Malaysia,  Travelling

Batu Caves

Sharing is caring!

IMG_6092

 

Batu Caves adalah tempat suci umat Hindu di Kuala Lumpur. Meski sudah berulang kali ke Malaysia, tapi inilah kali pertama saya mengunjungi tempat ini.  Saya datang sekitar pukul 7 waktu Malaysia. Hari masih sangat terang tapi sudah tidak panas.

IMG_6093

Kawasan ini terletak sekitar 13 km dari kota Kuala Lumpur, beruntung saat menuju kesini, saya tidak terjebak kemacetan yang sering terjadi di kawasan ini setiap harinya.

IMG_6096

Setiba disini, yang saya lihat adalah patung Dewa Murugan yang menjulang tinggi sekitar 43 meter.

IMG_6099

Patung ini kabarnya menjadi patung dewa Hindu yang tertinggi di dunia dan setiap tahunnya di bulan Februari digelar festival Thaipusam di Batu Caves.

IMG_6103

Teman saya memberikan waktu 30 menit untuk melewati tantangan naik ke atas gua. Sebanyak 272 anak tangga yang harus dilewati untuk sampai ke gua sebagai tempat ibadah suci umat Hindu di Malaysia.

IMG_6107

Didalam Batu Caves, terdapat gua utama dan satu gua kecil. Ini bukanlah akhir perjalanan karena kedalam gua dan disana masih ada sejumlah anak tangga yang harus dilewati dan tiba di Sri Subramaniar Temple.

IMG_6111

Gua ini memang terbentuk secara alami, dan terdapat ceruk yang menjulang ke atas dan menjadi lubang udara ke dalam gua ini.

IMG_6113

Hal yang saya tidak sukai adalah bau dari tempat sembahyang umat Hindu ini. Tapi yang terpenting saya sudah menyelesaikan tantangan ini.

IMG_6090

Jika anda ingin membeli oleh-oleh disini terdapat kedai yang menjual beragam pernak pernik oleh-oleh khas Batu Caves atau Malaysia sekalipun.

 

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com
Skip to toolbar