Uncategorized

SITU GINTUNG RIWAYATMU… ???

Sharing is caring!

situ-gintung

Kawasan wisata Situ Gintung mempunyai keanekaragaman flora dan fauna. Yang menjadi ciri khas adalah berupa Ikan Beloso. Kita bisa berolahraga, memancing dan berperahu. Beragam fasilitas seperti rumah makan, perahu layer, motorboat, taman rekreasi, lapangan tennis, kolam renang dan pondok wisata.

situ-gintung21Bahkan pernah terpikir oleh diriku untuk melakukan foto session di lokasi tersebut.

situ-gintung7

Namun sayang pemandangan diatas sudah tidak bisa dilihat lagi di kawasan Danau Situ Gintung setelah tragedi mengerikan terjadi di kawasan konservasi alam tersebut.

Tragedi yang terjadi 27 Maret 2009 tersebut hingga kini telah menewaskan lebih dari 99 orang dan masih banyak korban yang hingga kini belum ditemukan.

Keluarga korban menanti dengan cemas. Mereka berharap petugas secepatnya menemukan keluarga yang hilang.

Untuk mencari korban tewas maupun hilang, petugas mengerahkan 6 alat berat berupa beko dan mobil amfibi milik TNI yang bisa berjalan di tanah licin. Alat berat ini mengeruk tanah di sisi anak Kali Pesanggrahan.

Tidak hanya korban jiwa dari kejadian ini, tapi juga korban materiil, rumah tempat bernaung kini telah hilang diterjang air.

Pemandangan miris terjadi saat banyak pengunjung yang datang untuk menyaksikan lokasi jebolnya tanggul situ gintung. Entah apa yang ada di pikiran mereka, ditengah duka melanda seperti saat ini. Hal ini pun membuat tim SAR kesulitan melakukan pencarian. Lokasi ini pun berubah menjadi tempat wisata baru.

situ-gintung3

Kini banyak pihak bertanya ini SALAH SIAPA ??? Karena peringatan terhadap bencana ini telah ada sejak September 2008 ketika air di tanggul mulai merembes, dari retakan di tanggul tersebut.

situ-gintung4

Fungsi tanggul yang awalnya sebagai penampungan untuk irigasi kini berganti sebagai penampungan air hujan dan aliran air seperti dari Bogor. Areal persawahan kini berganti dengan perumahan penduduk.

situ-gintung5

Jika bertanya salah siapa ,  korban situ gintung yang kehilangan keluarga dan tempat tinggal serta harta bendanya yang lain, akan menuntut pemerintah yang lalai terhadap bencana.

Sementara pemerintah kembali akan membangun situ gintung sebagai kawasan konservasi alam, dan akan merelokasi perumahan penduduk yang ada di situ gintung tersebut.

Semoga seluruh korban yang mendapatkan cobaan ini dapat bersabar dan tentunya kita bisa mengambil hikmah dari semua kejadian ini.

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com
Skip to toolbar