Blogosphere,  Event

Blogilicious Kito Palembang

Sharing is caring!

IdBlogNetwork sebagai startup menjalin silaturahmi, merangkul dan menjembatani blogger dengan pengiklan atau advertiser. Tercatat lebih dari 4 ribu blogger di seluruh Indonesia kini sudah menjadi bagian dari IdBlogNetwork.

Jika melihat perkembangan dan pertumbuhan blogger yang terus meningkat signifikan. Blogger menjadi tokoh yang sangat potensial menjadi pemasar.

Sebagai blogger dan bangsa pembelajar tentunya sepakat jika bola yang sudah dilemparkan oleh IdBlogNetwork kita maksimalkan. Kepuasan batin dari nge-blog dapat, pundi-pundi uang pun semakin tebal.

Dukungan tekhnologi juga menjadi peranan penting, betapa saat ini kita tidak dapat terpisahkan dari internet, termasuk perangkatnya yang semakin canggih. Sebut saja mulai dari PC, laptop, dan kini hadir tablet hingga beragam Gadget lainnya, yang bisa langsung terhubung dengan dunia maya.

Berdasarkan penelitian tujuh tahun yang lalu, tercatat 250 ribu pembaca yang aktif, tetapi saat ini lebih dari 400 juta pembaca aktif di seluruh dunia. Apalagi kini blog sudah bisa diterjemahkan kedalam 50 bahasa. Lebih dari setenngah triliyun kata telah diketik oleh para blogger atau lebih dari 5,3 triliyun buku novel. Dan menariknya pengguna blogger mengetik 250 ribu kata baru dalam satu menit.

Blogilicious Kito Palembang
Blogilicious Kito Palembang

 

Blogilicious Kito Palembang

Palembang patut berbangga karena termasuk satu dari tujuh kota penyelenggaraan Roadblog “Blogilicious 2011“. Selama 2 hari digelar (4-5 Juni 2011) di gedung Telkom, jalan Jenderal Sudirman no. 459 Palembang. Banyak ilmu berharga yang didapatkan dari para pemateri  yang luar biasa.

Blogilicious Kito Palembang
Blogilicious Kito Palembang

Ira Hairida aka itikkecil mengawali sesi pertama kegiatan Roadblog dengan materi tips blogging, bagaimana agar nge-blog tetap asyik dan menyenangkan. Meski terkadang kesibukan mendera hingga kebosanan untuk memposting tulisan.

Jika melihat blogger yang semakin kritis ternyata banyak sekali persoalan yang dihadapi blogger saat blogging. Agar tulisan yang diposting dalam blog tidak merugikan orang lain maupun diri sendiri. Permasalahan etika menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam blogging. Karenanya Donny BU , founder Internet Sehat ini berbagi ilmu tentang Etika ngeBlog. Donny pun memaparkan kesadaran terhadap etika itu datang dari diri sendiri dan dukungan dari lingkungan.

Blogilicious Kito Palembang
Blogilicious Kito Palembang

Selain itu para peserta seminar juga diperkenalkan oleh Mukhlis untuk meng-update blog-nya dengan menggunakan mobile blogging. Kini aktivitas ngeblog tak hanya dapat dilakukan didepan PC atau laptop saja. Toh, beragam gadget telah memudahkan kita untuk terkoneksi dengan internet. Tak mau ketinggalan Setyo Budianto juga memaparkan teknologi Speedy.

Blogilicious Kito Palembang
Iman Brotoseno – Blogilicious Kito Palembang

Bagi penggiat dunia maya dan entertainment pasti mengenal sosok Iman Brotoseno. Chairman Pesta Blogger 2009 ini menceritakan jika peranan social media sangat luar biasa. Dapat dipastikan hampir setiap orang memiliki facebook ataupun twitter. Ternyata aktivitas blogging kini mulai berkurang karena kuatnya pengaruh facebook ataupun twitter tersebut.

