Cara Memilih Asuransi Kesehatan Yang Tepat

Sharing is caring!

Asuransi kesehatan menjadi salah satu hal yang jarang dipikirkan oleh banyak orang. Pasalnya mulai dari bagaimana cara memilih asuransi, kenapa harus memiliki asuransi lain karena kantor sudah memfasilitasi dengan asuransi, sudah memiliki asuransi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Tahukah jika biaya perawatan di rumah sakit baik untuk jasa dokter dan kamar rawat inap semakin meningkat. Meskipun sudah memiliki asuransi dari tempat bekerja, ada biaya-biaya tidak terduga yang ternyata tidak dicover oleh asuransi, sehingga harus mengambil uang tabungan.

Fakta Ibu Rumah Tangga dan Asuransi
Fakta Ibu Rumah Tangga dan Asuransi

Pasalnya saat di rawat, banyak orang terbebani pikiran biaya rumah sakit, pekerjaan yang ditinggalkan termasuk asuransi cukup atau tidak. Untuk itulah harus memiliki asuransi bahkan yang bisa double claim agar semakin tenang dan melindungi diri serta keluarga termasuk juga keuangan.

Saat memilih produk asuransi lakukan dengan hati-hati dan cermat dalam menentukan produk asuransi yang akan dipilih. Sebaiknya pilih sesuai kebutuhan, memiliki banyak manfaat, kebijakan dan aturan polis asuransi, termasuk cara klaim asuransi. Berikut ini cara memilih asuransi kesehatan:

1. Perusahaan Asuransi Kredibel

Dalam memilih perusahaan asuransi sebaiknya pilih perusahaan yang kredibel,  rekam jejak baik produk maupun layanan yang diberikan adalah terbaik. Cari informasi dari internet, koran hingga rekomendasi dari keluarga dan teman yang sudah mencoba layanan asuransi di perusahaan tersebut. Bandingkan antar perusahaan asuransi dan pilih yang menawarkan premi yang sesuai dengan banyak manfaat yang didapatkan.

Ibu dan Anak
Ibu dan Anak

Seperti Mega Hospital Investa yang memiliki manfaat :

  • Santunan Harian Rawat Inap non ICU diberikan maksimum 180 hari per tahun polis asuransi
  • Santunan Harian Rawat Inap ICU / ICCU diberikan maksimum 60 hari per tahun polis
  • Santunan Meninggal Dunia karena sebab apapun
  • Pengembalian Premi sebesar 50% dari total premi yang dibayarkan jika tidak ada klaim pada setiap periode 36 bulan.

2. Coverage Layanan Asuransi

Sebelum menentukan asuransi yang cocok perhatikan coverage layanan asuransi yang diberikan. Perhatikan juga berapa batas usia maksimal yang bisa dijamin produk asuransi. Pilihlah produk asuransi terbaik di Indonesia yang memberikan manfaat santunan harian rawat inap, pengembalian premi, dan tentunya santunan meninggal dunia.

Seperti Mega Hospital Investa dari PFI Mega Life, kita bisa mengikutsertakan anggota keluarga. Sehingga usia tertanggung yang diperkenankan minimum 6 bulan dan maksimum 59 tahun (masa perlindungan tidak lebih dari 60 tahun). Pemegang polis sendiri adalah Warga Negara Indonesia, minimum berusia 18 tahun. Perlindungan efektif berlaku setelah premi pertama diterima  dan polis juga akan dikirimkan dalam waktu 7 hingga 14 hari kerja.

Perawat dan Pasien
Perawat dan Pasien

3. Nilai Klaim Per Tahun

Sebaiknya pilih asuransi yang bisa melakukan double claim sehingga bisa mendapatkan manfaat tetap walaupun sudah dibayar oleh asuransi lain, dan besarnya uang pertanggungan sesuai dengan program yang dipilih tetap dibayarkan meskipun biaya di bawah uang pertanggungan. Seperti nasabah Mega Hospital Investa yang dapat melakukan double claim karena program asuransi hanya membutuhkan fotokopi kuitansi biaya medis.

