Palembang,  Tips,  Travelling

Bus Pesona Sriwijaya Wisata Gratis Keliling Palembang

Sharing is caring!

Bagi yang berkunjung ke Palembang dan ingin berwisata gratis, bisa mencoba bus Pesona Sriwijaya milik Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan. Para pelancong bisa mengunjungi obyek wisata yang ada di kota pempek ini dengan gratis. Pasalnya Disbudpar Sumsel sejak Sabtu, 16 Juli 2016 mulai mengoperasikan satu unit bus pariwisata yang siap membawa wisatawan keliling Palembang.

Bus yang didominasi warna pink dan ungu dengan branding Jembatan Ampera ini merupakan salah satu cara Sumatera Selatan mempromosikan pariwisata di Palembang. Berkapasitas 25 orang bus ini beroperasi hanya di akhir pekan yakni pada Sabtu dan Minggu saja. Rute bus Pesona Sriwijaya ini baru Benteng Kuto Besak atau BKB dan Museum Balaputra Dewa.

IMG-20160711-WA0009

Launching bus Pesona Sriwijaya dilakukan pada Senin, 11 Juli 2016 dengan mengajak Netizen dan Blogger di Palembang untuk mencoba langsung bus yang dilengkapi dengan tour guide ini. Selain itu memberikan kenyamanan, bus ini juga dilengkapi AC. Semoga Disbudpar Sumsel akan memberikan fasilitas lain seperti wi-fi ya.

Bagi yang ingin mencoba langsung bus wisata gratis ini, pastikan untuk mengikuti jadwal keberangkatannya. Bus ini mulai jalan dari Benteng Kuto Besak dan biasanya diparkir didepan Museum Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang.

IMG-20160711-WA0008

Bus ini di lengkapi dengan
1. Tour guide
2. Bus AC .

Rute Benteng Kuto Besak – Museum BalaPutradewa

Jam operasional
– Dari Benteng Kuto Besak 09.00 | 12.00 | 14.00
– Dari Museum Balaputradewa 10.00 | 13.00 | 15.00

IMG_20160711_143125

Wisatawan atau masyarakat bisa memilih jadwal keberangkatannya dan biasanya bus akan jalan setelah beberapa wisatawan siap berangkat. Untuk yang membawa rombongan bisa langsung menghubungi  kantor Disbudpar  Sumsel di jalan Demanglebar Daun Palembang untuk melakukan pemesanan.

Untuk tahap awal ini, bus Pesona Sriwijaya ini menjadi proyek percontohan. Jika peminatnya semakin banyak, Disbupar Sumsel akan membuka rute lainnya, seperti BKB ke Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya (TPKS) atau juga dari BKB ke Bukit Siguntang maupun dari BKB ke Bait Alquran raksasa di kawasan Gandus Palembang.

IMG-20160711-WA0014
Kalau menurut saya pribadi, hal yang dilakukan oleh Disbudpar Sumsel sudah sangat baik untuk mengakomodir para wisatawan yang akan menjelajah wisata Palembang. Apalagi di Benteng Kuto Besak merupakan pusat kota Palembang sekaligus terdapat ikon kota Palembang, Jembatan Ampera dan Sungai Musi, selain tempat wisata lainnya. Selain itu di Museum Balaputra Dewa, pengunjung bisa melakukan hal wajib saat datang ke Palembang yakni foto rumah Limas yang terdapat di lembaran uang 10 ribu rupiah.

IMG-20160711-WA0012

Semoga nanti semakin banyak rute yang dikunjungi termasuk bus wisata yang beroperasi.  Berminat untuk menjelajah Palembang gratis, silakan coba bus Pesona Sriwijaya.

*Photo: Miera Pelangi, Anto dan Victor

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com
Skip to toolbar