Didalam Kereta Api

Hits: 129

Bagi yang ingin melakukan perjalanan bisa memilih kereta api, kita bisa nikmati solo traveling naik kereta api tidak hanya bepergiaan bersama teman-teman dan keluarga. Kereta api kini menjadi salah satu moda transportasi yang nyaman dan aman digunakan banyak orang. Karena ada sensasi yang berbeda yang bisa kita rasakan selama perjalanan dengan kereta api dan memberikan pengalaman yang mengesankan.

Stasiun Kereta Api Kertapati Palembang

Meskipun demikian tentu saja kita harus mengetahui dengan jelas seperti apa persiapan yang dilakukan sebelum memutuskan solo traveling naik kereta api. Berikut ini tips solo traveling naik kereta api agar perjalanan jadi lebih aman dan nyaman:

1. Rencanakan perjalanan jauh hari

Persiapan menjadi hal utama bagi yang melakukan solo traveling. Begitupun dengan menggunakan kereta api. Tentunya dengan melakukan persiapan jauh-jauh hari kamu bisa sesuaikan jadwal keretamu. Karena dengan merencanakan jauh hari juga bisa mendapatkan tempat duduk yang kita inginkan termasuk juga harga yang lebih murah dibandingkan jika berangkat mendadak.

Usahakan untuk memilih perjalanan di pagi atau siang hari karena ini adalah waktu terbaik bepergian naik kereta api. Sehingga kita bisa menyesuaikan saat memesan tiket kereta api. Tentu saja kita bisa menikmati perjalanan dengan pemandangan alam dari balik jendela kereta api. Berbeda jika di malam hari kita tidak bisa menikmati pemandangan selama perjalanan di kereta api.

Suasana di dalam kereta

 

2. Tiba lebih awal saat check-in

Sebaiknya bagi yang berangkat sendirian, agar tiba lebih awal di stasiun kereta api untuk melakukan check-in. Hal ini dilakukan agar menghindari antrian panjang saat boarding. Selain itu kita juga mengetahui situasi dan kondisi di lapangan. Termasuk bisa memperhatikan dengan dengan seksama informasi nama kereta, stasiun asal dan stasiun tujuan, nomor kursi, serta jadwal keberangkatan. Hal dilakukan agar kita tidak keliru naik kereta. Apalagi bagi yang solo traveling dan baru pertama kali naik kereta api. Tanyakan kepada petugas tentang nama kereta, gerbong dan nomor kursi sehingga memudahkan naik kereta.

3. Membawa barang bawaan secukupnya

Bagi yang solo traveling ada hal yang harus diperhatikan yakni barang-barang yang kita bawa jangan sampai berlebihan. Sebaiknya bagi yang solo traveling hanya membawa dua barang bawaan. Selain itu usahakan juga bawa keperluan pribadi yang dibutuhkan saat perjalanan. Jika membawa dua tas, satu tas digunakan untuk membawa baju atau barang yang tidak begitu diperlukan selama perjalanan dalam kereta api. Sedangkan satu tas lain berisikan keperluan pribadi yang digunakan saat perjalanan seperti dompet, makanan, minuman dan obat-obatan.

Penumpang Kereta Api

4. Bawa makanan dan minuman untuk bekal perjalanan

Meskipun di kereta api kita bisa membeli makanan di kereta makan, namun tidak ada salahnya kita membawa makanan dan minuman untuk bekal di perjalanan.  Sehingga kita tidak akan kelaparan selama perjalanan. Sebaiknya bawa bekal makanan seperti roti, crackers atau kue yang cepat dimakan tanpa perlu repot dipanaskan atau dimasak terlebih dahulu.

5. Membawa obat-obatan pribadi

Jika melakukan solo traveling sebaiknya bawa obat-obatan pribadi yang bisa segera dikonsumsi saat merasa tidak enak badan. Karena saat solo traveling kita harus bisa menolong diri kita sendiri. Sebaiknya obat-obatan pribadi disimpan di tas kecil sehingga jika dibutuhkan langsung bisa dikonsumsi. Selain itu karena traveling sendirian, sebaiknya menginformasikan kepada petugas jika merasa tidak enak badan. Apalagi jika memiliki penyakit tertentu, yang membutuhkan pengobatan atau perawatan khusus seperti sesak napas atau asma.

Merajut di Kereta
Merajut di Kereta

6. Membawa buku atau barang kerajinan 

Selama perjalanan untuk mengatasi rasa bosan kita bisa membaca buku, surfing di internet atau membuat barang kerajinan selama perjalanan. Hal ini dilakukan untuk mengisi waktu setelah beristirahat. Sehingga perjalanan bisa menjadi menyenangkan dan tidak membosankan.

7. Lebih berhati-hati pada orang yang tidak dikenal

Melakukan solo traveling berarti kita bertanggung jawab pada keselamatan kita sendiri. Sehingga kita harus lebih waspada dan berhati-hati pada orang yang tidak dikenal. Karena selama perjalanan di kereta api tentu kita akan bertemu dengan banyak penumpang dengan beragam karakter dan sikap. Sehingga sebaiknya jangan mudah percaya pada orang yang tidak dikenal. Hal ini sangat penting untuk menjaga keamanan dan keselamatan kita selama dalam perjalanan. Jangan pernah berbagi informasi pribadi kepada mereka. Jika ada hal yang mencurigakan sebaiknya laporkan kepada petugas.  Jadi jangan segan meminta bantuan petugas ya.

Itu tadi beberapa hal yang bisa kita lakukan agar kita bisa menikmati solo traveling naik kereta api ya.

Look for anemia. cialis drug But complete pain relief , the need for antithrombin therapy while antibodies are present characteristic chest pain.

Related Posts

  • 32
    Cuci Muka dengan TeknologiSejak kenal ageLOC LumiSpa aktivitas mencuci muka jadi menyenangkan karena dengan LumiSpa bisa membersihkan kulit wajah dari kotoran, debu dan sisa makeup serta sel kulit mati hanya dalam waktu 2 menit saja. Aktivitas mencuci muka menjadi  salah satu hal wajib untuk mendapatkan tampilan kulit yang bersih dan sehat. Namun terkadang…
    Tags: dan, dengan, yang, naik, kereta

Written by

suzannita

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers