Bebas dari Anyang-Anyangan
Lifestyle,  Tips

Aktif dan Percaya Diri Bebas Anyang-Anyangan

Sharing is caring!

Banyak wanita yang mengalami masalah buang air kecil yang tidak tuntas atau biasa disebut anyang anyangan. Untuk bisa bebas dari anyang-anyangan  ternyata bukan hanya harus banyak minum air putih saja loh.

Saya sendiri punya pengalaman tidak menyenangkan dengan anyang-anyangan, gejala awal dari penyakit infeksi saluran kemih. Saya pernah diopname karena diagnosa infeksi saluran kemih. Sehingga aktivitas saya pun menjadi terganggu.

Semuanya berawal dari kebiasaan buruk suka menahan buang air kecil jika berada di toilet yang kotor. Ataupun saat tidak menemukan toilet saat sedang traveling. Lama kelamaan karena sering menahan buang air kecil terjadi infeksi di salurah kemih. Saya sering buang air kecil tapi sedikit-sedikit dan tidak tuntas. Bahkan ada rasa nyeri saat buang air kecil dan badan saya juga demam.

Karena saya merasakan demam tinggi, mual dan muntah serta nyeri di bagian pinggang belakang. Saya pergi ke dokter dan minum obat penurun panas serta antibiotik tetap tidak sembuh.  Namun saya tidak kunjung sembuh padahal sudah berulang kali ke dokter. Akhirnya saya dirawat secara intensif dan diperiksa secara menyeluruh untuk mengetahui penyebab pasti penyakit yang saya alami. Dan berdasarkan pemeriksaaan saya didiagnosa mengalami infeksi saluran kemih.

Anyang-Anyangan
Anyang-Anyangan

Setelah menjalani rawat inap di rumah sakit dan mengkonsumsi anti biotik, Alhamdulillah kondisi saya berangsur membaik. Karena pengalaman tersebut saya berusaha untuk bisa bebas dari anyang-anyangan.

Apa itu Anyang-anyangan?

Anyang-anyangan adalah suatu kondisi tidak nyaman saat buang air kecil yang terus menerus namun tidak tuntas  padahal air seni yang keluar sedikit atau terkadang tidak keluar sama sekali. Dalam dunia medis, kondisi ini disebut “disuria”. Perasaan tidak nyaman selama buang air kecil ini pada setiap orang berbeda-beda. Mulai dari rasa sakit atau nyeri saat buang air kecil, rasa panas atau bahkan terasa terbakar di area intim.

Anyang-anyangan ini sendiri merupakan salah satu gejala awal infeksi saluran kemih. Dan ternyata faktanya lima dari sepuluh wanita pernah mengalami infeksi saluran kemih dengan gejala awal anyang-anyangan. Tentunya hal ini membuat saya sedikit lega.

ISK sendiri paling banyak disebabkan oleh bakteri jahat E-Coli yang kebanyakan  bersarang di toilet. Bakteri tersebut akan masuk dan menempel di dalam saluran kemih  dan menyebabkan infeksi saluran kemih. Perempuan sendiri lebih berisiko menderita ISK daripada laki-laki. Karena saluran kemih perempuan lebih pendek dibandingkan milik laki laki.  Meski bukan penyakit menular namun penyakit ini sangat berbahaya jika menyebar ke ginjal.

Fakta Wanita Anyang-Anyangan

Penyebab Anyang-anyangan

Anyang-anyangan biasanya disebabkan oleh bakteri, virus, maupun jamur. Salah satunya paling banyak karena bakteri Escherichia coli atau E-Coli yang menempel pada dinding saluran kemih dan menyebabkan infeksi saluran kemih.

Selain itu juga bisa disebabkan karena terjadi iritasi di area intim, kandung kemih yang terlalu aktif yang mebuat selalu ingin buang air kecil. Ataupun karena adanya batu di kandung kemih hingga karena faktor hormonal dari dalam tubuh.

Cara mengatasi Anyang-anyangan

Pelajaran berharga dari pengalaman menderita infeksi saluran kemih untuk membuat saya mengetahui cara mengatasi anyang-anyangan seperti:

1. Untuk mengatasi anyang-anyangan sebaiknya kita mengonsultasikan kondisi kesehatan ke spesialis urologi agar bisa mengetahui penyebab pasti anyang-anyangan. Sehingga bisa memberikan penanganan yang tepat.

2.  Sebaiknya jika sudah merasa kebelet langsung ke toilet untuk buang air kecil. Usahakan hindari menahan buang air kecil dalam jangka waktu lama. Jika kita langsung buang air kecil dan mengosongkan kandung kemih hingga tuntas. Hal ini bisa mengatasi masalah anyang-anyangan yang terjadi.

3.   Menjaga pola tidur dan istirahat yang cukup juga bisa mengatasi anyang-anyangan untuk mengurangi rasa nyeri ataupun demam.

4. Menggunakan kompres panas di area perut bawah atau pinggang belakang untuk meredakan nyeri.

5. Sebaiknya hindari makanan dan minuman yang dapat mengiritasi kandung kemih seperti makanan pedas, asam, minuman yang mengandung kafein  seperti kopi dan teh maupun  alkohol.

Bebas dari Anyang-Anyangan
Bebas dari Anyang-Anyangan

Cara mencegah Anyang-anyangan

Tentunya sepakat jika mencegah lebih baik dari mengobati ya. Ada beberapa hal yang kini saya lakukan untuk mencegah anyang-anyangan diantaranya:

1. Perbanyak minum air putih
Untuk merangsang buang air kecil, perbanyak minum air putih. Sebaiknya langsung buang air kecil jika merasa kebelet jangan menahan buang air kecil, dalam waktu yang lama.

2. Jaga kebersihan organ intim
Menjaga kebersihan organ intim sangat penting baik saat buang air kecil baik sebelum dan sesudah bangun tidur maupun saat selesai berhubungan intim. Dan usahankan organ intim selalu dalam keadaan kering dan tidak lembab untuk mengurangi pertumbuhan jamur. Termasuk mengganti pembalut secara teratur.

3. Basuh area kewanitaan dari arah depan
Usahakan untuk membersihkan area kewanitaan dari arah depan ke belakang. Agar mengurangi perpindahan bakteri dari anus ke saluran kemih. Sebaiknya hindari membersihkan area intim dengan cara menyemprotkan cairan ke dalam vagina.

4. Gunakan pakaian dalam berbahan dasar katun dan tidak ketat
Pakaian dalam berbahan katun sangat bagus untuk kesehatan serta kebersihan organ intim. Selain itu pilih pakaian dalam yang tidak terlalu ketat agar organ intim mendapatkan cukup udara dan tidak lembap.

5. Mengkonsumsi Cranberry
Cranberry memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan terutama saluran kemih. Kandungan Vitamin C, Vitamin E, Vitamin K, dan juga fitonutrien dalam bentuk proanthocyanidins tipe-A, bisa mencegah pertumbuhan bakteri penyebab infeksi saluran kemih.

Cranberry
Cranberry – Sumber photo : Phys.org

Cranberry Solusi Alami Atasi Anyang-Anyangan

Buah cranberry kaya akan nutrisi penting, salah satunya jenis polifenol yang disebut proanthocyanidins (PAC). Kandungan antioksidan yang disebut proanthocyanidins, bisa mencegah pertumbuhan bakteri penyebab ISK. Karena memiliki sifat anti-adhesi membuat bakteri E. coli tidak akan menempel pada saluran kemih.

Sehingga mengkonsumsi cranberry bisa mencegah terjadinya ISK. Setidaknya lebih dari 70 penelitian menunjukkan buah cranberry bisa mencegah ISK, termasuk menahan agar ISK tidak berulang kembali.

