Nikmatnya Ikan Mujair Kumbang Asli Ranau

Sharing is caring!

Jalan-jalan tidak lepas dengan kulinernya. Mencicipi kuliner khas daerah yang dikunjungi adalah hal wajib dilakukan. Apalagi jika berwisata dengan gaya penduduk lokal, menggunakan transortasi umum hingga makan makanan masyarakat setempat juga.

Danau Ranau

Setelah puas berkeliling Danau Ranau, OKU Selatan, Sumatrea Selatan, Indonesia dan mandi di pemandian air panasPulau Marisa. Rombongan FAM Trip #pesonasriwijaya diajak menikmati kuliner khas Ranau. Dari Wisma Pusri, kami menuju Kecamatan Banding Agung tepatnya ke Kantin Wisata Danau Ranau.

IMG_20160311_114958
Meski terlihat sederhana, Kantin Wisata Danau Ranau yang berlokasi di pinggir jalan raya persis didepan Danau Ranau dan Gunung Seminung ini menyediakan menu khas Ikan Mujair Kumbang Bakar. Kalau sudah berkunjung ke Danau Ranau, pastikan untuk mencicipi makanan khas yang menjadi sajian utama makan siang ataupun makan malam di kawasan Danau Ranau yakni Ikan Mujair Kumbang Bakar.

IMG_20160311_115019

Ikan Mujair Kumbang adalah ikan mujair liar yang hanya ada di Danau Ranau, beratnya bisa mencapai 1 hingga 2 kg per ekor. Biasanya para nelayan menjual ikan hasil tangkapannya dengan cara tingkilan (ikat). Untuk 1 tingkilan/ikat terdapat 2 hingga 3 ekor ikan Mujair dijual seharga Rp 15.000 hingga Rp 35.000,-. Bahkan untuk ukuran besar bisa mencapai Rp 90.000,- per tingkilan.

20160311_112924

Photo : Mamanisss – http://jurnalmaman.blogspot.co.id/

Sang pemilik kantin, Pak Rian terkadang juga membeli ikan dari keramba, biasanya berupa ikan Nila. Tapi ukuran ikan keramba tidak sebesar ikan liar tangkapan nelayan dari Danau Ranau. Namun bisa memenuhi banyaknya pesanan di rumah makan ini.

Pertama-tama ikan dibersihkan lalu diberi bumbu kuning yang konon merupakan rahasia dapur Kantin Wisata. Lalu ikan dibakar dengan menggunakan bara api hingga matang. Setelah matang ikan yang dibakar akan disandingkan seperti yang nampak di foto. Cara ini diyakini ikan masih tetap saat disajikan.

Biasanya ikan Mujair Kumbang Bakar ini disajikan dengan dua jenis sambal sebagai cocolan lengkap dengan lalapan sayurnya. Sambal pertama yakni paduan kecap asin dengan irisan bawang merah dan cabe rawit dan cabe hijau. Sedangkan sambal kedua, sambal mentah ulekan cabe, bawang, cungkediro atau tomat ceri tanpa dimasak.

20160311_113716

Photo : Mamanisss – http://jurnalmaman.blogspot.co.id/

Kalau penyuka pedas boleh minta tambahan sambal mentahnya dan bagi yang tidak suka pedas tambahkan kecap manis kedalam campuran sambal tersebut. Selain itu juga disediakan sayur ayam sebagai kuah, teman makan ikan Mujair Kumbang bakar tersebut.

IMG_20160311_113743

Nasi hangat berpadu dengan ikan Mujair Bakar lengkap dengan sambal dan lalapannya membuat makan siang begitu nikmat. Apalagi jika sedang lapar-laparnya ya. Rasa ikan Mujair ini sungguh segar dan manis karena memang ikan segar yang tidak disimpan didalam lemari pendingin. Yang belum makan siang, pasti langsung ingin mencicipinya. Jadi masukkan dalam bucket list kalian ya jika berkunjung ke Danau Ranau, makan Ikan Mujair Kumbang Bakar.

IMG_20160311_114921Di Kantin Wisata ini terdapat lesehan juga jadi yang ingin santap siangnya lebih santai boleh memilih lesehan. Dan kami pun semua memilih duduk lesehan dan menikmati Ikan Mujair Kumbang Bakar tersebut. Makan pun lebih nikmat tanpa menggunakan sendok dan sunnah Rasul ya makan dengan menggunakan tangan.