Bahkan nasabah juga tidak perlu melakukan medical check-up, tetapi hanya dikenakan masa tunggu selama 30 hari untuk penyakit yang baru timbul setelah program aktif. Hanya ada masa tunggu dalam hal Tertanggung di Rawat Inap akibat dari kecelakaan.

4. Santunan Rawat Inap 

Pilih produk asuransi terbaik di Indonesia yang memberikan kenyamanan bagi pelanggan dan tidak perlu repot mengurus administrasi rumah sakit apalagi harus nombok biaya rumah sakit. Namun ternyata faktanya banyak orang yang terpaksa nombok alias membayar lagi saat keluar dari rumah sakit.

Rata-rata orang Indonesia untuk rawat inap memiliki limit asuransi Rp 300 ribu/hari. Ternyata saat dirawat inap, kamar full dan terpaksa upgrade kamar yang lebih tinggi  dan harus nombok s/d Rp 600 ribu/hari.  Belum lagi ada biaya tidak terduga lainnya sehingga nombok hingga Rp 700 ribu/hari.

Perawat dan Pasien
Perawat dan Pasien

Tentu hal ini membuat pusing sehingga pilihlah asuransi rawat inap yang memiliki santunan rawat inap tunai s/d Rp 1 juta/hari seperti yang diberikan oleh Mega Hospital Investa Sehingga kelebihan Rp 300 ribu/hari bisa digunakan untuk keperluan biaya obat dan kebutuhan keluarga di rumah. Mega Hospital Investa memberikan manfaat dana tunai rawat inap setelah masa tunggu 12 bulan untuk penyakit yang sudah pernah diderita sebelumnya.

Untuk santunan harian rawat inap Mega Hospital Investa ini berlaku di rumah sakit akibat sakit ataupun kecelakaan. Minimum rawat inap karena sakit adalah 1 x 24 jam,  kecuali kecelakaan. Sementara maksimum rawat inap (Non ICU) adalah 180 hari kalender dalam 1 tahun polis dan untuk (ICU/ICCU) adalah 60 hari kalender dalam 1 tahun polis.

5. Sesuaikan Budget dengan Premi Asuransi Kesehatan

Sesuaikan premi dengan keuangan, agar tidak mengalami gangguan saat membayarkan premi dan terpaksa memangkas anggaran. Bahkan termasuk kemudahan dalam pembayaran premi. Program juga diperpanjang secara otomatis pada saat ulang tahun polis setiap tahunnya. Jumlah iuran juga disesuaikan dengan kenaikan usia.

Mega Hospital Investa
Mega Hospital Investa

Seperti nasabah Mega Hospital Investa dengan premi mulai dari Rp 5 ribu/hari tentunya semakin memberikan kemudahan, untuk pembayaran polis asuransi bisa memilih secara:

1. Tahunan dengan menggunakan:

  • Kartu Kredit berlogo Visa/Master yang diterbitkan oleh Bank di negara Indonesia.
  • Kartu Debit berlogo Visa/Master yang diterbitkan oleh Bank di negara Indonesia dan telah terdaftar Internet Banking

2. Bulanan Berkala dengan menggunakan:

  • Kartu Kredit berlogo Visa/Master yang diterbitkan oleh Bank di negara Indonesia.
  • Kartu Debit berlogo Visa/Master yang diterbitkan oleh Bank di negara Indonesia dan telah terdaftar Internet Banking

Ada keistimewaan tersendiri jika tidak ada klaim pada setiap periode 36 bulan, Mega Hospital Investa akan memberikan bonus pengembalian iuran/premi sebesar 50% dari total premi yang sudah dibayarkan (tanpa bunga) pada setiap periode 36 bulan tersebut dan akan dikreditkan langsung ke kartu kredit/rekening tabungan.

