Chandni Chowk Surga Belanja Pasar Tertua di Delhi

Chandni Chowk surga belanja yang banyak dikunjungi oleh masyarakat India dan wisatawan asing.

Berbagai barang dijual di pasar tertua di India, yang menawarkan pengalaman tidak terlupakan. Untuk merasakan atmosfer jual beli di jantung ibukota India.

Sehingga pastikan Chandni Chowk wajib masuk dalam itinerary jika wisata di New Delhi ya.

Wisata Belanja di Chandni Chowk New Delhi

Chandni Chowk adalah destinasi yang wajib dikunjungi bagi siapa saja yang ingin merasakan pengalaman belanja otentik di Delhi.

Salah satu pasar tertua dan terbesar di Delhi ini, adalah surga bagi para pecinta belanja. Dikenal dengan suasana yang ramai dan penuh warna. Pasar ini menawarkan berbagai barang mulai dari kain, perhiasan, makanan, hingga elektronik.

Wisata di New Delhi Chandni Chowk

Menelusuri Sejarah dan Keunikan Pasar Tertua di Delhi

Chandni Chowk menarik banyak wisatawan untuk datang. Karena begitu ramai dan menarik. Kawasan pasar yang terletak di jantung kota Delhi, India, dikenal sebagai salah satu pasar tertua dan terbesar di negara ini.

Didirikan pada abad ke-17, Chandni Chowk bukan hanya pusat perdagangan tetapi juga saksi bisu sejarah panjang dan kaya. Banyak hal unik yang menjadikan Chandni Chowk tempat yang istimewa.

Sejarah Chandni Chowk

Chandni Chowk didirikan pada abad ke-17 oleh Kaisar Mughal, Shah Jahan, yang juga mendirikan Taj Mahal. Pasar ini dirancang oleh putrinya, Jahanara Begum. Awalnya dibangun sebagai pusat perdagangan dan kegiatan sosial di sekitar Benteng Merah (Red Fort).

Nama “Chandni Chowk” sendiri berarti “Lapangan Bulan” karena konon pasar ini diterangi oleh pantulan bulan di kolam air besar yang terletak di tengah-tengahnya.

Chandni Chowk Surga Belanja

Seluk Beluk Chandni Chowk

1. Struktur dan Tata Letak

Chandni Chowk memiliki jalan-jalan sempit yang dipenuhi oleh toko-toko dan pedagang kaki lima. Jalan utama pasar ini membentang dari Fatehpuri Masjid hingga Red Fort, dengan beberapa lorong kecil yang mengarah ke berbagai bazaar khusus.

2. Bazaar Khusus

  • Katra Neel : Dikenal sebagai pusat tekstil dan kain.
  • Dariba Kalan: Terkenal dengan perhiasan perak dan permata.
  • Khari Baoli: Pasar rempah terbesar di Asia.
  • Paranthe Wali Gali: Jalan kecil yang penuh dengan toko makanan yang menjual paratha (roti pipih India).

3. Arsitektur

Banyak bangunan di Chandni Chowk masih mempertahankan arsitektur Mughal dan kolonial, memberikan pandangan sekilas tentang sejarah panjang dan warisan budaya Delhi.

Barang yang Tersedia di Chandni Chowk

Barang Yang Tersedia di Chandni Chowk

1. Kain dan Tekstil

Chandni Chowk surga belanja bagi pencinta kain dan tekstil. Berbagai jenis kain, sari, lehenga, dan pakaian tradisional India tersedia dalam berbagai warna dan desain.

Dari sari sutra, lehenga, hingga bahan-bahan kain berkualitas tinggi, semuanya bisa ditemukan di sini.

2. Perhiasan dan Aksesori

Pasar ini juga terkenal dengan toko-toko perhiasannya. Kita bisa menemukan berbagai perhiasan emas, perak, dan imitasi. Desain yang indah baik tradisional dan modern.

3. Rempah-rempah dan Bahan Makanan

Pasar ini juga merupakan tempat yang tepat untuk membeli rempah-rempah. Kita bisa menemukan aneka kacang-kacangan, teh dan makanan khas India seperti jalebi dan paratha.

4. Barang Antik dan Kerajinan Tangan

Chandni Chowk juga memiliki banyak toko yang menjual barang antik, seni, dan kerajinan tangan yang unik dan eksklusif.

5. Elektronik

Disini kita juga bisa menemukan berbagai barang elektronik, dari aksesori ponsel hingga peralatan rumah tangga.

Janpath Lane

Wisata di Chandni Chowk

1. Paranthe Wali Gali

Jalan ini terkenal dengan toko-toko paratha legendaris yang telah beroperasi selama beberapa generasi. Paratha yang disajikan di sini memiliki berbagai isian yang lezat dan kaya rasa.

2. Jama Masjid

Salah satu masjid terbesar di India, Jama Masjid, berada di dekat Chandni Chowk. Dibangun oleh Shah Jahan, masjid ini adalah landmark bersejarah yang megah.

3. Kuil Gurdwara Sis Ganj Sahib

Salah satu tempat ibadah Sikh yang penting, kuil ini adalah simbol toleransi agama dan sejarah panjang komunitas Sikh di Delhi.

Tuk Tuk India

Cara Menuju Chandni Chowk

1. Metro

Jalur Kuning: Naiklah Metro Delhi Jalur Kuning dan turun di Stasiun Chandni Chowk. Stasiun ini terletak sangat dekat dengan pasar, hanya beberapa menit berjalan kaki.