Karena buah cranberry cukup sulit ditemui Indonesia dan harganya relatif mahal. Kini ada solusi untuk memperoleh manfaat cranberry yakni dengan mengkonsumsi Prive Uri-cran yang diproduksi oleh PT Combiphar. Sehingga lebih praktis, mudah didapatkan dan tentunya harganya terjangkau.

Prive Uri-cran
Prive Uri-cran

Prive Uri-cran

Prive Uri-Cran mengandung ekstrak cranberry yang mampu menyembuhkan dan mengatasi rasa sakit yang ditimbulkan oleh anyang-anyangan.  Prive Uri-cran ini juga aman untuk dikonsumsi karena merupakan suplemen makanan yang terbuat dari bahan alami.

Ekstrak cranberry di dalamnya mengandung Proantocyanidin untuk mencegah dan menangkap bakteri yang menempel pada saluran kemih, dan membuangnya bersama urin. Sehingga bisa mengatasi anyang-anyangan sekaligus menjaga kondisi tubuh tetap fit.

Konsumsi Prive Uri-cran
Konsumsi Prive Uri-cran

Kandungan alami cranberry pada Prive Uri-Cran ini membuatnya efektif untuk mencegah maupun mengobati anyang-anyangan. Sebagai produk pertama di Indonesia dengan formula khusus untuk membantu menjaga kesehatan saluran kemih dan mencegah terjadinya infeksi saluran kemih. Prive Uri-cran ini aman dikonsumsi oleh wanita hamil dan menyusui.

Varian Prive Uri-cran

Prive Uri-Cran terdiri dari dua varian yang bisa kita pilih sesuai kebutuhan yaitu :

Prive Uri-cran
Prive Uri-cran

Prive Uri-cran
Bagi yang ingin praktis bisa memilih Prive Uri-cran kapsul yang mengandung 250 mg extract Cranberry. Prive Uri-cran dikemas dalam box yang terdiri dari 3 blister dengan total ada 30 kapsul. Untuk dosis Prive Uri-cran ini dikonsumsi 1-2 kapsul per hari. Prive Uri-cran ini bisa didapatkan dengan harga Rp 160.000,-/box.

Prive Uri-cran Plus
Prive Uri-cran Plus

Prive Uri-Cran Plus
Prive Uri-Cran Plus, yaitu powder sachet dengan isi per box 15 sachet yang mengandung 375 mg Ekstrak Cranberry dan komposisi tambahan lainnya . Dosisnya dikonsumsi 1-2 sachet per hari. Untuk Prive Uri-Cran Plus bisa didapatkan dengan harga Rp 125.000,-/box

Untuk hasil maksimal, sebaiknya Prive Uri-Cran Plus ini dikonsumsi 2 gelas per hari selama kurang lebih 10 hari. Apalagi cara membuatnya juga sangat mudah dan semakin nikmat jika diminum dengan air dingin. Cukup dengan mencampurkan 1 sachet Prive Uri-Cran Plus dengan segelas air 150 ml, aduk hingga rata, dan minum.

Bebas Anyang-Anyangan dengan Prive Uri-cran
Bebas Anyang-Anyangan dengan Prive Uri-cran

Sebagai suplemen untuk mencegah anyang-anyangan, Prive Uri-cran bisa dikonsumsi setiap hari sesuai dosis yang dianjurkan. Prive Uri-cran ini sudah bisa didapatkan di berbagai apotek, drug store hingga marketplace.

Tentunya dengan bebas dari anyang-anyangan kita bisa semakin aktif dan percaya dalam beraktivitas. Prive Uri-cran bisa menjadi solusi alami dalam mencegah mengatasi anyang-anyangan termasuk menjaga kesehatan saluran kemih dan dapat diminum kapan saja  dan di mana saja.

Untuk informasi selengkapnya bisa cek langsung di Facebook Prive Uri-cran , Instagram maupun di Website : http://uricran.co.id/.

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers

38 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com