Event,  Lifestyle

Berwakaf dengan Asuransi Syariah Investasi Dunia dan Akhirat

Sharing is caring!

Sudahkah kamu berwakaf tapi juga bisa berinvestasi dan melindungi diri?

Saya pernah berwakaf di masjid tapi belum pernah menggabungkan berinvestasi dan melindungi diri. Kini dengan asuransi syariah bisa berinvestasi dunia dan akhirat. Sun Life Financial Indonesia menghadirkan nilai ibadah pada produk asuransi Brilliance Hasanah Maxima.

Tentang Sun Life Financial 

Sun Life Financial merupakan perusahaan penyedia Iayanan jasa keuangan intemasional terkemuka yang menyediakan beragam produk asuransi, serta solusi pengelolaan kekayaan dan aset, baik untuk individu maupun korporasi. Sun Life Financial dengan basis di Toronto, Kanada telah beroperasi sejak tahun 1865 dan hadir di sejumlah pasar utama di seluruh dunia, yaitu Kanada, Amerika Serikat, Inggris, Irlandia, Hong Kong, Filipina, Jepang, Indonesia, lndia, Cina. Australia, Singapura, Vietnam. Malaysia, dan Bermuda. Per 30 Juni 2017, Sun Life Financial memiliki total aset yang dikelola sebesar CDN 944 miliar. 

Sementara di Indonesia Sun Life Financial Indonesia sudah hadir 23 tahun dengan menawarkan berbagai perlindungan dan pengelolaan produk yang variatif. Mulai dari asuransi jiwa, asuransi pendidikan, asuransi kesehatan dan rencana pensiun. Sun Life bermitra institusi keuangan terkemuka, baik nasional maupun intemasional, untuk melayani strategi multi-distribution channels dan menyediakan akses yang Iebih luas untuk solusi asuransi kami. Sun Life Financial Indonesia sendiri telah memenangkan beberapa penghargaan bergengsi pada tahun 2017.

Norman Nugraha – Chief of Sharia Business Sun Life Financial Indonesia

Apa itu Wakaf ?

Wakaf adalah sedekah jariyah, sehingga kita menyisihkan harta baik bergerak maupun tidak bergerak untuk digunakan kepentingan orang banyak. Seperti wakaf tanah untuk masjid ataupun wakaf Al-Qur’an ataupun mukenah untuk keperluan ibadah di masjid. Tapi sebenarnya kini ada wakaf yang pengelolaan dilakukan oleh pihak terpercaya.

Pasalnya jika wakaf uang bisa bermanfaat bagi banyak orang, selain itu uang tidak berkurang dan bisa berinvestasi dunia akhirat. Inilah yang ditawarkan oleh Sun Life Financial Indonesia. Akankah kita memberikan manfaat untuk orang banyak. Sesuai hadist riwayat Muslim “Jika manusia meninggal, maka amalnya terputus kecuali tiga perkara 1. Sedekah jariyah 2. Ilmu yang bermanfaat dan 3. anak soleh yang berdoa kepadanya” (HR.Muslim).

Wakaf dan Asuransi

Dalam Kopdar Wakaf Pasti Kini Nanti di Logo House pada Kamis, 1 November 2018 lalu. Norman Nugraha, Chief of Sharia Business Sun Life Financial Indonesia memberikan penjelasan tentang potensi wakaf di Indonesia, Badan Wakaf Indonesia (BWI)  mencatat potensinya mencapai Rp180 triliun namun ternyata pada 2017, baru terhimpun sebesar Rp400 Miliyar.

Padahal, jika wakaf dikumpulkan dan dikelola dengan baik, objek wakaf tersebut bisa dimanfaatkan menjadi investasi strategis. Wakaf tersebut bisa digunakan menghapuskan kemiskinan dan tentunya bisa meningkatkan perekonomian, pendidikan, hingga kesehatan. Hanya saja selama ini pemahaman masyarakat jika objek wakaf hanya terbatas pada tanah atau bangunan (wakaf tidak bergerak), dan membuat potensi wakaf belum optimal.

