Shalat Tarawih di Masjid
Lifestyle,  Personal

Kenangan Ramadan Masa Kecil

Sharing is caring!

Kenangan masa-masa Ramadan masa kecil selalu membuat tersenyum. Momen Ramadan masa kecil membuat ingin kembali ke masa tersebut. Ada banyak memori masa kecil saat  Ramadan diantaranya :

1. Tarawih bersama ayah ibu dan teman-teman mengaji

Saat Ramadan tiba, hal yang paling menyenangkan bisa berangkat tarawih bersama ayah dan ibu. Bahkan jika di tengah jalan bisa  bersama bertemu dengan teman-teman mengaji. Momen ini membuat saya berusaha untuk shalat tarawih di Masjid Al-Ahya, masjid di dekat rumah untuk bisa berangkat tarawih bersama Ayah dan Ibu. Sehingga bisa bertemu dengan tetangga dan teman-teman masa kecil.

Shalat Tarawih di Masjid
Shalat Tarawih di Masjid

2. Mengisi buku kegiatan Ramadan

Saat bulan Ramadan saya pernah mendapat tugas mengisi buku kegiatan Ramadan. Buku ini berisikan kegiatan yang dilakukan selama Ramadan, mulai dari puasa, tarawih di masjid, kultum hingga berburu tanda tangan penceramah yang mengisi ceramah kultum. Kenangan yang sangat berkesan dan tidak bisa diulang kembali.  Apalagi sekarang tradisi seperti ini sudah tidak ada saat ini.

Buku Kegiatan Ramadan
Buku Kegiatan Ramadan

3. Menunggu waktu berbuka dengan nonton film anak-anak

Ada banyak film anak-anak yang ditayangkan di televisi saat menjelang waktu berbuka puasa. Mulai dari serial Ramadan yang mendidik seperti Doaku Harapanku hingga Lorong Waktu. Hanya saja kini memang tidak banyak tontonan anak-anak yang begitu mendidik ya.

Tadarus Al Quran
Tadarus Al Quran

4. Tadarus Al-Quran  di Masjid

Hal paling dirindukan adalah melakukan Tadarus Al-Quran bersama teman-teman dan tetangga saat setelah shalat Shubuh atau shalat Tarawih.   Sembari melancarkan membaca Al-Quran juga bisa menambah pahala bahkan terkadang ada tausyiah usai Shalat Shubuh tentang kisah-kisah Nabi-Nabi Allah.

Membangunkan Sahur Keliling
Membangunkan Sahur Keliling

5. Menantikan panggilan Sahur keliling

Saya merindukan sekali masa-masa ketika teman-teman keliling memanggil Sahur dengan menggunakan kentongan yang terbuat dari bambu ataupun galon air minum. Hanya saja sekarang  tidak ada lagi yang keliling memanggil sahur sembari berteriak

Sahur…  Sahur…  Sahur…   

6. Sahur dan Buka Puasa bersama orangtua

Momen yang ingin selalu dirasakan adalah menikmati makan sahur dan buka puasa bersama Ayah dan Ibu. Apalagi bisa menyantap masakan Ibu selalu menjadi kebahagiaan tersendiri.  Suasana spesial makan bersama keluarga di satu meja makan ini memang jarang terjadi. Apalagi saat sudah merantau dan memiliki pasangan pastinya sangat merindukan momen kebersamaan ini.

Shalat Tarawih di Masjid
Shalat Tarawih di Masjid

Kenangan Ramadan masa kecil ini selalu menyenangkan untuk diingat meskipun sekarang sudah banyak tradisi yang tergantikan oleh perubahan zaman. Semoga kita semua tetap bersemangat untuk beribadah dan mengejar pahala di bulan  Ramadan.

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com