Road Trip Seru dan Menyenangkan Naik Bus

Sharing is caring!

Jika kalian berpikir road trip atau jalan-jalan lewat jalur darat dengan naik bus itu membosankan, kalian salah besar karena ada banyak hal seru dan menyenangkan saat naik bus.

Road trip dengan menggunakan bus memberikan banyak manfaat yang bisa saya rasakan, apalagi jika tidak diburu waktu dan bersama teman perjalanan yang menyenangkan tentunya semakin tidak terasa saja jika ternyata sudah tiba di lokasi tujuan.

Bus malam memberikan layanan berbeda sesuai pilihan kelas seperti kelas ekonomi, bisnis, eksekutif, dan super eksekutif. Ada bus yang menggunakan konfigurasi 2-2 kursi atau 3-3 kursi. Selain itu ada juga fasilitas AC, TV / DVD, kursi malas, selimut, dan toilet.

Sedangkan untuk kelas eksekutif ada fasilitas kabin bus yang lebih luas karena hanya memiliki 32 kursi. Bahkan ada kelas super eksekutif dengan 28 kursi bisa menikmati lebih banyak fasilitas seperti AC, TV / DVD, kursi malas, GPS, WiFi gratis, selimut, dan toilet. Selain memberikan snack ada juga bus yang menyediakan makan malam gratis bagi penumpangnya.

Baca juga : Bermain di Trans Studio Bandung

Road Trip Bandung

Ada banyak alasan yang membuat road trip adalah hal yang menarik untuk dilakukan:

1. Semakin kompak dan akrab (saat bepergian dengan keluarga atau teman)

Road trip bersama teman, keluarga, atau pasangan tentu akan terasa mengasyikkan. Pasalnya perjalanan yang panjang itu memberikan waktu yang sangat baik untuk meningkatkan keakraban dan kekompakan dan membuat jalinan dalam suatu hubungan, persahabatan, dan keluarga semakin erat. Pasalnya menghabiskan waktu di perjalanan memberi ruang bagi kita untuk dapat mengobrol, bercanda satu sama lain dan melakukan hal-hal konyol bersama.

2. Menikmati Pemandangan

Saat road trip naik bus kita akan melewati banyak daerah, termasuk daerah yang belum dikunjungi ataupun daerah terpencil sekalipun. Kita bisa menikmati pemandangan indah mulai dari sawah, padang rumput, hutan dan gunung. Dan tentunya kita tidak menikmati keindahan alam semacam ini jika kita memilih naik pesawat. Tidak hanya menarik mata untuk dilihat, kita bisa menikmati udara segar. Bahkan pemandangan alam itu menjadi obyek yang menarik untuk difoto. Bagi penyuka fotografi, tentu ini menjadi hal menyenangkan karena bisa berburu foto yang bagus dan unik. Atau setidaknya, kita bisa selfie dan mengunggah ke media sosial.

Foto dari atas bus

3. Fleksibel

Saat naik bus, kita tidak terikat dengan jadwal dan peraturan ketat dari maskapai atau perusahaan. Mulai dari keberangkatan, rute, dan lainnya. Bahkan jika telat dan menghubungi bus nya, kita akan tetap ditunggu dan tidak ditinggalkan jika naik pesawat. Termasuk saat berada di rest area, jika kita masih berada di toilet, kita juga akan tetap ditunggu.

4. Bertemu Orang Baru dan Tempat Wisata Baru

Saat naik bus, kita bisa bertemu dengan orang baru dan hal baru baik saat berada di dalam bus, mulai dari penumpang lain didalam, pedagang yang berjualan didalam bus saat di terminal atau pinggir jalan, bertemu orang yang makan di restoran saat di rest area ataupun di masjid ketika shalat. Sehingga ini menjadi kesempatan kita berinteraksi dengan orang-orang baru. Bahkan kita bisa bertemu tempat wisata baru yang belum tentu bisa kita temui saat kita melakukan perjalanan dengan menggunakan pesawat.

Photo by mas Bolang

5. Waktu untuk Refleksi / Introspeksi Diri

Waktu yang panjang saat naik bus juga memberikan kesempatan bagi kita untuk refleksi, introspeksi diri dan berpikir. Semakin lama perjalanan, semakin banyak peluang bagi kita untuk berpikir dan berefleksi. Selain merefleksikan masalah, kita bisa mengingat apa yang telah terjadi, kesalahan yang telah dibuat, dan pelajaran serta hikmah apa yang dapat diambil dari masalah tersebut.