Jika tertanggung meninggal dunia dalam masa asuransi yang penyebabnya tidak termasuk dalam pengecualian Polis,  kepada yang ditunjuk akan diberikan santunan meninggal dunia sesuai dengan Plan yang dipilih.

Tentunya menarik sekali apalagi dengan premi hanya 5ribu/hari dari PFI Mega Life sudah bisa melindungi diri dan keluarga juga.

54 comments

  1. Vita Pusvitasari Reply

    Aku pun punya BPJS dan Asuransi dari dulu hingga sekarang. Tetapi lebih sering pakai Asuransi untuk cek kesehatan dan kontrol kehamilan atau berobat ketika sakit. Karena lebih cepat dan gak ribet kaya BPJS hehe.

    • Ratnasari Reply

      Noted banget infonya Ka soalnya kebetulan aku lagi nyari asuransi yang tepat dan cocok untuk aku nih Thanks for sharing yaa

    • Okti Li Reply

      Lim ribu per hari itu dua kali lipat jajan anak hehehe. Kalua dipakai investasi di asuransi malah gak terasa tapi nanti bisa kita ambil hasilnya ya..,

  2. diane Reply

    Menyesuaikan dengan budget emang penting banget…biar kita gak keteteran bayarnya ya….Trims untuk tips2nya….penting banget buat pilih2 asuransi…

    • Ria buchari Reply

      Asuransi memang penting banget buat jaga2 dikala dibutuhkan, Mega Hospital Investa pilihan menarik nih banyak manfaatnya dan juga terjangkau ya.. Jadi pengen punya nih saya:)

  3. Utie adnu Reply

    Bener ya asuransi itu pnting ibarat payung buat kluarga yg suatu saat berguna yg lbih pnting lagi memilih perusahaan asuransi nya

    • Siska Reply

      Bener sih mbak, asuransi kesehatan ini penting. Apalagi kalau udah punya anak, ketika masih kecil kan masih suka sakit karena imunitasnya masih belum maksimal.

    • Nanie Reply

      TFS. Tipsnya berguna banget untuk pilah dan pilih asuransi yang tepat, saat ini di keluarga kami baru ikutan BPJS saja. Mungkin bisa dipertimbangkan untuk nambah asuransi lagi nih

    • Mellisa Reply

      Asuransi itu harus disiapkan matang2 ya, biar kebutuhan hidup bisa lebih terjamin. Beberapa pertimbangan tersebut emang harus dilakukan supaya ga salah pilih asuransi. Btw, terjangkau bgt ya 5rb perhari aja.

      • Ola Aswandi Reply

        Jujur sampai sekarang belum kepikiran untuk apply asuransi kesehatan, terlebih karena memang sudah ada asuransi dari kantor suami + BPJS dari kantornya juga. Jadi sekarang lebih pilih untuk nabung secara konvensional dulu daripada beli produk asuransi. But thanks for the tips yaa mbaa.. siapa tahu ke depannya butuh 🙏🏼

  4. Gita Siwi Reply

    Yup sesuai budget buat premi itu penting menurutku karena asuransi pada intinya buat nyaman aman jadi jangan malah beban pilih premi yang nggak sesuai budget kita

  5. lendyagasshi Reply

    Biasanya asuransi bisa langsung aktif dipakai setelah berapa bulan setor, kak…?
    Aku sebenernya awam banget masalah asuransi kesehatan begini. Tapi penasaran…karena premi Rp 5 ribu/hari kan yaa…

  6. Andi Mirati Primasari Reply

    nah ini info yg wajib banget kita tahu.. asuransi kesehatan di jaman sekarang memang beragm banget pilihannya.. kita sebagai konsumen wajib punya pengetahuan dan perencanaan tepat dalam memilih asuransi yg sesuai sama kita..

