Banyak Perusahaan Besar dan Perusahaan Rintisan Tersebar di Bandung
Bandung,  Lifestyle,  Tips

Makin Dicari, Ini Rekomendasi Kontrakan Rumah di Bandung Kawasan Kampus dan Perkantoran

Sharing is caring!

Makin Dicari Ini Rekomendasi Kontrakan Rumah di Bandung Kawasan Kampus dan Perkantoran
Makin Dicari Ini Rekomendasi Kontrakan Rumah di Bandung Kawasan Kampus dan Perkantoran – (Foto: Google Images)

Sebagai kota metropolitan terbesar di Jawa Barat, Bandung saat ini bukan lagi sekedar tempat favorit warga Jakarta untuk menghabiskan waktu setiap akhir minggu datang. Semakin hari, semakin kuat juga kekuatan magis Bandung yang terus menarik orang-orang untuk datang dan menetap, menjadi bagian dari Bandung yang terkenal dengan pemandangan dan hawa yang sejuknya ini.

Dilansir dari DetikNews, jumlah penduduk Bandung dan Jakarta diprediksi sekitar 70 juta pada tahun 2045. Bandung dikatakan sebagai salah satu tujuan urbanisasi  paling populer selain Jakarta. Tentu saja semua pendatang  yang  melakukan urbanisasi ini punya alasan masing-masing sampai akhirnya  memilih Bandung untuk jadi tempat tinggalnya.

Dan tentu saja, semua orang yang datang ini membutuhan hunian selama mereka berada di Bandung. Karena terbatasnya jumlah properti dan kemampuan individual setiap pendatang, kebanyakan dari mereka memilihuntukmencarikontrakanrumah di Bandung.

Ada banyak faktor yang akhirnya membuat Bandung menjadi salah satu tujuan urbanisasi populer sehingga membuat kontrakan rumah di Bandung semakin dicari seiring berjalannya waktu. Jika kalian juga salah satu yang sedang mencari, baca sampai habis, ya! Dengan itu, kalian bisa segera temukan kontrakan rumah di Bandung yang paling sesuai dengan kebutuhan kalian.

Kenapa Kontrakan Rumah di Bandung Makin Dicari?

Ada dua faktor utama yang membuat Bandung menjadi tujuan urbanisasi paling populer seperi karena faktor sarana pendidikan dan pembangunan perekonomian di Bandung terus berkembang. Selain itu masih banyak faktor lain yang menjadi alasan kontrakan rumah di Bandung semakin dicari!

  1. Universitas-universitas Besar di Bandung Jadi Pilihan Para Pelajar
Universitas universitas Besar di Bandung Jadi Pilihan Para Pelajar
Universitas universitas Besar di Bandung Jadi Pilihan Para Pelajar – (Foto: Google Images)

Jika bicara soal universitas, Bandung adalah gudang universitas-universitas besar. Dari yang negeri sampai yang swasta, mayoritas mengantongi nama baik yang terdengar waw ketika disebutkan. Tercatat pada tahun 2017, jumlah mahasiswa baru yang masuk berbagai universitas di Jawa Barat khususnya Bandung ini mencapai 183.723 orang. Tidak heran jika permintaan hunian khususnya kontrakan rumah di Bandung semakin bertambah setiap tahunnya.

Beberapa perguruan tinggi negeri yang punya nama besar di Bandung antara lain Institut Teknologi Bandung (ITB) di daerah Dago, Universitas Padjadjaran (UNPAD) di daerah Dipatiukur, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) di daerah Setiabudi, dan Politeknik Negeri Bandung (POLBAN) di daerah Gegerkalong. Sedangkan untuk perguruan tinggis wasta, Bandung memiliki universitas terkenal seperti Universitas Telkom di daerah Buah Batu, Universitas Islam Bandung (UNISBA) di daerah Tamansari, dan Universitas Kristen Maranatha.

Meski sebagian besar mahasiswa ini memilih kost sebagai tempat tinggal, tidak sedikit juga yang memutuskan untuk menyewa kontrakan rumah di Bandung untuk ditinggali bersama teman-teman sesama mahasiswanya. Karena dengan perhitungan yang tepat, menyewa kontrakan rumah bersama bisa memakan dana yang lebih sedikit ketimbang menyewa kos per kamar.

  1. Banyak Perusahaan Besar dan Perusahaan RintisanTersebar di Bandung
Banyak Perusahaan Besar dan Perusahaan Rintisan Tersebar di Bandung
Banyak Perusahaan Besar dan Perusahaan Rintisan Tersebar di Bandung – (Foto: Google Images)

Setelah masa perkuliahan selesai, mayoritas lulusannya memilih untuk segera terjun ke dunia kerja. Dan lagi, para lulusan perguruan tinggi Bandung ini banyak yang tidak rela jika harus keluar dari Bandung. Meski Bandung memiliki angka upah minimum rata-rata yang masih di bawah Jakarta, banyak orang memilih untuk tetap bekerja di Bandung dengan alasan lingkungan yang lebih nyaman untuk ditinggali.

Lapangan kerja yang tersedia pun tidak kalah dengan sang ibukota. Selain perusahaan-perusahaan besar, tercatat ada sekitar 250-an perusahaan rintisan di Bandung. Tentu perusahaan-perusahaan ini menyerap banyak sekali sumber daya manusia, baik lulusan perguruan tinggi Bandung maupun luar Bandung.