Bahkan lelaki berkaca mata ini berbagi tips agar blog kita dibaca oleh orang lain, salah satunya dengan mengupdate blog pada jam primetime-nya dunia maya yakni jam 7 hingga 10 malam. Nah, baru tahu kan, jika selama ini yang update blog diatas jam 2 itu menandakan sedang galau :D.

Blogilicious Kito Palembang
Andhika Wijaya – Blogilicious Kito Palembang

Jika sudah berbicara profesional, blogger pun bisa menjadi sebuah profesi yang menghasilkan uang. Andhika Wijaya Kurniawan memberikan informasi tentang Blogpreneur = Blogger + Entrepreuner.

Dalam beberapa tahun belakangan, perkembangan bisnis online terus menjamur, mulai dari toko online, affiliate/internet marketing, paid to click, pay paid per click hingga blog/site monetizing.

Nilai yang didapatkan bukan seribu rupiah tapi sudah mencapai lebih dari seribu dollar. Hmm, angka yang fantastis kan, apalagi jika nilai seribu dollar itu didapatkan dalam satu hari :D.

Materi yang didapatkan oleh peserta Blogilicious Kito Palembang tidak terhenti sampai disini saja. Karena tentunya kita harus mengetahui bagaimana caranya untuk meningkatkan jumlah pengunjung hingga tampil di halaman satu pencarian Google.

Blogilicious Kito Palembang
Raden Ajeng Nunuk P – Blogilicious Kito Palembang

Adalah Raden Ajeng Nunuk P atau yang akrab disapa dalam dunia maya dengan id Ajengkol memberikan materi Search Engine Optimatization (SEO). Bagi para publisher tentunya sangat paham sekali meningkatkan rangking, traffic dan jumlah kunjungan ke blog-nya dengan SEO tersebut.

Untuk mengoptimalkan blog tersebut dengan memberikan internal link maupun external link didalam postingan, hingga terus memberikan konten menarik dalam blog.

Tak mau ketinggalan Steven Sondankh, Marketing Manager Berniaga.com memperkenalkan layanan bagi yang ingin berjualan atau membeli produk. Layanan ini memudahkan kita untuk menjual barang tanpa perlu harus memiliki toko.

Blogilicious Kito Palembang
Andi Saleh – Blogilicious Kito Palembang

Sementara itu, Andi Saleh memberikan materi Theme Design. Meski terlihat sepele namun hal inilah yang membuat pengunjung datang ke blog kita, dan kembali lagi datang untuk kedua, ketiga kalinya atau hingga berulang kali.

Founder IdBlogNetwork, Mubarika Damayanti yang menyampaikan materi Blog Monetizing ini membuka wawasan agar hobi ngeblog bisa menjadi lebih bermanfaat dengan menghasilkan uang dari blog tersebut.

Nah, setelah bisa menguangkan blog, kini saatnya mengamankan blog dari serangan hacker. Materi ini diberikan oleh Terren. Saya pernah mengalami serangan hacker, facebook hingga blog saya dibajak. Beruntung sang pembajak lebih baik hati. Pengalaman itu menyadarkan saya jika keamanan blog sangat penting. Materi ini menjadi pamungkas dari seluruh rangkaian Blogilicious Kito Palembang.

Seberkas Asa Blogilicious Kito Palembang

Blogilicious Kito Palembang
Pembicara, Peserta, Panitia Pusat & Lokal – Blogilicious Kito Palembang

Meski sudah berlalu, namun seberkas asa tumbuh di hati. Karena selama ini “blogging has never tasted this good” , marilah kita bersama-sama untuk menjadikan lebih manis dan bernilai harganya.

Hadirnya Blogilicious Kito Palembang diharapkan menjadi momen tumbuhnya blogger baru yang berpenghasilan baik dari job paid review hingga paid to click, pay paid per click yang diberikan oleh IdBlogNetwork.

Kini saatnya Palembang menjadi bagian dari lahirnya generasi baru, generasi blogger profesional yang  berkantong tebal 😀

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers

87 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com
Skip to toolbar