2. Bus

Banyak bus umum yang melayani rute ke Chandni Chowk. Pastikan untuk bertanya pada sopir atau kondektur tentang rute yang benar.

3. Taksi/Ride-Sharing

Layanan taksi atau aplikasi Ride-Sharing, seperti Uber dan Ola juga bisa digunakan menuju Chandni Chowk. Sebutkan tujuan ke Chandni Chowk dan ikuti rute yang disarankan pengemudi.

4. Becak atau Oto

Untuk pengalaman yang lebih lokal dan otentik adalah dengan menggunakan becak atau Otocar. Harganya terjangkau dan bisa memberikan pengalaman yang unik.

Mengelilingi Chandni Chowk dengan becak atau Otocar adalah pengalaman yang harus dicoba. Kita akan merasakan denyut nadi pasar yang sibuk dan padat.

Chandni Chowk surga belanja

Tips Belanja bagi Turis di Chandni Chowk

1. Persiapkan Diri Menikmati Keramaian Pasar

Pasar ini sangat ramai, terutama pada akhir pekan. Kenakan pakaian yang nyaman dan bersiaplah untuk menghadapi keramaian.

2. Bawa Uang Tunai

Banyak toko kecil di Chandni Chowk yang tidak menerima kartu kredit. Pastikan untuk membawa uang tunai dalam jumlah yang cukup.

3. Gunakan Peta atau Aplikasi Navigasi

Karena Chandni Chowk bisa menjadi labirin bagi pendatang baru. Gunakan peta atau aplikasi navigasi untuk membantu kita menemukan jalan.

4. Waspadai Barang Bawaan

Pasar yang ramai bisa menjadi sasaran bagi pencopet. Selalu waspadai barang bawaan kita dan simpan dompet serta barang berharga di tempat yang aman.

Belanja di Chandni Chowk

Menawar Barang di Chandni Chowk

1. Jangan Ragu untuk Menawar

Menawar adalah bagian dari budaya belanja di India. Jangan ragu untuk menawar harga barang yang Anda inginkan.

2. Ketahui Harga Pasaran

Lakukan riset terlebih dahulu atau tanyakan kepada penduduk lokal tentang harga pasaran barang yang dicari. Ini akan memberi kita gambaran tentang harga yang wajar.

3. Mulai dengan Harga yang Lebih Rendah

Mulailah menawar dengan harga yang lebih rendah dari harga yang diinginkan. Ini memberi ruang bagi penjual untuk menaikkan harga hingga mencapai kesepakatan.

4. Bersikap Sopan tetapi Tegas

Bersikaplah sopan saat menawar tetapi tetap tegas. Jika penjual tidak mau menurunkan harga, kita selalu bisa mencari di tempat lain.

Menikmati Chandni Chowk Surga Belanja Untuk Semua

Chandni Chowk bukan hanya sebuah pasar, tetapi juga pusat sejarah dan budaya yang memikat. Apalagi jalan-jalan yang sempit dengan atraksi pedagang dan pembeli ramai, serta berbagai toko yang menawarkan barang-barang unik dan tradisional.

Chandni Chowk adalah destinasi yang harus dikunjungi bagi siapa saja yang ingin merasakan kehidupan dan sejarah Delhi secara mendalam.

Dari sejarahnya yang kaya hingga pernak-pernik yang dijual, pasar ini menawarkan pengalaman yang tak terlupakan. Selamat menjelajahi Chandni Chowk dan menikmati semua keunikan yang ditawarkannya.

Bagi yang ingin menjelajahi informasi tentang wisata bisa mencari di kategori Travel blog kami ya.

Related Posts

  • 70
    Menjelajahi Wisata di India Dari Delhi ke Spiti ValleyMenjelajahi wisata di India dari New Delhi ke Spiti Valley bisa menjadi bucket list kalian ya.  Bagi yang ingin menikmati keindahan alam di India,  sekaligus menyelam budaya dan sejarah di…
    Tags: yang, dan, di, ini
  • 63
    Pantai Pandawa Bali: Surga Tersembunyi Pulau DewataPantai Pandawa atau yang dikenal dengan sebutan Pantai Kutuh. Dibalik tebing-tebing batu yang kokoh, tersimpan keajaiban alam yang membuat pantai ini disebut juga sebagai "secret beach." Surga tersembunyi di ujung…
    Tags: yang, di, dan, ini
  • 62
    Selamat Datang di Blog SuzannitaSelamat Datang di Blog Suzannita.com, kalian bisa temukan inspirasi, cerita perjalanan,  review produk, pengalaman, dan tips menarik. Blog ini adalah wadah untuk berbagi cerita, pandangan, dan pengetahuan yang bermanfaat bagi…
    Tags: dan, yang, di, ini
  • 61
    Pesona Sumatera Selatan Memukau Mata DuniaPesona Sumatera Selatan memukau dunia  dengan kekayaan alam, budaya, sejarah, dan kuliner yang luar biasa. provinsi ini menawarkan pengalaman wisata yang tak terlupakan. Pesona Sumatera Selatan Yang Memukau Sebagai salah…
    Tags: yang, di, dan, ini
  • 60
    Eksplor Keindahan Grand Palace ThailandJika wisata di Bangkok, salah satu atraksi yang bisa dilakukan adalah eksplor keindahan Grand Palace. Bangunan ikonik Thailand ini adalah salah satu destinasi wisata yang menarik dan kaya sejarah. Wisata…
    Tags: yang, dan, di, ini

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »
HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com