Lifestyle,  Tips

Cara Memilih Asuransi Kesehatan Yang Tepat

Sharing is caring!

Asuransi kesehatan menjadi salah satu hal yang jarang dipikirkan oleh banyak orang. Pasalnya mulai dari bagaimana cara memilih asuransi, kenapa harus memiliki asuransi lain karena kantor sudah memfasilitasi dengan asuransi, sudah memiliki asuransi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Tahukah jika biaya perawatan di rumah sakit baik untuk jasa dokter dan kamar rawat inap semakin meningkat. Meskipun sudah memiliki asuransi dari tempat bekerja, ada biaya-biaya tidak terduga yang ternyata tidak dicover oleh asuransi, sehingga harus mengambil uang tabungan.

Fakta Ibu Rumah Tangga dan Asuransi
Fakta Ibu Rumah Tangga dan Asuransi

Pasalnya saat di rawat, banyak orang terbebani pikiran biaya rumah sakit, pekerjaan yang ditinggalkan termasuk asuransi cukup atau tidak. Untuk itulah harus memiliki asuransi bahkan yang bisa double claim agar semakin tenang dan melindungi diri serta keluarga termasuk juga keuangan.

Saat memilih produk asuransi lakukan dengan hati-hati dan cermat dalam menentukan produk asuransi yang akan dipilih. Sebaiknya pilih sesuai kebutuhan, memiliki banyak manfaat, kebijakan dan aturan polis asuransi, termasuk cara klaim asuransi. Berikut ini cara memilih asuransi kesehatan:

1. Perusahaan Asuransi Kredibel

Dalam memilih perusahaan asuransi sebaiknya pilih perusahaan yang kredibel,  rekam jejak baik produk maupun layanan yang diberikan adalah terbaik. Cari informasi dari internet, koran hingga rekomendasi dari keluarga dan teman yang sudah mencoba layanan asuransi di perusahaan tersebut. Bandingkan antar perusahaan asuransi dan pilih yang menawarkan premi yang sesuai dengan banyak manfaat yang didapatkan.

Ibu dan Anak
Ibu dan Anak

Seperti Mega Hospital Investa yang memiliki manfaat :

  • Santunan Harian Rawat Inap non ICU diberikan maksimum 180 hari per tahun polis asuransi
  • Santunan Harian Rawat Inap ICU / ICCU diberikan maksimum 60 hari per tahun polis
  • Santunan Meninggal Dunia karena sebab apapun
  • Pengembalian Premi sebesar 50% dari total premi yang dibayarkan jika tidak ada klaim pada setiap periode 36 bulan.

2. Coverage Layanan Asuransi

Sebelum menentukan asuransi yang cocok perhatikan coverage layanan asuransi yang diberikan. Perhatikan juga berapa batas usia maksimal yang bisa dijamin produk asuransi. Pilihlah produk asuransi terbaik di Indonesia yang memberikan manfaat santunan harian rawat inap, pengembalian premi, dan tentunya santunan meninggal dunia.

Seperti Mega Hospital Investa dari PFI Mega Life, kita bisa mengikutsertakan anggota keluarga. Sehingga usia tertanggung yang diperkenankan minimum 6 bulan dan maksimum 59 tahun (masa perlindungan tidak lebih dari 60 tahun). Pemegang polis sendiri adalah Warga Negara Indonesia, minimum berusia 18 tahun. Perlindungan efektif berlaku setelah premi pertama diterima  dan polis juga akan dikirimkan dalam waktu 7 hingga 14 hari kerja.

Perawat dan Pasien
Perawat dan Pasien

3. Nilai Klaim Per Tahun

Sebaiknya pilih asuransi yang bisa melakukan double claim sehingga bisa mendapatkan manfaat tetap walaupun sudah dibayar oleh asuransi lain, dan besarnya uang pertanggungan sesuai dengan program yang dipilih tetap dibayarkan meskipun biaya di bawah uang pertanggungan. Seperti nasabah Mega Hospital Investa yang dapat melakukan double claim karena program asuransi hanya membutuhkan fotokopi kuitansi biaya medis.

