Lifestyle,  Tips,  Travel

Traveling on Budget, Ini Tips Jalan-Jalan Hemat

Visits: 38

Traveling on Budget, emang bisa, ya bisa dong. Kuncinya jalan-jalan hemat adalah semua tergantung dari pilihan kitatra, apakah akan berlibur saat musim liburan, tinggal di hotel, makan di restoran dan pilihan transportasi yang digunakan selama di perjalanan. Buat yang budgetnya terbatas atau yang bijak mengatur keuangan, tentunya akan lebih memilih traveling on budget.

Taj Mahal India

Tips Traveling on Budget

Siapa bilang traveling harus mahal? Dengan sedikit kreativitas dan perencanaan yang baik, kita bisa menjelajahi dunia tanpa harus menguras tabungan. Berikut tips untuk traveling hemat yang menyenangkan.

1. Rencanakan dengan Cermat

Sebelum traveling,  rancang secara cermat mau kemana, tinggal berapa lama dan bagaimana mengatur budget traveling itu. Perencanaan adalah kunci untuk mendapatkan petualangan yang terjangkau. Kalau kita sudah menentukan tujuan dan durasi perjalanan dengan baik, lalu membuat itinerary yang terperinci dan memilih destinasi yang menawarkan pengalaman berkualitas tanpa menguras kantong. Tentunya kita bisa traveling dengan budget terbatas.

2. Pilih Akomodasi yang Terjangkau

Kunci jalan-jalan hemat adalah dimana kita akan tinggal selama perjalanan. Salah satu yang cukup membutuhkan anggaran adalah tempat tinggal selama traveling. Karena hanya dipakai sebagai tempat untuk istirahat, agar bisa hemat anggaran kita bisa tinggal di hostel, guesthouse, bus malam, atar kereta malam. Pilihan hemat lainnya adalah  tinggal di rumah milik anggota couchsurfing. Ini adalah pilihan yang lebih hemat daripada hotel mewah. Selain itu kita bisa mencari akomodasi melalui situs web dan aplikasi pemesanan yang menawarkan diskon dan penawaran spesial.

BTS Sky Train Thailand

3. Hemat Transportasi

Hal yang ikut menguras budget kita adalah pilihan transportasi yang kita gunakan selama di perjalanan. Daripada memilih taksi sebaiknya manfaatkan transportasi umum atau jalan kaki untuk menjelajahi setiap sudut kota tujuan. Jika memungkinkan, pertimbangkan untuk menyewa sepeda, sepeda motor, mobil atau menggunakan layanan ridesharing untuk perjalanan yang lebih murah.

4. Temukan Tiket Pesawat Murah

Untuk bisa traveling on budget, kita juga wajib untuk memantau promo tiket pesawat dan manfaatkan fitur perbandingan harga untuk menemukan penawaran terbaik. Memesan tiket jauh hari juga menjadi opsi terbaik dan saat ada promo, kita bisa membeli tiket pesawat murah tersebut. Biasanya maskapai penerbangan menawarkan promo tiket tapi untuk jadwal terbang tiga sampai sembilan bulan berikutnya. Sebaiknya memesan tiket di luar musim liburan atau mencari penerbangan dengan transit yang lebih lama untuk mendapatkan harga yang lebih murah.

Makanan Meridian Cruise

5. Atur Budget dengan Bijak

Tentukan budget traveling kita dari awal dan alokasikan dana untuk akomodasi, transportasi, makanan, dan kegiatan lainnya. Hindari pengeluaran yang tidak perlu dan pertimbangkan untuk membawa bekal makanan atau memilih restoran lokal yang lebih terjangkau. Pilih tempat menginap yang menyediakan dapur, kita juga bisa membawa makanan dan tempat masak portable yang bisa digunakan untuk memasak selama perjalanan. Cek destinasi tujuan kita apakah memperbolehkan membawa makanan dari negara kita, sebagai contoh Australia melarang pengunjung yang datang membawa produk makanan tanpa persetujuan.

6. Manfaatkan Sumber Daya Online

Gunakan situs web dan aplikasi perjalanan untuk mencari tahu tentang tujuan kita, termasuk tempat makan murah, atraksi gratis, dan aktivitas lokal yang terjangkau. Sebaiknya  bergabung dengan komunitas online untuk mendapatkan tips dan saran dari para traveler lainnya. Sehingga kita bisa mendapatkan insight bagaimana mengatur perjalanan dan mendapatkan petualangan yang memuaskan tanpa harus membongkar tabungan. Jadikan setiap momen petualangan kita sebagai pengalaman berharga dan tak terlupakan.

Baca juga : Tips Memilih Tempat Menginap Saat Liburan

Cara Buat Anggaran Traveling on Budget

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat membuat budget traveling yang hemat namun menyenangkan memang memerlukan perencanaan yang cermat.

Kamar Hillside Resort

Berikut cara untuk membuat anggaran perjalanan yang efektif:

1. Tentukan Tujuan dan Durasi Perjalanan
Tentukan tujuan dan berapa lama kita akan tinggal di sana. Durasi perjalanan kita akan mempengaruhi biaya akomodasi, makanan, dan transportasi.

