Lombok,  Tips,  Travelling

Liburan Asyik dan Seru di Gili Trawangan

Sharing is caring!

Liburan asyik dan seru di Gili Trawangan menjadi momen tidak terlupakan bagi saya. Karenanya saya berencana ingin kembali lagi salah satu pulau yang berada di Lombok, Nusa Tenggara Barat tersebut. Pertama kali saya berkunjung ke Gili Trawangan pada 2012 yang lalu.

Gili Trawangan merupakan satu dari 2 gili yang ada di Lombok. Namun Gili Trawangan sangat ramai dikunjungi wisatawan dibandingkan Gili Air dan Gili Air.  Pulau ini dikelilingi dengan pantai putih dan air yang jernih.

Transportasi

Untuk menuju Gili Trawangan bisa ditempuh dari Bali dengan menggunakan speed boat, namun biayanya cukup mahal. Atau dari Bandara Internasional Lombok menuju Pelabuhan Bangsal. Bisa dengan menggunakan bus Damri atau sewa mobil ke Pelabuhan Bangsal.

Perjalanan menuju Gili Trawangan dengan Public Boat

Jika berangkat dalam rombongan sebaiknya menyewa mobil karena bisa  sharing cost dengan teman perjalanan. Cara termurah dengan naik Damri tujuan Senggigi. Setelah itu dilanjutkan menggunakan menumpang angkutan umum ke Pelabuhan Bangsal.

Cidomo, salah satu alternatif transportasi di Gili Trawangan

Sebaiknya tiba sebelum jam 3 agar bisa langsung naik public boat menuju Gili Trawangan. Pasalnya kapal ini setiap harinya beroperasi dari pukul 08.00 hingga pukul 17.00 WITA dengan tarif Rp 15.000,-.

Akomadasi

Bagi yang menginap di Gili Trawangan, jangan khawatir karena disini  banyak terdapat penginapan mulai dari budget homestay seharga Rp 100.000,- per malam hingga villa atau resort dengan budget hingga jutaan dengan berbagai fasilitas mewahnya.

Little Coco, salah satu hotel/villa di Gili Trawangan

Untuk pemesanan kamar hotel disini bisa dilakukan secara online. Namun untuk kamar homestay kebanyakan tidak bisa dibooking secara online tapi tidak usah khawatir. Karena bisa memesan langsung di tempat.  Sayangnya untuk pemesanan langsung atau go show ini tidak direkomendasikan karena biasanya kamar sudah full booked.

Ada banyak sepeda yang bisa disewa yang berada di depan hotel/villa

Aktivitas

Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan di Gili Trawangan. Pulau ini tidak besar, cukup dengan setengah jam berlari atau 2 jam berjalan kaki, pulau ini sudah selesai dikelilingi. Atau bisa juga menyewa cidomo sejenis delman, menyewa sepeda untuk mengelilingi pulau ini. Untuk cidomo biaya sewa berkisar Rp 75.000,- sementara sewa sepeda mulai dari Rp 20.000,- per jam atau Rp 75.000,- per hari.

Bersepeda di Gili Trawangan

Aktivitas lain yang bisa dilakukan tentu berenang dan snorkeling. Banyak tour yang menawarkan paket snorkeling yang berkisar mulai dari Rp 150.000,-. Keindahan pemandangan alam bawah laut Gili Trawangan sudah tidak terbantahkan. Mulai dari terumbu karang dan ikan warni warni bisa ditemukan.  Selain itu bisa juga melakukan watersport seperti banana boat, jet ski, water skiing, canoe, paddle board, surfing hingga diving.

Menikmati Sunset di Gili Trawangan

Selesai dengan segala aktivitas, kita bisa bersantai di cafe atau bar sambil menikmati sunset.

Wisata Kuliner

Jika berada di Gili Trawangan tentu wajib menikmati kuliner khas Lombok yakni Ayam Taliwang dan Plecing Kangkung. Disini banyak  tersedia warung maupun restoran yang menyajikan aneka makanan dengan harga bervariasi dan suasana yang berbeda.

Dinner di Aston Sunset Gili Trawangan

Untuk warung makan kita bisa berjalan menuju perkampungan. Namun bagi yang ingin makan malam yang romantis juga bisa. Ada banyak restoran di sepanjang pantai dengan menu mulai dari berbagai macam jenis seafood seperti udang, cumi-cumi, ikan hingga kepiting pun bisa dinikmati. Ataupun menu makanan western juga bisa disantap di restoran-restoran tersebut.

Gili Trawangan, Lombok, Indonesia

Duh jadi makin tidak sabar untuk liburan ke Gili Trawangan lagi, siapkan tiket dan cuti dulu ah.

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers

13 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com
Skip to toolbar