Jajanan Saat Lebaran Yang Bisa Dibuat Sendiri

Nastar

Sharing is caring!

Idul Fitri merupakan hari raya yang dirayakan dengan sangat meriah di Indonesia. Tidak hanya tradisi takbiran, mudik, ada banyak jajanan saat lebaran Idul Fitri ini. Berbagai  masakan khas lebaran itu mulai dari ketupat, opor, rendang, beragam aneka kue basah, kue kering hingga makanan lain tersaji untuk menyambut tamu yang datang ke rumah. Baik keluarga, kerabat, handai taulan, tetangga hingga teman.

Kue Kering Lebaran
Kue Kering Lebaran

Saat lebaran ini kebanyakan orang memilih membeli makanan ringan berupa kue kering yang akan disajikan. Namun banyak juga yang sengaja membuat jajanan saat lebaran ini.  Biasanya karena ingin mendapatkan rasa yang diinginkan, kualitas dan kebersihan makanan yang dimakan juga menjadi pertimbangan tersendiri.

Nastar

Salah satu kue kering yang paling identik tersaji hampir di setiap rumah saat Idul Fitri adalah Nastar. Kue kering ini dengan selai nanas berbentuk bulat, daun ini biasanya berdiameter sekitar 2 cm, mengandung selai nanas, dan di bagian atasnya ditaburi cengkeh atau keju.

Baca juga : Nastar Si Renyah Yang Wajib di Saat Lebaran

Kue Nastar Keju
Nastar Keju

Kastengel

Kue kering yang identik saat Idul Fitri adalah Kastengel. Terbuat dari adonan yang serupa dengan Nastar, hanya saja Kastengel diolah dengan keju.  Kastengel sendiri merupakan kue kering yang berasal dari Belanda, jika di negara asalnya kue kering satu ini sebenarnya untuk dimakan bersama dengan sup atau salad.

Kastengel
Kastengel

Putri Salju

Kue yang diisi dengan gula rafinasi adalah favorit semua orang, karena rasanya gurih dan manis. Salah satu rahasia untuk membuat seorang putri salju yang baik adalah memilih gula berkualitas baik agar berkerumun dan nyaman, termasuk kompilasi dalam botol atau gelas plastik.
Putri Salju
Putri Salju

Semprit

Kue semprit juga menjadi salah satu kue yang disajikan saat momen Idul Fitri . Keu kering satu ini juga tidak kalah lezat, dengan tekstur yang lembut dan menarik dengan toping cokelat, sukade ataupun buah kering lainnya di bagian atas kue ini.

Kue Semprit
Kue Semprit

Choco Crunchy

Salah satu kue kering yang juga disajikan di rumah adalah choco crunchy.  Kue ini terbuat dari choco crunch salah satu menu makanan yang disajikan saat sarapan. Choco crunch sendiri ternyata enak diolah menjadi kue lebaran apalagi dibalur dengan cokelat cair dan ditaburi springkle warna warni. Kue kering satu ini paling diburu oleh anak-anak.

Coco Crunch
Choco Crunchy

Telok Gabus

Di Palembang ada jajanan khas lebaran dengan cita rasa gurih yang tidak boleh ketinggalan yakni Telok Gabus. Kue ini dinamakan karena bentuknya yang mirip telur ikan gabus. Mulai dari ukuran kecil hingga besar baik yang terbuat dari tepung sagu maupun tepung beras.

Telok Gabus
Telok Gabus

Nah itu tadi jajanan saat lebaran yang bisa dibuat sendiri, kalau kalian  memilih membuat sendiri atau membeli yang sudah jadi.

13 comments

  1. nurulrahma Reply

    Enyaaakkk semuaaa 😀 Tahun ini aku ngga bikin KuKer sama sekali, Kak.
    InsyaAllah habis Lebaran deh, mau pratik lagi qiqiqiqiiq

    • April Reply

      Kemarin aku cuma bikin kastengel aja selain cookies buat camilan anak2 hehe. Pas ada keju.
      Kalau nastar aku dikasi ortu hihihi
      Btw Telok Gabus tu cara bikinnya yang digoreng itu bukan sih mbak? Atau dipanggang jg?

  2. Gita Siwi Reply

    Baca judulnya kirain jajanan apa gitu ternyata kue kue lebaran hahaha…dulu waktu gadis masih rajin buat sekarang mah beli aja yang enak tapi hahaha…telor gabus enak itu buat camilan

  3. Peri Hardiansyah Reply

    Wah enak-enak kayaknya mbak, btw saya dengar khabar katanya kalo mau bikin nastar yang premium, harus pakai butter yang mahal juga ya.

  4. ZILQIAH Reply

    favorite ku kue salju itu
    enak banget
    kalau dimakan gak berhenti kunyah jadinya
    apalagi sama minuman dingin
    eh tp aku beli sih hehehe

  5. Hani Reply

    Semuanya enak mba dan emang rata2 ada di setiap rumah pas Lebaran sih. Kurang astor sama rengginan. Hihi.

  6. Zefy Arlinda Reply

    aku kalau sempat mau buats endiri, tapi kalau kepept beli ajlaah, gampang hehheheee…yang penting ada kue-kue yang ngisi toples di rumah 😀

  7. lendyagasshi Reply

    Senangnya merayakan Idul Fitr adalah selain berkumpul bersama keluarga juga gini ini yaa, kak…
    Banyak makanan, kue kering dan indahnya menghabiskan bersama.
    Wkkwkw…
    Aku uda takut nambah aja niih si berat badan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.