IMG_20160311_114940Makan siang dengan ikan mujair kumbang ini adalah wajib hukumnya jika berkunjung ke OKU Selatan. Harga seporsi Ikan Mujair Kumbang ini mulai dari Rp 75.000 hingga Rp 90.000,- tergantung dari besarnya ikan.  Harga yang sepadan untuk cita rasanya yang begitu menggoda.

IMG_20160311_115026Kalau lagi ramai Kantin Wisata yang berlokasi di Jalan Tepian Danau Ranau, Desa Surabaya, Kecamatan Banding Agung, OKU Selatan ini bisa menjual hingga 30 porsi ikan. Namun jika sepi karena cuaca hujan, mereka hanya bisa menjual 4 hingga 5 porsi saja dalam sehari.

Bagi yang tidak menyukai menu ikan bisa mengganti dengan menu lain mulai dari ayam goreng, telur dadar, soto ayam dan miso ayam.

KANTIN WISATA DANAU RANAU
Jalan Tepian Danau Ranau, Desa Surabaya, Kecamatan Banding Agung, OKU Selatan
Buka setiap hari, pukul 10.00-21.00
Harga Rp 5.000 hingga  Rp 90.000,-

22 comments

  1. Pingback: Jajal Ranau Rafting di Sungai Selabung Banding Agung

  2. Pingback: Danau Ranau dan Seminung Nan Mempesona

  3. Pingback: Jajal Ranau Rafting di Sungai Selabung Banding Agung - Jurnal Suzannita

  4. Dwi Puspita Reply

    Warung favorit jika menu masakannya fresh from wajan dan bakar2an…hahaha. yakin deh bakalan nambah nasi apalagi ada sambelannya. Tambah komplit perginya bareng keluarga atau teman. Hahaha

  5. Herva Yulyanti Reply

    Wah ini mah enak banget mba pengen deh jadinya udah lama ga maka mujair bakar, kalau aku milih sambalnya yang sambal mentah aja dibandingkan sambal kecap 😀

  6. demia Reply

    salfok ih sama ukuran ikannya yang super duper besar gitu, pastinya kenyang banget ini bisa buat beberapa orang hihihhi, dan itu sambel lalab nya menggoda sekaliiii, udah lama ih ga makan ikan, jadi pengen makan ikan deh hihihi

    • Mellisa Reply

      Ikannya besar dan menggoda banget deh. Jadi pengen makan ikan bakar saat ini juga.. haha
      Seru ya makan di tempat makan yang ikannya fresh gitu, apalagi kalau makannya bareng keluarga. 🙂

  7. Indah Nuria Reply

    Akunlangsung ngnceees nih mba.. kebayang Mujair kumbangnya pasti gurih dan enaaak rasanya. Iaknnya seger banget ya. Dan Danau Ranau cantiiik

  8. Indah Juli Reply

    Memang mantap ya ikan mujair dibakar atau kalau digoreng yang kering, biar makannya kriuk kriuk 🙂
    Ku masukkan ke travel wish list ah tempat kuliner ini, siapa tahu bisa berkunjung.

  9. Nia K. Haryanto Reply

    Itu ikan Mujair? Wow… gede banget. Dagingnya banyaaaak. Kirain ikan Nila atau gurame. Pake sambel kecap sama jahe, maknyoooos. Bikin boros nasi 😀

  10. Dewi Sulistiawaty Reply

    Wah, seru banget siii. Aku sebenernya gak terlalu suka ikan *trus ditenggelamin sama Ibu Susi, hahaha. Tapi masih ada menu ayam ya. Boleh nih kasih tau sodara kalau mau main ke sana, makannya di Danau Ranau ini

  11. Atisatya Arifin Reply

    Duuh auto ngiler ngeliat ikannya. Ukurannya besar yaa. Dan menurut aku 90 ribu untuk satu tingkilan dengan ukuran ikan yang besar-besar mah worthed banget itu. Apalagi buat makan rame-rame bareng keluarga sambil menikmati pemandangan Danau Ranau.

  12. Desi Namora Reply

    Masya Alloh itu ikan mujairnya mantul bgt Mba, mantaap pisaann.. baru liat ikan mujair dengan daging yg tebal gitu Mba . Hmm.. so yummy

  13. Desy Yusnita Reply

    Ikan munaer adalah ikan favorit aku nih. Durinya ngga sehalus ikan mas dan ga banyak juga. Dagingnya pun gurih….jadi pengen beli ikan mujaer hehehe

  14. Lily Kanaya Reply

    Dulu aku nggak gitu suka makan ikan mba, tapi ketika disuguhin ikan seger kayak gini suatu kali, malah ketagihan sampai sekarang, rasanya itu enak banget dan manis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.