    • Latifah Desti Lustikasari Reply

      Seringnya orang kalo sehat enggak kepikiran asuransi, giliran sakit baru kelimpungan daftar bpjs hihi. Jujur aku awam banget sama urusan asuransi asuransi ginian, karena selama ini masih nebenh di asuransi ayah, tapi selalu kepikiran untuk punya asuransi kesehatan sendiri juga, makasih infonya

  7. RachmanitaA Reply

    Nah.. Asuransi itu memang penting banget yaa namun kita harus bisa bijak dengan memilih asuransi yang tepat untuk kebutuhan kita..

  8. Suciarti Wahyuningtyas Reply

    Memilih produk asuransi tuh emang harus cermat sekali ya mbak, jangan sampai salah pilih. Tapi kalau Mega Life ini sudah terbukti lebih bagus sih ya mbak. Duh jadi kepo ini pengen tau preminya Mega Life.

  9. TIAN LUSTIANA Reply

    Penting banget memang ya menyesuaikan budget dengan premi asuransi yang akan diikuti jangan sampe memberatkan dan akhirnya ga kebayar yah.

    • Ririe Khayan Reply

      Yang poin ini: jika tidak ada klaim pada setiap periode 36 bulan, mendapatkan bonus pengembalian iuran/premi sebesar 50%.

      Pertama kalinya saya tahu produk asuransi spt ini. Mega Hospital Investa membuat inovasi baru dalam dunia asuransi.

  10. Latifah Desti Lustikasari Reply

    Kayaknya kemaren udah komen deh, tapi kok saya cek lagi gak muncul ya.
    Oke aku komen lagi, emang asuransi itu penting banget menurutku apalagi asuransi kesehatan, dan yang penting sesuai dengan budget ya

  11. Devina Anggraeni Reply

    Wah ini sih menarik banget mba, premi nya ringan mulai 5 ribu per hari, terus fasilitas nya cukup banyak dan yg menarik bonus pengembalian preminya itu lho

  12. Nia K. Haryanto Reply

    Hidup di zaman sekarang memang butuh banget ya proteksi diri. Segala sesuatu bisa datang secara tak terduga. Asuransi adalah satu dari bentuk proteksi ini. Setuju banget dengan tips-tipsnya. Supaya kita dapet manfaat yang maksimal ya dari asuransi yang kita beli ini.

  13. Desy Yusnita Reply

    Asuransi ini keluaran Bank Mega ya Mba? Memang sekarang harus jadi poin utama adalah bisa double claim ya. Supaya kalo ada kelebihan budget bisa langsung dibantu dari asuransi lagi.

  14. Widya Lim Reply

    wah premi nya cuma 5rb per hari tapi fasilitasnya oke juga yah, padahal harganya mirip sama BPJ* looh XD Mau itung2 dulu aah, semoga bisa memutuskan yg terbaik buat diri sendiri dan keluarga

  15. Grandys Reply

    kalo soal asuransi bener banget mba harus sudah d pikirkan, apalagi ada issue yg lagi hangat-hangatnya soal jaminan kesehatan d negara kita ini.

    • Leila Rizki Reply

      Tempo hari ikut acara edukasi finansial, orang Indonesia katanya masih suka kayak takut gitu ya sama asuransi jiwa. Lebih tepatnya kayak pamali gitu, orangnya masih ada kok siapin kayak gitu. Tapi sebenarnya penting, ya, untuk membantu keluarga kita sendiri juga.

    • Lisna Reply

      Aku pernah salah pilih asuransi dan berasa rugiiii banget. Mana udah ikut bertahun-tahun, huhu. Next time baca dulu blogpost ini dulu deh.

  16. Ernita Ginting Reply

    Wah menarik bgt ini yahh preminya engga memberatkan mulai 5rb an aja per hari, boleh bgt ini kayaknya dicobain yahh, kebetulan aku jg lg cari asuransi yg tepat nih:)

  17. Uniek Kaswarganti Reply

    Yang pertama soal kredibilitas memang penting ya mba, jangan sampai kita pilih perusahaan penyedia asuransi yang abal-abal. Kemudian berapa budget kita dalam membayar premi juga perlu banget kita perhitungkan.

