Mengisi Waktu Selama Ramadan, Mengisi Waktu Selama Ramadan, Jurnal Suzannita
Lifestyle,  Personal

Mengisi Waktu Selama Ramadan

Sharing is caring!

Selama bulan Ramadan ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu selama Ramadan ini.  Selama bulan Ramadan ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu selama Ramadan ini. Agar waktunya bisa dimanfaatkan sebaik mungkin.

Selain bekerja selama Ramadan ini saya melakukan beberapa untuk mengisi waktu agar waktunya tidak terbuang percuma.

1. Membaca Al-Qur’an

Selama Ramadan salah satu kegiatan yang bisa dilakukan  adalah membaca Al-Quran. Selain berpahala dengan melakukan tilawah kita semakin melatih membaca Al-Quran agar lebih fasih. Manfaat lain membaca Al-Quran yakni bisa mengobati hati agar lebih tenang. Agar pengetahuan lebih bertambah luas saya pun berusaha untuk membaca tafsir agar lebih mengerti dan bisa mengamalkannya.

Mengisi Waktu Selama Ramadan, Mengisi Waktu Selama Ramadan, Jurnal Suzannita
Membaca Al Quran

2. Ikut Kajian Islam

Kegiatan lain yang dilakukan adalah menuntut ilmu dengan mengikuti kajian ataupun majelis taklim. Bahkan hukum belajar ilmu agama ini adalah Wajib.

Hal tersebut sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

“Menuntut ilmu merupakan kewajiban bagi setiap muslim.” (Hadits sahih, diriwayatkan dari beberapa sahabat diantaranya: Anas bin Malik, Ibnu Abbas, Ibnu Umar, Ali bin Abi Thalib, dan Abu Sa’id Al-Khudri Radhiallahu Anhum. Lihat: Sahih al-jami: 3913).

Mengisi Waktu Selama Ramadan, Mengisi Waktu Selama Ramadan, Jurnal Suzannita

Sehingga sangat baik sekali jika bisa mendatangi majelis taklim di bulan Ramadan. Agar nantinya diri ini semakin terlatih datang ke majelis taklim. Apalagi pahalanya besar sekali sekaligus bisa menenangkan hati.

3. Membuat Konten

Sebagai seorang blogger di bulan Ramadan ini saya mengisi waktu dengan membuat konten, apalagi Blogger Perempuan memiliki challenge 30 menulis blog bersama dengan satu tema yang sama setiap hari. Tentunya dengan membuat konten yang positif bisa lebih bermanfaat bagi orang lain.

Mengisi Waktu Selama Ramadan, Mengisi Waktu Selama Ramadan, Jurnal Suzannita

4. Memasak

Bagi seorang wanita memang selayaknya bisa memasak menyiapkan menu sahur dan berbuka puasa. Jika belum mahir ini saat yang tepat belajar memasak. Kita bisa meminta ibu, kakak, nenek atau tante untuk mengajari memasak. Selain kita juga bisa belajar  melalui YouTube yang memberikan panduan memasak.

5. Olahraga

Meski bulan Ramadan tidak salahnya tetap berolahraga namun dengan intensitas ringan selain itu bernilai ibadah. Seperti kita bisa berjalan kaki menuju masjid. Olahraga juga berguna agar badan senantiasa bugar. Kita bisa berolahraga sekitar satu jam sebelum berbuka.

6. Membaca Buku

Salah satu kegiatan positif yang bisa dilakukan adalah membaca buku.  Selain memberikan pengetahuan baru dan banyak informasi bagi diri kita sendiri. Carilah buku bacaan yang bermanfaat. Kita bisa membaca buku-buku Islam maupun buku motivasi tentang managemen waktu.

7. Membereskan Rumah

Kegiatan lainnya yang bisa dilakukan yakni membereskan rumah. Meskipun agak melelahkan tapi ini bermanfaat agar tidak kerepotan membersihkan rumah menjelang lebaran.

Itu tapi kegiatan yang saya lakukan untuk mengisi waktu selama Ramadan.

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com