Masker Virus Corona
Health,  Indonesia,  Lifestyle

Tips Hadapi Ancaman Virus Corona

Kasus Novel Coronavirus -Covid19 di Indonesia saat ini sudah di fase Darurat Nasional. Lalu adakah tips hadapi ancaman virus corona ini. Pasalnya masyarakat sudah panik dengan penyebaran Coronavirus. Bahkan kepanikan sudah terjadi sejak awal Maret lalu Pemerintah mengumumkan kasus yang menjadi Pandemi Global ini. Mulai dari masker, hand sanitizer hingga sembako menjadi buruan masyarakat.

Baca juga : Waspada Covid19 – Coronavirus Indonesia

Bahkan Presiden RI, Joko Widodo sudah menginstruksikan masyarakat Indonesia untuk melakukan semua aktivitas dari rumah baik sekolah, kerja maupun ibadah dilakukan di rumah. Hal ini untuk menekan penyebaran virus corona yang terjadi begitu cepat.

Virus Corona Indonesia
Ancaman Virus Corona di Indonesia

Saat ini yang bisa dilakukan adalah melindungi diri dari coronavirus itu sangat penting. Pasalnya saat kita memiliki daya tahan tubuh yang kuat, akan lebih sulit terinfeksi. Selain daya tahan tubuh tentu juga sangat penting melakukan perilaku hidup sehat untuk menangkal penyebaran virus. Untuk mengetahui informasi tentang virus corona, bisa mengakses layanan di Whatsapp ini, cukup dengan mengetik Corona.

Menghadapi ancaman virus corona yang sudah didepan mata haruslah bisa berpikir rasional dan tidak panik berlebihan atau menjadi paranoid atau parno terhadap sesuatu. Pasalnya saat kita panik justru akan memicu stress dan malah berujung pada menurukan daya tahan tubuh.

Scanning Suhu Tubuh Coronavirus

Berikut ini tips menghadapi ancaman virus corona :

1. Hindari Keramaian

Usahakan untuk menghindari keramaian atau acara tempat berkumpulnya massa lebih dari 50 orang. Selain itu jika sudah berada di tempat keramaian seperti saat naik transportasi publik harus lebih berhati-hati. Lebih baik menjaga jarak jika melihat ada yang terlihat sakit (batuk, flu ataupun bersin). Sebaikanya gunakan masker jika berada di keramaian untuk perlindungan diri. Saat ini transportasi umum seperti LRT, MRT maupun Bandara sudah menerapkan prosedur screening pemeriksaan suhu tubuh penumpang. 

2. Cuci tangan dengan sabun antiseptic

Hal lain yang harus diperhatikan adalah mencuci tangan sesering mungkin jika sudah melakukan aktivitas, hendak makan atau setelah memegang yang banyak dipegang  banyak orang. Sebaiknya mencuci tangan dengan sabun antiseptic selama 60 detik dibawah air mengalir. Bisa juga menggunakan hand sanitizer jika tidak ada air dan sabun.

Membawa hand sanitizer bisa menjadi solusi mencegah penyebaran Covid19. Kita juga bisa membuat hand sanitizer sendiri dan sangat mudah dilakukan. Hal ini menjadi solusi ditengah kelangkaan hand sanitizer.

Masker Virus Corona

 

3. Pakai Masker

Sejak awal Maret sudah terjadi aksi memborong masker sehingga stok masker di apotek sudah habis. Gunakan masker jika sakit flu dan batuk ataupun saat berada di tempat keramaian. Jika tidak ada masker N95 bisa menggunakan masker 3 ply. Bahkan jika kedua masker tersebut tidak ada, bisa juga menggunakan masker dari kain.

4. Minum air putih yang banyak

Sebaiknya perbanyak minum air putih agar tubuh kita selalu terhidrasi dengan baik. Saat tubuh terhidrasi dengan baik, kondisi tubuh akan lebih kuat menghadapi ancaman virus. Karena tubuh menjadi lebih lembab dan virus tidak bisa bertahan lama di tenggorokan.

Penyajian Lemon Garlic Chicken

 

5. Makanan Bergizi

Asupan makanan bergizi tinggi sangat penting untuk menunjang kesehatan tubuh. Mulailah dengan melengkapi kebutuhan gizi harian untuk tubuh kita dengan baik dan seimbang, air putih, usahkan ada banyak sayur berwarna dan buah-buahan segar didalam menu makanan kita. Hal ini untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, vitamin dan mineral bagi tubuh. Sebaiknya konsumsi makanan yang sudah dimasak secara matang diatas suhu 80 derajat celcius.

6. Olahraga

Salah satu cara untuk meningkatkan antioksidan adalah dengan berolahraga secara teratur agar agar tubuh menjadi lebih bugar dan sehat serta daya tahan tubuh juga lebih kuat.Lakukan olahraga minimal tiga kali dalam satu minggu. Tidak perlu melakukan olahraga yang berat, cukup dengan olahraga ringan.

Olahraga lari

7. Istirahat yang Cukup

Untuk menjaga kebugaran tubuh agar tubuh senantiasa kuat menghadapi ancaman virus corona. Usahakan tubuh mendapatkan istirahat yang cukup karena saat tubuh lelah ancaman virus lebih mudah datang dan menyerang kondisi tubuh yang lemah.

8. Konsumsi Suplemen

Selain menkonsumsi makanan bergizi, minum air putih, istirahat yang cukup serta olahraga yang teratur. Tubuh kita juga membutuhkan asupan suplemen untuk meningkatkan nilai anti oksidan kita. Selain dari mengkonsumsi banyak sayur dan buah yang mengandung anti oksidan yang tinggi, kita juga bisa menambahkan dengan suplemen untuk melengkapi kekurangan nustrisi dan zat yang di butuhkan.  Suplemen atau nutrisi yang sudah teruji secara klinis seperti :
▶ Tegreen
▶ Reishimax
▶ Cordymax

Suplemen Nu Skin

9. Berdo’a

Hal yang sangat penting dilakukan saat ini adalah berdo’a agar wabah virus corona ini bisa segera berlalu. Dan kita diberikan kesehatan dan kekuatan serta kesabaran menghadapi ancaman virus corona karena semua dari Allah.

Jadi mulai sekarang lakukan pencegahan dari diri sendiri sekarang juga ya.

Related Posts

  • 64
    Sejak terekspos Desember 2019 kasus Novel Coronavirus (Covid19) di Wuhan, China. Semua sudah waspada Covid19 - Coronavirus, Indonesia pun kini demikian. Mata dunia langsung tertuju memberikan perhatian terhadap virus yang menyebar secara massiv. WHO memberikan statement Covid19 sebagai Pandemi Global, berbeda dengan kasus MERS & SARS yang bukan pandemi. Hal…
    Tags: yang, ini, corona, di, virus, dan, indonesia, dari, sudah, untuk

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com
Skip to toolbar