  18. Dwi Puspita Reply

    Pemilihan asuransi memang gampang2 susah ya tapi kalau banyak yang merekomendasikan dengan berbagai manfaat yang kita peroleh mengapa tidak untuk gabung menjadi bagiannya

  19. Herva Yulyanti Reply

    Setuju semuanya mba jangan sampe pilih perusahaan asuransi abal-abal yah 🙁 karena banyak banget sekarang muncul menawarkan tapi ga tahu kejelasannya..

    cuss kepoin PFI Mega Life

  20. Ulfa Affisa Reply

    Huaaa makasih tips memilih asuransinya lumayan ada pencerahan buat aku yang masih awam. Ohya, menurut kakak, mana yang lebih penting; asuransi jiwa, asuransi kesehatan atau asuransi pendidikan?

  21. diazbela Reply

    Waaa merasa tertohok banget karena selama ini hanya mengandalkan asuransi kantor! Hehehe.. Eh itu mulai 5 ribu per hari ya mbak? Wah, terjangkau banget!

  22. Selvijua Reply

    Kadang aku memang bingung dalam memilih asuransi, dan ga tahu apa yang jadi prioritas, disini kriterianya sangat membuka pikiranku dalam memilih asuransi yang benar, aku jadi mudah sekarang dan ga bingung lagi.

  23. Visya Al Biruni Reply

    Yaps dalam memilih asuransi kesehatan emang kudu jeli bangettt ya mba. Mulai Dari kredibilitas, nilai klaim, premi dan lain lain. Bisa juga Dari referensi orang terdekat

  24. Rella Reply

    Hmmm, selama ini pake asuransi yg dari kantor aja sih…so far mencukupi alhamdulillah. Tapi bener banget kalo asuransi kesehatan itu wajib punya, bahkan prioritasnya di atas asuransi pendidikan, imho. Soalnya soal kesehatan siapa yg tau, baik itu diri sendiri maupun keluarga, dengan riwayat yg berbeda2, harus ada antisipasinya. Tfs ya, aku bookmark page ini untuk dibaca2 lagi saat diperlukan 🙂

  25. Triyatni Reply

    Yang menarik adalah tetap bisa mendapat uang kembali jika dalam 36 bulan tidak klaim. Karena kadang saya pribadi rasanya rugi tapi gak mau sakit juga haha

  26. renayku Reply

    Saya sama suami juga sepakat untuk pake asuransi yang sudah bonafid jadinya kalau mau klaim gak pake ribet dan gak merugikan kami sebagai nasabah, Perlindungan emang perlu karena gak ada yang tau apa yang akan terjadi pada masa depan,.

  27. Fazirotul Firdaus Reply

    Intinya sesuaikan budget ya mbak hehe. Kebetulan aku sama keluargaku belum kepikiran bikin asuransi (kecuali kakek yg udah punya dari dulu). Dan harus pinter-pinter milih perusahaannya nih mbak, karena pernah pake yg murah tapi pas dipake berobat prosesnya lama dan berbelit-belit😑😑

  28. anispustariya Reply

    Sering ragu sih mau pakai asuransi. Soalnya nggak begitu paham juga dengan berbagai prosedurnya apalagi kredibilitasnya. Thanks banget sudah memberi banyak ilmu baru. Jadi bisa lebih persiapan kalau mau pakai asurasi sekarang.

  29. Swastivita Reply

    5ribu per hari? sepertinya saya akan pilih yang ini deh.. seharga jajan harian anak. dari dulu itu bingung, yang mana. terakhir ada yg menawarkan 10rb/hari, ternyata masih ada yg lebih murah 😍

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.