Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring
ASIAN Games 2018,  Lifestyle,  Palembang

Yuk ke Palembang Lihat Asian Games 2018

Sharing is caring!

Yuk ke Palembang lihat Asian Games ke 18/2018 yang akan digelar pada 18 Agustus hingga 2 September mendatang. Pesta olahraga terbesar di Asia tersebut telah mencuri perhatian sejak Indonesia diumumkan sebagai tuan rumah.

Bagaimana tidak setelah lebih dari 50 tahun akhirnya Indonesia kembali dipercaya sebagai tuan rumah Asian Games. Indonesia pertama kali menjadi tuan rumah Asian Games ke-4 pada tahun 1962. Bahkan berhasil meraih prestasi terbaiknya  yakni mendapatkan peringkat kedua dengan 21 medali emas, 26 perak dan 30 perunggu.

Kini kurang dari 50 hari, Indonesia akan kembali mengukir sejarah. Berbagai persiapan baik dari venue cabang olahraga yang dipertandingkan, sarana infrastruktur pendukung hingga demam Asian Games di Indonesia umumnya, Jakarta dan Palembang khususnya.

Jakabaring Sport City

Kompleks olahraga terpadu Jakabaring Sport City telah diakui internasional, tidak hanya menggelar event pertandingan olahraga di tingkat Asia namun juga dunia. Berbagai venue tidak hanya terbaik di Asia namun juga di dunia terdapat di JSC. Mulai dari stadion utama Gelora Sriwijaya Jakabaring yang juga markas Sriwijaya FC.

Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring
Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring

Baca juga : Wisata ke Taman Rusa Jakabaring Sport City, Palembang

Di kawasan Jakabaring Sport City terdapat berbagai fasilitas seperti Sport Science Centre, Wisma Atlet, venue Tenis, venue atletik, venue aquatic, venue menmbank hingga venue bowling, venue rowing, venue voli pantai, sepatu roda dan panjang dinding. Selain fasilitas olahraga di Jakabaring Sport City juga terdapat danau, taman dengan kanal-kanal yang cantik termasuk taman rusa.

Venue Asian Games 2018

Pada Asian Games ke-18 ini, dari 40 cabang olahraga yang dipertandingkan, Palembang dipercaya sebagai tuan rumah untuk   10 cabor. Diantaranya menembak, rowing, kayak, voli pantai, sepak bola wanita, tenis, soft tenis, triatlon, sepak takraw, dan bowling.

Jakabaring Rowing Lake
Venue Dayung

Seluruh venue yang akan digunakan saat ini sedang tahap penyelesaian. Rencananya Presiden RI, Joko Widodo akan meresmikan  venue dayung, venue bowling  termasuk venue menembak pada 14 Juli mendatang. Venue yang ada dikawasan Jakabaring Sport City sendiri merupakan yang terbaik di Asia maupun di dunia.

Jakabaring Bowling Center
Venue Bowling

Athlete Village Jakabaring Sport City

Di Jakabaring Sport City, Palembang sendiri terdapat  perkampungan atlet atau athlete village yang bisa menampung lebih dari 1.000 atlet dan official peserta Asian Games 2018. Ada tiga tower di athlete village ini dengan setiap tower terdiri dari 123 kamar dan bisa menampung tiga orang per kamar. Di dalam kamar tersebut juga dilengkapi dengan pantry dan teras.

Untuk menjamin keamanan, di pintu utama athlete village ini ada alat pemindai/scanner tubuh. Hal ini dilakukan agar  keamanan atlet dan ofisial selama berada di kawasan ini terjamin. Di kawasan ini juga ada Dinning Hall dan Rusunami yang terintegrasi dengan tingkat keamanan tertinggi.

LRT Transportasi Asian Games 2018

Light Rail Transit Palembang, Sumsel merupakan sarana transportasi utama yang akan digunakan oleh atlet dan official Asian Games 2018 dari Bandara SMB II Palembang menuju Jakabaring Sport City.

Suzan didepan LRT Palembang

Baca juga : Uji Coba LRT di Palembang Rasakan Jadi Penumpang Pertama

Jalur LRT sepanjang 23,4 km ini memiliki 13 stasiun yang akan beroperasi selama 18 jam mulai dari pukul 4 pagi hingga pukul 11 malam.

Semarak Asian Games 2018

Semarak Asian Games 2018 di Palembang makin terasa mendekati hari-H. Bahkan branding Asian Games bisa terlihat di seluruh sudut kota. Mulai dari maskot Asian Games, banner, spanduk, signage mulai dari bandara, perkantoran, mall hingga di sepanjang jalan. Bahkan tian LRT juga dibranding dengan Asian Games.

Baca juga : Melihat Venue Asian Games 2018 Dengan Fun Run

Selain itu dukungan nyata terhadap Asian Games sudah ditunjukkan oleh masyarakat Palembang. Sebanyak 72 kampung di 18 kecamatan di kota Palembang menyulap Kampung mereka menjadi Kampung Asian Games.

Kampung Cempaka Asian Games 2018

Kampung yang semula kumuh dicat dengan warna-warni lengkap dengan ornamen Asian Games. Mulai dari maskot Asian Games Bhin Bhin, Atung dan Kaka, bendera peserta Asian Games hingga mural yang bertemakan Asian Games.

Kampung Cempaka Asian Games

Wah makin tidak sabar ya menyaksikan perhelatan akbar Asian Games 2018. Meski masyarakat Palembang tidak bisa menyaksikan opening dan closing karena hanya digelar di Jakarta. Namun itu tidak mengurangi euforia kebanggaan masyarakat Palembang karena digelarnya Asian Games 2018 di Palembang.

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers

12 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com
Skip to toolbar