2. Hitung Total Biaya
Saat merencanakan perjalanan, buatlah daftar semua biaya yang diperlukan, termasuk tiket pesawat, akomodasi, makanan, transportasi lokal, dan kegiatan. Cari informasi tentang perkiraan budget yang dibutuhkan dan sebaiknya nilainya ditambah menjadi 30 persen setiap item.

Bus Kullu

3. Prioritaskan Pengeluaran
Tentukan prioritas kita. Apakah kita ebih memilih menghemat uang untuk akomodasi yang lebih baik atau pengeluaran untuk aktivitas yang dilakukan selama nisana dan pengalaman yang ingin kita dapatkan? Tetapkan batas anggaran untuk setiap kategori pengeluaran.

4. Pilih Akomodasi yang Terjangkau
Memilih hostel, guesthouse, atau rumah sewa lebih baik karena lebih murah daripada hotel. Pertimbangkan juga pilihan website yang menawarkan banvak promo untuk menemukan akomodasi yang terjangkau dan nyaman. Atau bisa atau tinggal di rumah member couch surfing.

Kamar Hillside Resort

5. Gunakan Transportasi yang Murah
Dalam traveling sebaiknya menggunakan transportasi umum  seperti bus, kereta atau  sharing ride daripada menyewa mobil atau menggunakan taksi. Jelajahi opsi transportasi yang lebih hemat biaya, seperti bus atau kereta.

6. Makan dengan Bijak
Agar  budget  lebih hemat sebaiknya hindari makan di restoran yang mahal. Cari makanan lokal di warung atau pasar untuk pengalaman kuliner yang autentik dan terjangkau.

Shrimp Fried Rice

7. Pertimbangkan Aktivitas Gratis atau Murah
Ada banyak atraksi atau kegiatan yang gratis atau murah. Tidak semua kegiatan berbayar menawarkan pengalaman yang lebih baik daripada yang gratis.

8. Sisihkan Dana Darurat
Sebaiknya selalu siapkan dana darurat dalam budget  kita untuk keperluan tak terduga. Ini dapat membantu kita mengatasi masalah yang mungkin timbul selama perjalanan.

Parasailing - Pattaya

9. Pantau Pengeluaran
Selalu cermati pengeluaran Anda selama perjalanan. Gunakan aplikasi keuangan atau catatan harian untuk melacak uang yang kita habiskan dan pastikan kita tetap berada dalam anggaran.

Nah dengan perencanaan yang cermat dan memprioritaskan pengeluaran, kita bisa menikmati perjalanan yang menyenangkan tanpa harus khawatir budget kita bengkak. Jangan lupa untuk tetap fleksibel untuk menikmati pengalaman baru selama traveling.

Related Posts

  • 62
    Traveling Aman di IndiaKasus rudapaksa yang terjadi pada pasangan vlogger asal Spanyol, Vicente dan Fernanda oleh 7 pemuda di India, menjadi warning traveling aman di India. Kasus pelecehan seksual di India, sangat tinggi bahkan terjadi di tempat umum yang ramai dengan lalu lalang orang. Bahkan saat kasus itu dilaporkan ke Polisi, jawabannya sungguh…
    Tags: yang, dan, kita, atau, traveling
  • 59
    Jelajahi Dunia dan Hasilkan Uang ala Travel CreatorTravel creator menjadi salah satu profesi yang menggiurkan karena bisa menjelajahi dunia dan menghasilkan uang. Siapa sih yang tidak mau berkeliling dunia dan mendapatkan uang. Sekarang mari kita bicara tentang betapa hebatnya menjadi seorang operator tur dan bagaimana kita bisa dapat mengubah hobi perjalanan kita menjadi sumber pendapatan yang menjanjikan.…
    Tags: dan, kita, yang, untuk, bisa
  • 58
    Cara Menjaga Kesehatan di Bulan RamadanBulan Ramadan adalah untuk meningkatkan keimanan dan memperkuat ibadah kita. Tapi menjaga kesehatan di bulan  Ramadan tetap penting, kan?. Agar ibadah puasa kita di bulan Ramadan tetap lancar, kita harus memperhatikan kesehatan diri kita sendiri. Tips Menjaga Kesehatan di Bulan Ramadan Bagi yang menjalankan puasa, tentu ada tantangan tersendiri dalam…
    Tags: dan, yang, kita, untuk
  • 57
    Manisnya Keindahan Budaya Thekkady, Kerala, IndiaWarisan budaya Thekkady mengundang banyak orang untuk datang berkunjung. Karena Thekkady adalah perpaduan sempurna antara keindahan alam dan kekayaan budaya di Kerala, India Selatan. Thekkady memukau setiap pengunjung dengan panorama alamnya yang memesona dan warisan budayanya yang kaya. Kalau kalian sedang mencari petualangan yang tak terlupakan, Thekkady adalah tempat yang…
    Tags: yang, dan, untuk, bisa
  • 55
    Menu Sahur Praktis, Hari Penuh Energi Berat Badan TerjagaSalah satu kunci menjalani puasa dengan lancar adalah puasa dengan menu sahur praktis dan bergizi yang akan membuat harimu penuh energi dan berat badan terjaga. Buat yang sedang diet atau lagi  menjaga berat badan, bisa tetap berenergi tanpa harus merasa lapar atau lemas saat berpuasa. Kuncinya adalah mengonsumsi makanan seimbang…
    Tags: dan, yang, untuk

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »
HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com