebaiknya memilih tempat yang nyaman agar latihan secara berjalan maksimal. Tempat yang bising dan panas akan membuat latihan menjadi terganggu. Gerakan senam lantai pun tidak bisa dilakukan dengan baik. Sehingga ruangan yang bersih, tenang dan sejuk menjadi salah satu tempat yang baik untuk melakukan senam lantai.

Gunakan Produk Berkualitas

Sebaiknya pilih pakaian senam yang pas dan nyaman agar bisa melakukan gerakan senam tanpa khawatir pakaian akan robek ataupun membuat gerakan menjadi tidak maksimal karena terhalang pakaian. Selain pakaian, fasilitas pendukung olahraga senam juga harus berkualitas. Karena dapat menjaga kenyamanan dan keamanan saat melakukan gerakan senam lantai.

Untuk memaksimalkan latihan, kita bisa memilih matras yang kualitasnya bagus tentunya dengan jaminan keamanan maksimal yang mendukung untuk semua latihan.

Sehingga pilihlah matras yang tahan lama dengan ketangguhan tinggi, daya tahan yang kuat, tidak mudah terkikis gesekan lantai, lembut dan tidak licin. Selain itu dengan material yang kuat dan stabil agar bisa mendukung fleksibilitas saat digunakan. Temasuk juga matras yang memiliki tingkat perekatan yang baik, sehingga saat digunakan tidak akan mudah bergeser. Daya rekat yang baik memberikan perlindungan saat bergerak memindahkan anggota tubuh.

Selain itu jika secara tidak sengaja menumpahkan minuman/makanan di atas matras juga mudah dibersihkan. Yang tidak kalah penting adalah memilih matras yang ramah pada kulit bisa digunakan untuk kulit sensitf, higienis dan anti bakteri. Dan pastinya matras mudah digunakan dan praktis disimpan serta tidak menyerap panas walau digunakan berulang kali tetap nyaman digunakan.

https://www.instagram.com/p/BuXkYQLHJf7/

Kebetulan saat googling ada produk airtrack gymnastic matras yang sesuai dengan kriteria matras yang baik untuk latihan senam lantai. Matras airtrack terlihat seperti kasur angin dengan ketebalan 10 cm, 20 cm dan 30 cm dan panjang rata-rata 4 m. Tentunya dengan menggunakan air track for tumbling ini, bisa melakukan berbagai gerakan seperti melompat di udara oleh para cheerleaders. Sehingga seperti namanya airtrack tumble track, matras ini sangat aman digunakan karena melindungi tubuh saat jatuh di matras.

Bagi yang ingin membeli saat ini lagi ada banyak diskon dari program air tumble track for sale loh, kalian bisa mendapatkan potongan harga yang cukup banyak.

Nah jika sudah melakukan berbagai hal diatas, InsyaAllah senam bisa dilakukan secara maksimal dan bisa mengurangi resiko cedera pada tubuh.

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers

8 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com