Review,  Review Film

Review Film Sang Penari

Sharing is caring!

Review Film Sang Penari

Berawal dari rasa penasaran atas rekomendasi teman-teman yang mengatakan film Sang Penari bagus. Saya pun nekat menonton film ini sendirian. Hasilnya, meski film ini masuk kategori bagus dan layak ditonton, ternyata saya hanya menonton bersama 9 penonton lainnya sementara studio itu berkapasitas lebih dari 250 seat.

Film ini mengisahkan sang ronggeng – dipanggil Jeng Nganten- yang mati gara-gara racun dari tempe bongkrek, Dukuh Paruk pun sepi. Tak ada lagi tarian rongggeng dan suara tetabuhan calung atau gamelan di dukuh itu. Dukuh Paruk sunyi, bahkan seperti kampung mati.

Adalah Srintil (Prisia Nasution) seorang gadis kecil yang memiliki orangtua pembuat tempe bongkrek. Sang orangtua  ikut meninggal bersama para penduduk Dukuh Paruk. Bersama teman dekatnya Rasus (Oka Antara), Srintil tumbuh menjadi gadis yang bermimpi menjadi ronggeng.

Rasus tak ingin Srintil menjadi ronggeng di Dukuh Paruk karena menjadi ronggeng berarti harus siap menjadi milik Dukuh Paruk. Sementara Srintil ingin menjadi ronggeng untuk menebus rasa bersalahnya, sehingga Srintil ingin mengabdi dan membalas budi kepada warga dukuhnya.

“Aku tak mau kau menjadi pohon kelapa yang setiap orang bisa menaikimu – Rasus”

Film ini terinspirasi dari novel ‘Ronggeng Dukuh Paruk’ karya Ahmad Tohari. Saya belum membaca novel ini dan karena nonton film ini, saya pun tertarik untuk membaca novel tersebut.

Meski menyajikan kisah cinta Rasus dan Srintil namun di film ini juga bercerita kisah kelam masyarakat Dukuh Paruk yang ikut terseret peristiwa G30S PKI. Beberapa warga yang tak tahu apa-apa terpaksa menjadi korban.

Film produksi Salto Film Company ini menyuguhkan sajian berbeda dalam dunia perfilman Indonesia. Bintang papan atas seperti Slamet Rahardjo, Landung Simatupang, Dewi Irawan, Tio Pakusadewo, Lukman Sardi, Happy Salma, dan Teuku Rifnu Wikana ikut memperkuat film ini dengan akting mereka.

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com
Skip to toolbar