Koper di Bandara
Lifestyle,  Tips,  Travel

Liburan Tanpa Masalah Aturan Barang Bawaan

Visits: 37

Buat yang suka suka beli oleh-oleh saat liburan ternyata aturan baru pembatasan barang bawaan penumpang pesawat yang diterapkan oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan cukup  membuat bingung dan kecewa ya.

Aturan Pembatasan Barang Bawaan Penumpang Pesawat

Pemerintah sudah mengeluarkan aturan baru nih tentang pembatasan barang bawaan penumpang pesawat.  Meski rasanya gimana ya. Tapi mau bagaimana lagi ketika oleh-oleh dari luar negeri sudah diatur oleh Pemerintah ya, mau tidak mau harus diikuti. Aturan ini diatur dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 36 Tahun 2023 yang mulai berlaku pada 10 Maret 2024.

Beberapa barang bawaan yang dibatasi berdasarkan aturan tersebut antara lain pakaian jadi, telepon seluler, mainan, elektronik, alas kaki, dan lainnya. Pembatasan ini tentu saja mengecewakan para traveler, terutama yang terbiasa membeli berbagai macam oleh-oleh untuk orang sekampung karena banyaknya pesenan permintaan buah tangan.

Passport dan Tiket

Katanya sih aturan tersebut berlaku untuk barang-barang yang dibawa dari luar negeri ke Indonesia. Jika penumpang membawa barang melebihi batas yang ditentukan, maka barang tersebut akan dilarang masuk atau dikenakan pajak dan bea masuk sesuai ketentuan yang berlaku.

Misalnya, jika seorang penumpang membawa sepatu dari luar negeri, dan harga sepatu tersebut melebihi US$ 500, penumpang harus membayar selisih nilainya beserta pajak dan bea masuk yang berlaku. Namun, jika harga sepatu tidak melebihi US$ 500,  penumpang tidak dikenakan pajak dan bea masuk.

Sebenarnya aturan ini agak gimana gitu ya. Contoh kasus ya ketika perjalanan jadi peserta Kerala Blog Express Season 7 tahun 2023, saya pulang dengan membawa koper baru. Karena ada banyak hadiah yang diterima.

Koper di Bandara

Tips Jalan-Jalan ke Luar Negeri Tanpa Drama Barang Bawaan

Agar terhindar dari panjangnya proses bea cukai dan pajak impor bisa menjadi tantangan tersendiri. Karena untuk liburan ke luar negeri sekarang akan lebih ribet, berikut tips no drama barang bawaan:

1. Pastikan memahami aturan bea cukai yang berlaku di negara tujuan dan bawa barang sesuai dengan batas yang ditetapkan.

2. Hindari membawa barang yang dibatasi oleh aturan, seperti barang-barang elektronik, mainan, dan alas kaki, dalam jumlah yang berlebihan.

3. Siapkan bukti pembelian untuk barang-barang yang bernilai tinggi guna memudahkan proses bea cukai.

Saya sendiri masih mencerna betul aturan bea cukai yang berlaku dan agar terhindar dari masalah saat melewati proses bea cukai di bandara. Iya sih bener, hal ini jadi alasan biar kita gak harus beli oleh-oleh, kalau ditanya oleh-oleh ya gak bisa beli, karena aturan baru pemerintah.

Belum lah aturan ini dipahami benar ya guys, tiba-tiba datang lagi nih aturan baru, kalau mau liburan kita harus laporan sebelum terbang, apa… gak salah, gak kebayang gimana antrian orang mau laporan ya.

Barang bawaan

Laporan Dulu Guys Sebelum Terbang

Buat yang mau terbang ke luar negeri sekarang agak ribet ya karena prosedur baru yang diterapkan oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Proses ini memengaruhi penumpang yang membawa barang berharga, uang tunai besar, atau barang-barang lain yang tunduk pada cukai. Sebelum terbang ke destinasi impian, kita diharuskan untuk melaporkan dan mendapatkan persetujuan atas barang bawaan kita.

Prosedur baru ini meminta penumpang untuk melaporkan barang-barang yang akan dibawa ke luar negeri di Pos Bea dan Cukai yang berada di terminal kedatangan sebelum menuju ke terminal keberangkatan.

Jadi kita akan diminta untuk mengantri dan memberikan informasi tentang barang yang di bawa, termasuk data pribadi, tiket perjalanan, dan boarding pass. Setelah melaporkan barang, kita akan diberikan Surat Persetujuan Membawa Barang (SPMB) atau Formulir BC 3.4 sebagai bukti pelaporan.