Ini berarti, semakin banyak saja pendatang  yang membutuhkan tempat tinggal sementara di Bandung ini. Kontrakan rumah di Bandung semakin dicari dan penting untuk kalian memilih kontrakan dengan lokasi yang paling sesuai dengan kebutuhan. Untuk itu, saya siapkan 2 rekomendasi kawasan kontrakan rumah di Bandung yang cocok untuk anda yang tengah menempuh studi ataupun mencari nafkah di Kota Kembang ini.

Yuk, kita bahas selengkapnya!

Rekomendasi Kontrakan Rumah di Bandung Kawasan Kampus dan Perkantoran

Sebelum saya mulai membahas rekomendasinya satu per satu, perlu kalian tahu bahwa semua informasi mengenai kontrakan rumah di Bandung ini saya dapatkan dari situs properti www.99.co/id.

Di jaman yang sudah serba modern ini, urusan mencari kontrakan juga bisa dibuat sedemikian mudah. Kalian bisa temukan properti apapun di mana pun tanpa harus bangkit darikursi kalian yang nyaman itu. Hanya tinggal satu ketuk di layar smartphone kalian,  sudah bisa masuk ke dalam portal pencarian properti dengan serba mudah dan cepat.

Nah, kontrakan rumah di Bandung yang akan saya bahas pertama adalah yang berlokasi di kawasan kampus-kampus Ledeng, untuk kalian para mahasiswa agar tidak harus terjebak di kamarkost yang hanya sepetak.

  1. Kontrakan Rumah di Bandung Daerah Ledeng
Kontrakan Rumah di Bandung Daerah Ledeng
Kontrakan Rumah di Bandung Daerah Ledeng – (Foto: 99.co Indonesia)

Kontrakan rumah yang satu ini paling cocok untuk kalian yang tengah menempuh studi di Universitas Pendidikan Indonesia, karena jaraknya yang hanya 500 meter dari salah satu kampus ternama di Bandung itu. Rumah dengan nuansa vila ini memiliki 5 kamar dan 2 kamar mandi lengkap dengan water heater. Harganya? Hanya 45 juta per tahun!

Terlihat mahal, ya? Coba kita hitung lagi. Untuk 5 orang penghuni, jika dibagi perbulan, anda hanya perlu membayar 750 ribu per bulannya.

Wow, murah, ya!

Dibanding menyewa kamar kost, tentu rumah ini lebih menggiurkan untuk disewa. Kalian akan mendapatkan fasilitas rumah seperti ruang tamu, ruang keluarga, dapur, dan halaman luas untuk memarkir kendaraan. Luas bangunan rumah ini adalah 100 meter persegi dengan luas tanah 300 meter persegi.

Apalagi, lokasinya sangat strategis. Tidak hanya untuk anda yang berkuliah di Universitas Pendidikan Indonesia, melainkan juga kampus lain seperti Universitas Pasundan, Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung, Universitas Kristen Maranatha, dan UniversitasParahyangan.

Untuk daerah perkantoran juga, kawasan Ledeng ini cukup banyak diisi dengan perkantoran. Dari perkantoran besar hingga startup yang biasanya menggunakan bangunan rumah biasa atau ruko sebagai kantornya.

Apalagi ketika sedang suntuk, kalian bisa jalan-jalan ke daerah wisata Lembang dan Parompong yang juga dekat dari lokasi ini. Seru, kan?

  1. Kontrakan Rumah di Bandung Daerah Lengkong
Kontrakan Rumah di Bandung Daerah Buah Batu
Kontrakan Rumah di Bandung Daerah Buah Batu – (Foto: 99.co Indonesia)

Rekomendasi kedua kontrakan rumah di Bandung kawasan kampus dari saya adalah rumah di daerah Lengkong ini. Letaknya di Permata BuahBatu, cocok sekali untuk para mahasiswa yang berkuliah di kampus-kampus seperti Universitas Telkom, ISBI Bandung, Universitas Langlang buana, Universitas Pasundan, dan lain-lain.

Harganya? Untuk spesifikasi 4 kamar dan 2 kamar mandi, kontrakanrumah di Bandung ini dipatok dengan harga 39 juta rupiah per tahun. Jika dibagi-bagi lagi, satu orangnya harus membayar sekitar 800 ribu per bulan. Harganya super menarik, kan? Apalagi rumah ini dibangun dengan konsep modern, mewah, dan minimalis.

Seperti kita tahu, kawasan Buah Batu ini super lengkap dari hal pendidikan hingga hiburan dan makanan. Saking lengkapnya, banyak orang yang merasa Buah Batu adalah kota tersendiri. Intinya, kalian tidak perlu repot kemana-mana,  jika tinggal di kawasan ini.

Daerah ini juga di isi oleh banyak daerah perkantoran seperti Jalan Asia Afrika, Jalan Gatot Subroto, dan jalan-jalan sekitarnya yang termasuk ke kawasan Bandung Tengah.

Nah, itu dia 2 rekomendasi kawasan kontrakan rumah di Bandung yang bisa kalian jadikan pertimbangan. Kawasan Bandung Utara dan Bandung Tengah ini memang menjadi kawasan yang terbilang ramai di isi oleh baik para mahasiswa maupun para karyawan.

Bagaimana? Sudah tahu akan tinggal di mana?

Semoga cepat menemukan tempat yang cocok, ya!

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers

18 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com