Tempat Wisata Semarang, Tempat Wisata Yang Wajib Dikunjungi di Semarang, Jurnal Suzannita
Semarang,  Tips,  Travelling

Tempat Wisata Yang Wajib Dikunjungi di Semarang

Sharing is caring!

Semarang sudah menjadi salah satu tujuan wisata yang sering dikunjungi karena kota Semarang tidak hanya bisa ditempuh dengan pesawat melalui jalur udara, namun juga melalui jalur darat baik menggunakan kendaraan pribadi hingga transportasi umum seperti bus dan kereta api.

Apalagi Semarang terkenal tidak hanya dengan keindahan alamnya yang begitu mempesona namun juga wisata kuliner dan wisata kekinian yang mengundang banyak orang untuk untuk berkunjung. Jika berkunjung ke kota Semarang, pastikan untuk mengunjungi tempat wisata berikut yang berada di pusat kota Semarang :

1. Lawang Sewu

Apa yang terlintas di benak kalian saat mendengar nama Semarang, tentu yang pertama kali tercetus adalah Lawang Sewu. Destinasi wisata satu ini memang sangat terkenal, bukan saja karena keindahan arsitektur dari bangunan kuno di kota Semarang ini, namun juga karena keangkerannya. Meski demikian masih banyak saja pengunjung yang datang saat di siang hari untuk melihat sejarah bangunan Lawang Sewu.

Tempat Wisata Semarang, Tempat Wisata Yang Wajib Dikunjungi di Semarang, Jurnal Suzannita
Photo by : @anexplorerunaway

Lawang berarti pintu dan Sewu berarti seribu. Seperti namanya Lawang Sewu ini terdapat banyak sekali pintu meskipun jumlahnya tidak mencapai seribu pintu seperti namanya. memiliki banyak pintu walaupun jumlah pintunya tidak mencapai seribu. Jika memiliki nyali kalian bisa mengikuti tur malam di Lawang Sewu ini.

2. Kota Lama Semarang

Tidak hanya Jakarta saja yang memiliki Kota Tua, namun di Semarang juga memiliki destinasi wisata yang menyimpan keindahan bangunan tempo dulu. Jika berada di Semarang pastikan untuk mengunjungi Kota Lama Semarang, kawasan wisata ini hampir serupa seperti Kota Tua Jakarta. Disini kita bisa melihat arsitektur bangunan tua khas peninggalan zaman Belanda yang rata-rata digunakan sebagai kantor pemerintahan.

Tempat Wisata Semarang, Tempat Wisata Yang Wajib Dikunjungi di Semarang, Jurnal Suzannita

Photo by : @adam9aluh 

Berjalan di kawasan Kota Lama Semarang akan membawa kita dalam romansa kota Semarang tempo dulu. Selain itu, bangunan disini terlihat begitu instagramable sehingga kita akan dipuaskan mengabadikan setiap sudut di kawasan ini sambil berjalan kaki.

3. Masjid Agung Semarang

Bagi yang ingin berwisata religi pastikan untuk mengunjungi Masjid Agung Semarang ini. Disini selain bisa beribadah kita juga menikmati pemandangan serta arsitektur masjid yang begitu indah. Bahkan kita juga bisa melihat payung yang bisa membuka dan menutup seperti payung yang ada di Masjid Nabawi. Masjid Agung ini sangat besar memiliki enam payung yang terletak di halamannya.

Tempat Wisata Semarang, Tempat Wisata Yang Wajib Dikunjungi di Semarang, Jurnal Suzannita

Photo by: @saragih_erick

Disini kita juga bisa melihat pemandangan kota Semarang dari atas tower Masjid Agung. Harap berhati-hati dengan lantai Masjid yang cukup panas di siang hari ya. Sehingga sebelum berjalan kita bisa membasahi kaki terlebih dahulu atau menggunakan kaos kaki.

4. Sam Poo Kong

Tidak lengkap ke Semarang, jika tidak berkunjung ke klenteng Sam Poo Kong. Jika di Palembang tempat persinggahan Laksamana Cheng Ho, seorang Laksamana dari Tiongkok yang membawa misi perdamaian. Begitupun dengan Semarang, disini Laksamana Cheng Ho mengobati juru mudi bernama Wang. Sang Laksamana pun melanjutkan perjalanan ke wilayah Timur untuk berdagang keramik dan rempah-rempah sekaligus melanjutkan misi perdamaian.

Tempat Wisata Semarang, Tempat Wisata Yang Wajib Dikunjungi di Semarang, Jurnal Suzannita
Photo by : @fitrirosmayanti

Untuk mengenang Laksamana Cheng Ho dibangunlah Sam Poo Kong yang hingga kini menjadi salah satu destinasi wisata yang sangat terkenal di Semarang. Tidak hanya banyak wisatawan yang berkunjung disini juga banyak juga yang datang untuk sembayang. Karena sudah menjadi kawasan wisata disini banyak penjual yang menawarkan dagangan baik makanan maupun minuman.

5. Jalan-Jalan di Pecinan Semarang

Tidak perlu jauh-jauh ke negeri Tiongkok untuk merasakan atmospher Pecinan. Di kota Semarang ada satu wilayah yang akan membuat kita merasakan seperti berada di Negeri Tirai Bambu. Klenteng Tay Kak Sie di Gang Lombok ini bisa dikatakan pusat pecinan Semarang.

Tempat Wisata Semarang, Tempat Wisata Yang Wajib Dikunjungi di Semarang, Jurnal Suzannita
Photo by : @budidharmoyo

Jika beruntung saat berkunjung ke Tay Kak Sie, pengunjung bisa menonton drama komedi tanpa dialog. Penonton tetap bisa mengerti karena ada narasi pengantar sehingga saat pelakon melakukan aksi pantomim bisa mengikuti dan tertawa terbahak-bahak. Ataupun menonton aneka pertunjukan lainnya seperti musik tradisional China, menonton seni Wushu ataupun Wayang Cina. Disini juga terdapat penjual lumpia legendaris yang sangat terkenal. Pastikan untuk mencicipi lumpia tersebut ya.

6. Pasar Malam Semawis

Saat berlibur ke Semarang memang tidak lengkap rasanya jika tidak berwisata kuliner. Salah satu tempat untuk memanjakan lidah ada di Pasar Malam Semawis Semarang yang buka setiap akhir pekan yakni mulai hari Jumat hingga Minggu. Kawasan ini letaknya berdekatan dengan Gang Lombok, pusat Pecinan di Semarang.

Tempat Wisata Semarang, Tempat Wisata Yang Wajib Dikunjungi di Semarang, Jurnal Suzannita

Photo by : @genugraha

Pasar Semawis ini merupakan surga kuliner di Semarang. Ada banyak makanan yang bisa ditemukan disini mulai dari makanan khas Semarang yang langka, makanan tradisonal Semarang hingga makanan kekinian juga tersaji disini. Mulai dari Soto Semarangan, aneka jajan pasar, ayam panggang, sate, es duren, es krim kelapa muda, es kembang tahu, pisang plenet, hingga jamu dan salad bisa ditemukan disini. Sehingga Pasar Semawis memuaskan selera keluarga mulai dari ayah, ibu, anak hingga kakek nenek.

Tempat Wisata Semarang, Tempat Wisata Yang Wajib Dikunjungi di Semarang, Jurnal Suzannita

Sudah tidak sabar lagi untuk jalan-jalan ke Semarang, yuk langsung booking tiket dan hotel di Semarang. Bagi yang bingung mencari hotel murah di Semarang kalian bisa menggunakan fitur pencarian hotel dari Pegipegi.

Disini kita mencari hotel berdasarkan bintang hotel seperti bintang satu sampai bintang lima. Ataupun ingin mencari berdasarkan lokasi misal di wilayah Simpang Lima atau Bendungan juga bisa. Selain itu kita juga memfilter berdasarkan tarif kamar. Sehingga kita bisa mendapatkan kamar sesuai dengan keinginan.

Selamat berlibur di Semarang ya.

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers

15 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com