Singapura,  Travelling

Little India Singapura

Sharing is caring!

Dalam perjalanan kali ini tinggal di kawasan Little India. Sesuai dengan namanya tentu kita bisa mengetahui jika yang tinggal di kawasan ini adalah mayoritas masyarakat India. Sehingga tidak perlu susah-susah ke India, jika hanya ingin membeli kain sari.

IMG_0546ok

Selain itu tentu juga sangatlah terkenal jika kawasan ini kaya akan aroma, selain aroma dari tubuh orang-orang keturunan India tersebut, juga aroma dari masyarakat khas India, seperti kari, ataupun aroma rempah-rempah masakan.

Jika ingin ke Little India, kita bisa jalan kaki setelah dari MRT, atau bisa juga naik SMRT Link, bis gratis ini biasanya berkeliling selama 8-15 menit pada hari libur dari stasiun MRT Dhoby Ghanut sampai ke Little India.

Disini juga terdapat banyak toko yang buka sejak pukul 09.00-22.00. Kawasan ini terletak di sebelah timur sungai Singapura, seberang China Town dan bagian utara Kampong Glam, lebih tepatnya di Seragoon Rd. Kawasan yang bernuansa tahun 1920-an. Konstruksi dan sanitasi Little india sangat berbeda dengan kawasan lain di Singapura pada umumnya.

Masjid Abdul Gafoor

IMG_0544ok

Ternyata Little India kental dengan Islam terbukti dengan berdirinya Masjid Abdul Gafoor. Masjid ini terletak di pemukiman muslim, Kampong Kapor, tepatnya di Dunlop Street. Masjid ini berdiri megah dan menjadi saksi keislaman di Singapura. Masjid  yang dibangun pada 1907 ini berhasil mengabadikan kemegahannya hingga kini.

Hal yang unik adalah masjid ini memiliki banyak nama, mulai dari “Abdul Gafoor Mosque, Abdul Gafor Mosque, Abdul Gaffor Mosque, Abdul Gaphore Mosque, Abdul Gapore Mosque, Dunlop Street Mosque dan Indian Mosque.

Keindahan arsitektur masjid yang satu ini sungguh luar biasa. Kita bisa melihat pahatan batu dan seni ukiran kayu. Aula shalat utama yang dihiasi kaligrafi hingga mimbar antara Imam dan Makmum yang dipisah oleh tiga anak tangga. Di sisi lain masjid kita bisa melihat menara adzan yang berbentuk segi enam menjulang memukau. Untuk kaum hawa tersedia tempat khusus di sisi kiri masjid. Jika shalat Jum’at, ruang shalat ini juga dipakai untuk menampung seluruh jamaah.

Tekka Market dan Mustafa Centre

little-india

Jika berkunjung ke kawasan little India, jangan lupa mengunjungi Tekka market. Disini banyak kedai yang menjual makanan India, Melayu, dan khas Tionghoa. Ada juga pasar yang menjual sayur, daging, ikan, bumbu rempah, dan bunga-bunga yang sangat segar.

Nah tak lengkap rasanya jika ke Little India tapi tidak ke Mustafa Centre. Disini kita bisa berbelanja sepanjang malam di pusat perbelanjaan 24 malam. Mustafa Centre ini terletak di sudut Serangoon dan Syed Alwi Road. Toserba super besar ini menjual beragam pernak-pernik, kebutuhan rumah tangga, makanan mulai dari kemasan hingga yang segar, ataupun rempah-rempah, hingga pakaian, tekstil, elektronik ataupun perhiasan emas pun ada. Dan tentunya dengan harga yang murah.

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com
Skip to toolbar