Petugas Bea Cukai akan mengawasi barang dan penumpang untuk memastikan barang yang dilaporkan benar-benar dibawa keluar dari Indonesia. Saat kembali ke Indonesia, kita harus menunjukkan dokumen BC 3.4 kepada petugas Bea Cukai untuk memverifikasi barang yang di bawa kembali. Keterlambatan atau ketidaksesuaian dalam melaporkan barang dapat mengakibatkan biaya tambahan dan masalah kepabeanan.

Untuk memastikan proses berjalan lancar, direkomendasikan agar kita datang lebih awal ke bandara sehingga memiliki waktu yang cukup untuk melaporkan barang bawaan. Penting juga untuk memahami peraturan kepabeanan yang berlaku dan mematuhi ketentuan tentang jenis dan nilai barang yang dapat dibawa.

Peraturan Menteri Keuangan Nomor 203/PMK.04/2017 menetapkan bahwa penumpang wajib melaporkan barang bawaan yang akan dikirimkan melalui sarana pengangkut sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Pelanggaran terhadap peraturan ini dapat mengakibatkan sanksi sesuai dengan undang-undang kepabeanan.

Prosedur baru ini bertujuan untuk meningkatkan pengawasan atas ekspor dan impor barang yang dibawa oleh penumpang dan awak sarana pengangkut, serta memastikan kepatuhan terhadap peraturan kepabeanan yang berlaku. Dengan memahami dan mematuhi prosedur ini, kita dapat menjalani liburan tanpa masalah dan menghindari kendala yang tidak diinginkan selama perjalanan.

Jadi, pastikan untuk melaporkan barang bawaan kita dengan benar dan datang lebih awal ke bandara untuk memastikan perjalanan kita berjalan lancar. So sudah siap liburan ke luar negeri lagi tanpa drama.

Related Posts

  • 51
    Traveling on Budget, Ini Tips Jalan-Jalan HematTraveling on Budget, emang bisa, ya bisa dong. Kuncinya jalan-jalan hemat adalah semua tergantung dari pilihan kitatra, apakah akan berlibur saat musim liburan, tinggal di hotel, makan di restoran dan pilihan transportasi yang digunakan selama di perjalanan. Buat yang budgetnya terbatas atau yang bijak mengatur keuangan, tentunya akan lebih memilih…
    Tags: yang, kita, dan, untuk
  • 46
    Cara Menjaga Kesehatan di Bulan RamadanBulan Ramadan adalah untuk meningkatkan keimanan dan memperkuat ibadah kita. Tapi menjaga kesehatan di bulan  Ramadan tetap penting, kan?. Agar ibadah puasa kita di bulan Ramadan tetap lancar, kita harus memperhatikan kesehatan diri kita sendiri. Tips Menjaga Kesehatan di Bulan Ramadan Bagi yang menjalankan puasa, tentu ada tantangan tersendiri dalam…
    Tags: dan, yang, kita, untuk
  • 46
    Menu Sahur Praktis, Hari Penuh Energi Berat Badan TerjagaSalah satu kunci menjalani puasa dengan lancar adalah puasa dengan menu sahur praktis dan bergizi yang akan membuat harimu penuh energi dan berat badan terjaga. Buat yang sedang diet atau lagi  menjaga berat badan, bisa tetap berenergi tanpa harus merasa lapar atau lemas saat berpuasa. Kuncinya adalah mengonsumsi makanan seimbang…
    Tags: dan, yang, untuk
  • 44
    Panduan Lengkap Cara Membuat Visa IndiaBagi WNI butuh visa India untuk bisa masuk ke India, tapi gak asah takut karena kita bisa berkunjung ke India selama 30 hari dan gratis. Apakah India masuk dalam daftar impian destinasi perjalanan kamu? Dari pemandangan epik Taj Mahal hingga keanekaragaman budaya yang memukau, India menawarkan pengalaman yang tidak akan…
    Tags: yang, dan, untuk
  • 44
    Memilih Outfit Olahraga Bagi MuslimahBagi seorang muslimah, memilih outfit olahraga muslimah dapat memberikan kenyamanan saat berolahraga. Berikut adalah beberapa tips untuk memilih outfit olahraga yang sesuai dengan kebutuhan dan prinsip-prinsip busana muslimah: 1. Pilih bahan yang bernapas Pastikan untuk memilih bahan yang ringan, bernapas, dan memiliki kemampuan menyerap keringat. Bahan-bahan seperti katun, spandex, atau…
    Tags: yang, ini, untuk, dan

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »
HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com