Selain itu selama pemahaman masyarakat Indonesia tentang produk asuransi mengutamakan anaknya. Padahal yang harus diutamakan adalah kepala keluarganya terlebih dahulu. Agar menjamin masa depan jika terjadi sesuatu dengan kepala keluarga.

Dalam mengelola penyaluran dana wakaf yang diterima, Sun Life bekerja sama dengan Iembaga pengelola aset wakaf (nazhir) terpercaya yaitu Badan Wakaf IndoneSia, Dompet Dhuafa, Rumah Wakaf, dan 174 Iembaga yang terdaftar di Badan Wakaf Indonesia (BWI).

Seperti Dompet Dhuafa yang mengoptimalkan potensi serta menyalurkan dana wakaf untuk kesejahteraan umat, dibutuhkan dukungan dari berbagai pihak termasuk lembaga pengelola keuangan berbasis syariah. Dana yang terhimpun, kemudian akan disalurkan oleh nazhir ke berbagai sektor sosial yang membutuhkan. Mulai dari pendidikan, ekonomi, hingga kesehatan. Di bidang kesehatan misalnya saat ini Dompet Dhuafa memiliki jaringan rumah sakit berbasis wakaf di berbagai daerah di Indonesia, salah satunya Rumah Sakit Dhuafa AK Medika Sribhawono di Lampung Timur.

Pemenang Twitter Terbaik dalam Kopdar Wakaf Palembang

Asuransi Brilliance Hasanah Maxima 

Kehadiran manfaat wakaf pada produk asuransi syanah dari Sun Life, khususnya produk Asuransi Brilliance Hasanah Maxima memfasilitasi masyarakat untuk tidak lagi menunda melakukan Ibadah wakaf. Sun Life percaya asuransi syariah dengan nilai-nilai keutamaannya menawarkan manfaat yang besar bagi masyarakat luas.  Produk ini bisa mengedukasi sekaligus membantu masyarakat untuk melaksanakan ibadah wakaf dengan pasti, kini dan nanti.

Sun Life yang menghadirkan fitur wakaf untuk pemegang polis syariah telah mendapatkan dukungan DSN-MUI. Melalui manfaat yang berlaku untuk semua produk asuransi syariah ini, peserta asuransi kini dapat mewakafkan manfaat asuransinya hingga 45% dari santunan asuransi dan 30% dan manfaat investasi dari polisnya. Adanya batasan maksimal tersebut sesuai dengan fatwa DSN-MUI. Berdasarkan fatwa tersebut, manfaat investasi harus tetap dapat dinikmati oleh ahli waris.

Peserta Kopdar Wakaf Palembang – Photo by : Maman

Produk Asuransi Brilliance Hasanah Maxima (ABHM) dari Sun Life didukung agen berdedikasi dan tersertifikasi wakaf,  yang dikeluarkan oleh Sun Life bekerja sama dengan DSN Institute dan Badan Wakaf Indonesia. Produk Asuransi Brilliance Hasanah Maxima dengan fasilitas wakaf berkala yang memungkinkan nasabah bisa merencanakan keuangan masa depan sekaligus beribadah wakaf di saat yang bersamaan dengan pasti, kini dan nanti. Lebih pastinya lagi adalah tanpa potongan (100% langsung disalurkan) dan dukungan mitra nazhir terpercaya.

Peserta Kopdar Wakaf Palembang – Photo by : Maman

Selain itu dapat dilakukan sedini mungkin dengan dana wakaf yang langsung disalurkan sejak pembayaran kontribusi yang pertama dan untuk selanjutnya sesuai frekuensi pembayaran kontribusi yang dipilih nasabah. Serta membantu melaksanakan wasiat berwakaf atas manfaat asuransi dan investasi ketika nasabah meninggal dunia. Kini, tidak ada lagi alasan untuk menunda berwakaf, karena #LebihBaik Sekarang.

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers

28 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com
Skip to toolbar