Event

Palembang Kota Terang Hemat Energi

Sharing is caring!

IMG 109

Jembatan Ampera yang merupakan kebanggaan wong Palembang, Sabtu malam (18 Mei 2013) berubah menjadi begitu menakjubkan. Pendar warna warni dari merah, orange, hijau, biru, pink hingga menjadi pelangi menghiasi jembatan peninggalan zaman Soekarno itu. Warna itu bergantian menyinari dan mempercantik Ampera.

IMG_5533

Philips, perusahaan terdepan dalam bidang tekhnologi perlampuan ini memberikan perubahan besar bagi ikon kota palembang sehingga membuatnya semakin memukau. Keindahan Jembatan Ampera dengan pencahayaan yang tinggi dan tidak boros energi menjadi solusi yang ditawarkan oleh Philips. Setidaknya digunakan 20 unit lampu LED dari tiga jenis produk lampu LED Philips yakni ColorRich Powercore mampu mengatur warna sesuai dengan keinginan, dengan daya 250 watt.

IMG_5579

Ada juga lampu penyusun blast power core sebanyak 20 titik dan 10 titik lampu LED jenis Colour Grave. Jika selama ini untuk penerangan jembatan Ampera membutuhkan biaya hingga 1 miliar per tahun, namun kini dengan teknologi Philips LED biaya tersebut bisa dihemat Rp 260 juta per tahun. Sehingga konfigurasi warna yang mempercantik Ampera ini sangat memberikan efisiensi biaya listrik. Selain lampu Philips LED tersebut, Philips juga mengajak masyarakat Palembang untuk beralih ke lampu Philips LED untuk penggunaan rumah tangga, lampu Philips LED yang bisa bertahan hingga 15 tahun, hemat energi sampai dengan 85%, tidak merusak mata dan hemat biaya tentu inilah konsep Kota Terang Hemat Energi yang diusung Philips untuk kota Palembang.

IMG_5578

Penyalaan lampu Philips LED “Kota Terang Hemat Energi” dilakukan langsung oleh Walikota Palembang, Eddy Santana Putra dan jajaran Direksi Philips sekitar pukul 19.00. Landmark Palembang, Ampera sepanjang 1,1 km dengan tinggi 207 km diatas permukaan laut berubah menjadi terang benderang. Bahkan warnanya bisa berubah hingga 18 juta warna dalam kondisi cuaca apapun.

IMG_5557

Philips berkeinginan memperindah sebuah kota dengan solusi berkelanjutan. Sejak siang Benteng Kuto Besak sudah dipadati oleh masyarakat Palembang yang ingin menyaksikan dan memeriahkan acara “Kota Terang Hemat Energi” bersama Philips LED. Pengunjung bisa melihat pameran teknologi Philips, LED Garden, Bazaar Philips dengan diskon menarik, hingga bazaar komunitas.

IMG_5556

Selain itu pengunjung juga menyaksikan kompetisi Touch The LED. Setelah melewati seratus semifinalis. Akhirnya Idris berhasil membawa pulang Honda Brio karena menjadi peserta terlama yang menyentuh lampu Philips LED yang terbukti tidak panas saat disentuh.

IMG_5586

Suasana semakin bertambah meriah dengan konser Kota Terang Hemat Energi bersama Philips LED. Ribuan warga kota palembang sangat antusias menyaksikan konser tersebut. Mulai dari Syahrini, JKT 48, Mulan Jameela, Ada Band dan Super Girlies. Raffi ahmad, Jessica Iskandar dan Denny Cagur yang memandu acara tersebut membuat suasana semakin bertambah meriah.

IMG_5544

Untuk di Palembang, Philips dan pemerintah kota telah memasang lampu berbasis teknologi LED di bundaran air mancur Palembang, kantor Walikota, Taman Kambang Iwak, Masjid Ki Muaro Ogan, Masjid Al-Ghozali, dan Masjid Lawang Kidul, hingga Jakabaring.

Philips sebelumnya telah menyinari icon kota lainnya, seperti Monumen Nasional (Monas) Jakarta, Tugu Pahlawan, Surabaya dan Jembatan Suramadu, dan Kini di Palembang.

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com
Skip to toolbar