Indonesia,  OKU Selatan,  Sports,  Travelling

Jajal Ranau Rafting di Sungai Selabung Banding Agung

Sharing is caring!

Saat mendengar nama Danau Ranau yang terlintas di pikiran kita langsung hamparan air yang luas dan jernih dengan sejuknya udara pegunungan hingga hijaunya pepohonan. Namun ternyata OKU Selatan memiliki daya tarik lain selain pesona Danau Ranau. Di Kabupaten paling Selatan di Sumatera Selatan ini ternyata ada tempat wisata lain yang patut dicoba.

Pemerintah Kabupaten OKU Selatan menawarkan Ranau Rafting – River Tubing sebagai salah satu atraksi yang wajib di coba. Atraksi wisata yang baru beroperasi Oktober 2015 ini terletak di Desa Rantau Nipis, Kecamatan Banding Agung hingga ke Kecamatan Makakau Ilir. Aliran Sungai Selabung dengan airnya yang sangat jernih dan jeram yang deras sangat mendukung water sport ini.

IMG_20160311_131949

Setelah santap siang dengan Ikan Mujair Kumbang Bakar, para peserta FAM Trip #PesonaSriwijaya pun diajak menjajal Ranau Rafting. Karena harus berkejaran dengan waktu untuk melanjutkan perjalanan ke Muara Enim. Hanya satu tim yang dapat merasakan rafting di Sungai Selabung ini.

20160311_132228

Sama seperti berarung jeram atau rafting tempat lain, para peserta yang akan menjajal rafting tersebut juga harus melengkapi diri dengan perlengkapan keselamatan, seperti life jacket dan helm.

Setelah menggunakan life jacket dan helm, para peserta pun diberikan informasi tentang Ranau Rafting dan rutenya hingga melakukan senam ringan untuk memberikan pemanasan bagi tubuh, sebelum rafting.

Ditemani dengan satu pemandu di perahu karet yang digunakan dan satu guide yang menggunakan ban, atraksi Ranau Rafting pun dimulai. Udara yang sejuk dengan pemandangan alam yang masih asri menambah daya tarik sport tourism ini.

IMG-20160317-WA0025

Photo : Pemerintah Kabupaten OKU Selatan

Aliran Sungai Selabung yang deras ini sekaligus langsung meningkatkan adrenalin para peserta. Sungai Selabung yang deras dan berbatu memberikan tantangan tersendiri sehingga membuat para peserta langsung berteriak setiap melewati tantangan tersebut.

IMG-20160317-WA0026

Photo : Pemerintah Kabupaten OKU Selatan

Untuk bisa menikmati Ranau Rafting ini bisa mencoba rute paling pendek dengan tarif Rp 250.000,- per perahu dengan jarak 3 kilometer dimulai dari Pintu PLTA Banding Agung dan finish di Kebun Coklat. Ataupun mencoba rute panjang hingga di Kecamatan Makakau Ilir dengan tarif Rp 400.000,- per perahu.  Sedangkan untuk River Tubbing dengan tarif mulai dari Rp 25.000 hingga Rp 50.000,- per orang.

IMG-20160317-WA0022

Photo : Pemerintah Kabupaten OKU Selatan

Ranau Rafting pun memberikan fasilitas helm keselamatan, pelampung, dayung, pemandu perahu dan asuransi. Untuk yang menyukai olahraga rafting, tidak ada salahnya untuk mencoba rute Ranau Rafting di Sungai Selabung.

Cara ke Ranau Rafting 

Dari Palembang bisa menggunakan jasa angkutan umum travel dengan tarif Rp 125.000,- tujuan Palembang – Muara Dua yang berangkat 2 kali dalam sehari yakni setiap jam 7 pagi dan jam 4 sore. Dari terminal Muara Dua perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan angkot menuju kecamatan Banding Agung dengan tarif Rp 25.000,-.

IMG-20160317-WA0023

Photo : Pemerintah Kabupaten OKU Selatan

Penasaran ingin mencoba Ranau Rafting, siapkan kalender wisata kalian ya. Informasi atraksi wisata Ranau Rafting bisa langsung menghubungi sekretariat Ranau Rafting yang terletak di Banding Agung depan Indomaret Ranau OKU Selatan, Sumatera Selatan. Contact person: Vian – HP 081273881899.

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com
Skip to toolbar