Lima Tips Gaya Hidup Sehat

Sharing is caring!

Setiap orang menginginkan bisa selalu sehat namun tidak banyak yang rela melakukan gaya hidup sehat. Padahal hidup sehat akan memberikan manfaat lebih bagi tubuh kita sendiri. Tidak hanya untuk sekarang tapi juga di masa depan.

Sebenarnya gaya hidup sehat ini  mudah dilakukan dan akan memberikan banyak manfaat, mulai dari terhindar dari penyakit hingga menjaga berat badan ideal. Gaya hidup sehat bisa dilakukan saat ini juga, di antaranya:

1. Cukup istirahat

 

Kunci hidup sehat adalah menjaga pola tidur dan tubuh mendapatkan  istirahat yang cukup. Saat waktu tidur terpenuhi  tubuh akan mendapatkan energi untuk beraktivitas keesokan hari. Tahukah jika kurang tidur bisa menyebabkan banyak hal seperti berkurangnya konsentrasi, memicu stress dan penyakit jantung. Cukupi kebutuhan tidur minimal 6 hingga 8 jam sehari. Sebaiknya kurangi tidur terlalu malam bahkan tidak tidur sama sekali. Ayo sayangi jantung kalian ya.

2. Perbanyak Minum Air Putih

 

Cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mendapatkan hidup sehat dengan memperbanyak minum air putih. Kebutuhan cairan setiap orang berbeda-beda tergantung dari aktivitas sehari-harinya ataupun tergantung dari faktor cuaca yang panas. Meski cairan tubuh juga bisa dipenuhi dengan minuman lain seperti teh, susu ataupun jus buah, teh dan minuman lainnya. Namun tetap cairan terbaik bagi tubuh adalah air putih.

3. Jaga Pola Makan

Kunci  hidup sehat dimulai dari makanan yang dikonsumsi. Banyak orang tidak memerhatikan apa yang dimakan. Hanya sebatas enak di lidah namun ternyata tidak sehat dan berbahaya bagi tubuh kita. Seperti junk food atau makanan cepat saji, aneka makanan dalam kemasan termasuk mie instan.  Pasalnya makanan tersebut banyak mengandung pengawet yang berbahaya bagi tubuh. Selain itu kurangi juga konsumsi garam dan gula.

 

4. Olahraga secara teratur

 

Berolahraga secara teratur minimal 3 kali dalam seminggu bisa menjadikan tubuh lebih sehat.  Ada banyak jenis olahraga sederhana dan murah yang bisa dilakukan. Seperti jalan kaki, senam ataupun lari.  Olahraga yang teratur dan tepat bisa membuat tubuh semakin fit, menguatkan otot dan tulang, menurunkan kadar lemak serta memperlancar peredaran darah.

5. Banyak Bersyukur 

 

Kunci hidup sehat adalah selalu banyak bersyukur karena hal tersebut bisa menghindarkan  diri dari stress. Jika selama ini terlalu membebani diri dengan banyak target. Mari mulai catat banyak hal yang sudah dicapai. Rasa bersyukur bisa membuat jiwa lebih tenang. Tahukah dengan banyak bersyukur tubuh pun menjadi lebih sehat.

Tips gaya hidup sehat yang mudah ini bisa dilakukan segera. Selamat mencoba.

25 comments

  1. Natasha Reply

    jaga pola makan. minum air putih. istirahat yang cukup dan selalu bersyukur itu pasti dilakukan setiap hari. cuma olahraga ini yang jarang banget dilakuin, banyak setan mager nya hihi

  2. Elliza Efina Reply

    Wah, poin nomor 5 nih yang kerapkali terlupakan. Wkwk~
    Ternyata banyak-banyak bersyukur bisa menyehatkan badan ya, Mbak. Pikiran jadi jauh lebih tenang dan ada rasa ‘nrimo’ di dalamnya.
    Keep sharing ya, Mbak. Postingannya inspiratif banget.
    🙂

  3. Laksmi Raras Reply

    Semua aku jalanin kak, paling yg agak berat ngatur pola makan, makannya kadang banyak kadang dikit, kalau ga pingin makan ya ga makan.. But jangan ditiru, asupan makanan yg baik harus seimbang ya

  4. Faradila Putri Reply

    Yang nomer 4 nih belum rutin saya kerjakan karena susah cari waktunya hiks. Pengen ala Youtube aja deh alias pasang di rumah dan ikutin dari ruang tamu hahaha

  5. dewaayuinda Reply

    satu lagi mba, banyakin piknik jadi otaknya ga sempit dan julidin orang mulu haha, saya olahrga aja ni yang suka males. Males geraknya padahal sekarang lagi gendut2nya

  6. Nona Reply

    Aku paling susah olahraga secara rutin , paling males olahraga padahal olahraga penting biar sehat

  7. Sintha Novia Putri Reply

    Sehabis baca ini langsung kesel sama diri sendiri, betapa malesnya diri ini nggak pernah olahraga dan mencoba gaya hidup sehat huhu. Makasih beb udah mengingatkan, besok harus memulai nih mencoba hidup sehat

  8. Patricia Reply

    Ngatur jadwal tidur, makan sama minum banyak air itu susah banget loo.. mana aku gadoyan air putih gt..

  9. Riwenda Reply

    Emang gaya hidup sehat itu perlu ya mbak, aku cuma omdo mau gaya hidup sehat tapi tidur tetap malam , makan tetap ngk teratur dan apa aja di makan hehe

  10. Rima Angel Reply

    Aku minum air putih, olahraga sama pola makan teratur masih suka susah banget neh. Apalagi air putih neh, duh aku jarang banget minum banyak.

  11. April Hamsa Reply

    Gaya hidup sehat + bersyukur = kunci hidup sehat ya mbak 😀
    Olaharga nih yang aku tuh susah banget lakuin, makan jg kadang masih tergoda makan makanan di luar yg agak2 praktis hiks. Moga 2019 bisa menerapkan lifestyle yg lbh oke lg thx

  12. Desi mel Reply

    Semuanya lagi saya coba nih Mba, walau memang kadang suka kelupaan, apalagi minum air putih teratur kadang masih belum

  13. Zilqiah Angraini Reply

    nah menjaga pola makan ini yang masih susah gampang aku lakuin hikss
    aku masih suka makan di jam sembarangan gitu
    maksudnya ga teratur jam makannya
    tapi ttp udah usahain makanan sehat sehat dan gak jajan sembarangan di pinggir jalan

  14. Novi H Reply

    Banyak bersyukur dan cukup istirahat tuuuh penting abis kalo mau tetep sehat dan bugar. aku selalu menerapkan mba hehehe 🙂

  15. Elvina utami Reply

    Untuk poin jaga pola makan sama olahraga teratur masih susah nih rasanya untuk diterapkan, hhaa apalagi kalo liat makanan yg enak2

  16. ivonie Reply

    Kelihatannya tips ini sederhana ya mbak, tapiii prakteknya memang kudu konsisten. Terutama yang nomer 3 & 4 nih. Seringnya suka makan aja segala macam menu tanpa diimbangi olah raga rutin.

  17. Pingback: Bantu Sesama dengan Galang Dana Online - Jurnal Suzannita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.