6. Wisata Kuliner

Saat road trip juga memberikan keuntungan lain kita bisa berwisata kuliner berbagai jenis masakan daerah yang kita lewati. Tentunya kita bisa mencoba makanan baru sembari istirahat dan sekaligus bisa membeli oleh-oleh.

Burung Puyuh

7. Rasakan Sensasi Naik Bus Berbagai Kelas

Saya pernah menjajal perjalanan naik bus baik dari antar kota, antar provinsi maupun antar negara dan semuanya memberikan pengalaman yang tidak terlupakan kalau mengingatnya bisa tersenyum bahagia. Saya sudah jalan-jalan naik bus ini sejak zaman masih menjadi atlet, study tour saat kuliah hingga hanya sekedar jalan-jalan. Mulai dari bus ekonomi hingga bus eksekutif pun sudah pernah saya rasakan.

Rencanakan Liburan

Bagaimana kalian sudah siap menjelajah dengan menggunakan bus, ayo siapkan tiket bus kalian. Untuk tujuan perjalanan di pulau Jawa saja ada banyak perusahaan bus yang melayani salah satunya seperti PO Gajah Mulia Sejahtera. Perusahaan bus ini melayani rute antarkota dan antarprovinsi (AKAP) dari Jabodetabek ke berbagai kota di Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Timur.

Saat ini para calon penumpang tidak perlu repot memesan langsung di terminal namun kini tiket bus Gajah Mulia Sejahtera ini bisa pesan langsung secara online loh.

21 comments

  1. Raisa Hakim Reply

    Bus sekarang juga kan udah modern ya mbak jadi seru banget perjalanan pakai bus apalagi kalau sama temen2 seru pasti. Btw itu puyuh sangrai ya 😁 tenar banget di Bandung

  2. Dwita wahyuni Reply

    Setuju banget aku kalo perjalanan rombongan naik bus itu seru banget, di daerahku pun kegiatan pemuda dan pemudinya lebih sering naik mini bus gitu bebs, tergantung jumlah org yg ikut sihhh kalo bnyk yg ikut sewa bus yg lebih besar… kalo dulu2 kan naik motor gitu, nahh kadang jadi suka was-was kalo ada anggota yg tertinggal gitu apalagi ngajak ciwi-ciwi yg msh imut2, cz kalo mereka ada knp2 dijalan yg disalahin duluan pasti yg senior wkwkk.. dan aku yg termasuk senior #ketahuandehh, jd kalo naik bus lebih nyaman jd bisa main2 gitu dlm bis hehhe

  3. Helena Reply

    aku jarang banget naik bus kalau pergi jauh. Udah punya anak jadi mikir-mikir, nanti kalau anakku bosan gimana. Palingan ngetrip naik bus Transjakarta aja. Hehehe

    • diane Reply

      wahh aku termasuk bis mania nih… hahah apalagi kalau 1 bis isinya temen kita semua hahah.. dijamin seru dan unforgettable..

  4. Zefy Arlinda Reply

    wisata kuliner, iyes
    eh BTW aku belum pernah lho ikutan road trip, seru ya kayaknya hmmmm

  5. lendyagasshi Reply

    Nainii…seru-seruan naik bis bersama sahabat-sahabat.
    Pasti menjadi pengalaman tak terlupakan.

    Dan…
    Ada Wi-Fi yang bikin naik bis tanpa matigaya.
    Eaaa~

  6. April Hamsa Reply

    Udah lama gak naik bus eui.
    Tapi emang seru naik bus bisa lebih menikmagti pemandangan. Btw ini perusahaan busnya bisa ya berarti disewa kalau buat piknik sekolah anak atau piknik emak2 bareng gtu? hehe
    Penasaran biaya sewanya 😀

  7. Siti nurjanah Reply

    Saat roadtrip menggunakan bus saya lebih suka perjalanan saat malam soalnya bisa dimanfaatkan utk istirahat/tidur
    Kalau siang bawaannya ngemil melulu
    Hehehe

  8. Naqiyyah Syam Reply

    Liburannya seru banget ya bisa kemana aja nih, emang menyenangkan Mbk kalau naik bis rame-rame. Aku sih sering juga nih naik bis pas mudik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.