Event,  Palembang

Festival Pesona Lokal Palembang

Sharing is caring!

Festival Pesona Lokal Palembang yang digelar di Benteng Kuto Besak, Minggu (4/11/2018) begitu meriah. Saya hadir di event tersebut bersama Satya Winnie, Yusni dan Paramiswari. Kesuksesan Festival Pesona Lokal sudah dimulai sejak di tujuh kota sebelumnya. Event yang menghadirkan kearifan budaya lokal ini sudah dimulai dari Bandung, Solo Raya, Bali, Makassar, Pontianak, Malang, dan Medan.

Gadis Palembang membawa mahkota Jembatan Ampera diatas kepalanya

Palembang sendiri menjadi kota kedelapan sebelumnya akhirnya puncak Festival Pesona Lokal digelar di Jakarta pada Minggu (11/11/2018) nanti. Di Palembang beragam acara digelar untuk memeriahkan event ini. Ada parade karnaval budaya yang diikuti ribuan peserta, lomba mural dengan teman Festival Pesona Lokal Palembang, ada juga lomba memasak pindang termasuk penampilan band Armada.

Parade Karnaval Budaya

Parade karnaval budaya ini dimulai pukul 08.00 dan diikuti lebih dari 2.500 peserta. Para peserta yang berjalan dari Benteng Kuto Besak Palembang menuju Jalan Merdeka dan kembali ke BKB ini begitu menyita perhatian masyarakat Palembang. Peserta karnval ini berasal dari wilayah Sumatera mulai dari Medan, Padang, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Bangka Belitung dan Lampung.

Masyarakat yang hadir bisa langsung melihat beragam busana adat, atraksi kesenian, dan seni pertunjukan yang  dipertontonkan. Karnaval budaya ini juga menjadi pesta budaya bagi seluruh peserta yang berasal dari wilayah Sumatera ini. Tidak ayal banyak masyarakat yang ingin berfoto bersama dengan para peserta karnaval budaya.

 

Dalam event ini, para peserta parade karnaval budaya tidak hanya berasal dari pegawai di lingkungan Adira Finance, namun juga dari berbagai komunitas dan masyarakat Palembang dan Sumatera Selatan baik anak-anak hingga dewasa. Para peserta begitu percaya diri dan tampil all out untuk mempromosikan potensi pariwisata dan kearifan lokal dari  daerah yang diwakilinya.

Festival Pesona Lokal ini digelar kerjasama antara Adira Finance,  iNews dan Kementerian Pariwisata sebagai rangkaian menyambut hari ulang tahun Adira Finance ke-28 tahun. Ajang ini menjadi promosi pariwisata, pertunjukan budaya dan kearifan lokal suatu daerah.

 

Selepas berparade, para peserta juga tampil di depan panggung untuk beratraksi seni budaya. Para peserta menampilkan keragaman busana adat, musik tradisional, serta seni pertunjukan khas budaya masing-masing daerah.

Setiap peserta yang tampil ini akan dipilih menjadi peserta terbaik dan mendapatkan penghargaan khusus dan beragam  hadiah lainnya.

Tidak hanya ada parade masyarakat yang hadir juga bisa langsung melihat aneka lomba lainnya yang digelar seperti lomba mural yang bertemakan Festival Pesona Lokal Palembang. Para peserta menunjukkan kemampuan terbaiknya dalam melukis dinding.

Lomba mural ini juga ikut menyita perhatian dari pengunjung yang hadir. Warna warni yang menghiasi blok dinding setiap peserta membuat para penonton berhenti sejenak untuk melihat atau mengabadikan diri dengan karya tersebut.

Event Festival Pesona Lokal Palembang ini ditutup dengan penampilan dari Band Armada. Lagu-lagu yang dinyanyikan mulai dari tembang hits hingga lagu terbaru menghibur para penonton yang hadir.

Meski cuaca begitu terik tidak membuat penonton yang hadir beranjak dari depan panggung, mereka malah semakin larut dalam lantunan suara Rizal. Bahkan sesekali Rizal mengajak para penonton menyanyi bersama.

 

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com
Skip to toolbar