Bahkan nasabah juga tidak perlu melakukan medical check-up, tetapi hanya dikenakan masa tunggu selama 30 hari untuk penyakit yang baru timbul setelah program aktif. Hanya ada masa tunggu dalam hal Tertanggung di Rawat Inap akibat dari kecelakaan.

4. Santunan Rawat Inap 

Pilih produk asuransi terbaik di Indonesia yang memberikan kenyamanan bagi pelanggan dan tidak perlu repot mengurus administrasi rumah sakit apalagi harus nombok biaya rumah sakit. Namun ternyata faktanya banyak orang yang terpaksa nombok alias membayar lagi saat keluar dari rumah sakit.

Rata-rata orang Indonesia untuk rawat inap memiliki limit asuransi Rp 300 ribu/hari. Ternyata saat dirawat inap, kamar full dan terpaksa upgrade kamar yang lebih tinggi  dan harus nombok s/d Rp 600 ribu/hari.  Belum lagi ada biaya tidak terduga lainnya sehingga nombok hingga Rp 700 ribu/hari.

Perawat dan Pasien
Perawat dan Pasien

Tentu hal ini membuat pusing sehingga pilihlah asuransi rawat inap yang memiliki santunan rawat inap tunai s/d Rp 1 juta/hari seperti yang diberikan oleh Mega Hospital Investa Sehingga kelebihan Rp 300 ribu/hari bisa digunakan untuk keperluan biaya obat dan kebutuhan keluarga di rumah. Mega Hospital Investa memberikan manfaat dana tunai rawat inap setelah masa tunggu 12 bulan untuk penyakit yang sudah pernah diderita sebelumnya.

Untuk santunan harian rawat inap Mega Hospital Investa ini berlaku di rumah sakit akibat sakit ataupun kecelakaan. Minimum rawat inap karena sakit adalah 1 x 24 jam,  kecuali kecelakaan. Sementara maksimum rawat inap (Non ICU) adalah 180 hari kalender dalam 1 tahun polis dan untuk (ICU/ICCU) adalah 60 hari kalender dalam 1 tahun polis.

5. Sesuaikan Budget dengan Premi Asuransi Kesehatan

Sesuaikan premi dengan keuangan, agar tidak mengalami gangguan saat membayarkan premi dan terpaksa memangkas anggaran. Bahkan termasuk kemudahan dalam pembayaran premi. Program juga diperpanjang secara otomatis pada saat ulang tahun polis setiap tahunnya. Jumlah iuran juga disesuaikan dengan kenaikan usia.

Mega Hospital Investa
Mega Hospital Investa

Seperti nasabah Mega Hospital Investa dengan premi mulai dari Rp 5 ribu/hari tentunya semakin memberikan kemudahan, untuk pembayaran polis asuransi bisa memilih secara:

1. Tahunan dengan menggunakan:

  • Kartu Kredit berlogo Visa/Master yang diterbitkan oleh Bank di negara Indonesia.
  • Kartu Debit berlogo Visa/Master yang diterbitkan oleh Bank di negara Indonesia dan telah terdaftar Internet Banking

2. Bulanan Berkala dengan menggunakan:

  • Kartu Kredit berlogo Visa/Master yang diterbitkan oleh Bank di negara Indonesia.
  • Kartu Debit berlogo Visa/Master yang diterbitkan oleh Bank di negara Indonesia dan telah terdaftar Internet Banking

Ada keistimewaan tersendiri jika tidak ada klaim pada setiap periode 36 bulan, Mega Hospital Investa akan memberikan bonus pengembalian iuran/premi sebesar 50% dari total premi yang sudah dibayarkan (tanpa bunga) pada setiap periode 36 bulan tersebut dan akan dikreditkan langsung ke kartu kredit/rekening tabungan.

Jika tertanggung meninggal dunia dalam masa asuransi yang penyebabnya tidak termasuk dalam pengecualian Polis,  kepada yang ditunjuk akan diberikan santunan meninggal dunia sesuai dengan Plan yang dipilih.

Tentunya menarik sekali apalagi dengan premi hanya 5ribu/hari dari PFI Mega Life sudah bisa melindungi diri dan keluarga juga.

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers

54 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com