Kini berkunjung ke Perpustakaan takkan lagi membosankan dan bertemu dengan buku-buku tua saja. Kemajuan teknologi kini juga dimanfaatkan oleh pihak perpustakaan, salah satunya Perpustakaan Daerah Sumatera Selatan yang berlokasi di Jalan Demang Lebar Daun 47 Palembang.

Wajah Baru Perpustakaan
Kartu Perpustakaan Daerah

Sejak September 2007, layanan internet gratis dengan fasilitas wifi ternyata mampu menarik minat pengunjung. Bahkan kini Badan Perpustakaan Daerah Sumsel sudah menerapkan pelayanan full sistem digital, fasilitas multimedia karaoke, ruang diskusi, pendaftaran sistem online, kartu anggota seperti kartu ATM, ruang baca khusus anak-anak, cafe yang akan dibangun didalam area Pusda termasuk air mineral yang semua pelayanan tersebut gratis.

Soal keanggotaan sistem digital ini memudahkan kita mencari buku langsung secara online dari luar Perpustakaan seperti di rumah atau kantor hingga warnet, dan langsung memesan buku secara online. Tidak lama lagi, Pusda juga akan melayani layanan antar buku, jadi tak perlu susah-susah lagi ke Perpustakaan :D.

Cukup promosinya, kini permasalahannya masih banyak perpustakaan di Indonesia yang belum memadai, jumlah buku yang kurang, gedung yang tidak nyaman hingga sistem yang diterapkan di perpustakaan yang membuat masih banyak masyarakat kita berkunjung dan memanfaatkan fasilitas Perpustakaan.

Kini saatnya Pemerintah mulai meningkatkan pendidikan baik dari sekolah hingga perpustakaan. Toh “buku adalah jendela dunia, dengan membaca buku semakin banyak wawasan yang kita dapatkan”.

Written by

suzannita

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers