Suzan Melihat Gerhana Bulan
Event,  Lifestyle,  Palembang

Momen Gerhana Bulan Total di Palembang

Sharing is caring!

Peristiwa gerhana bulan total pada 31 Januari 2018 lalu adalah salah satu fenomena langkah di dunia. Saya pun tidak mau melewatkan momen tersebut. Untuk menyaksikan gerhana bulan ini, saya menyempatkan diri datang ke Taman Wisata Kerajaan Sriwijaya. Disini pihak pengelola menggelar event nonton bareng gerhana bulan tersebut hingga pelaksanaan shalat gerhana.

Saya tiba pukul 6 sore, saat itu pihak pengelola melakukan peresmian wahana air. Sebelumnya pada akhir 2017 lalu, TWKS meresmikan Pulau Cempaka. Sehingga untuk melengkapi destinasi wisata ini dilengkapi dengan wahana air berupa perahu ketek dan perahu rakit.

Gerhana bulan ini sendiri sebagai Super Blue Bloodmoon yang pernah terjadi 152 tahun lalu. Ada 3 fenomena sekaligus yang bisa disaksikan yakni:
? Supermoon yakni saat bulan terlihat lebih besar dan lebih terang karena saat itu merupakan jarak bulan terdekat dengan Bumi.
? Bluemoon adalah peristiwa bulan purnama kedua yang terjadi dalam satu bulan masehi.
? Bloodmoon adalah bulan berwarna merah darah selama gerhana bulan total.

Super Blue Bloodmoon adalah fenomena gabungan dari Supermoon, Bluemoon dan Bloodmoon.

Di TWKS, para pengunjung bisa melihat secara langsung gerhana bulan total karena momen gerhana ini terlihat jelas secara kasat mata. Fase gerhana mulai terjadi pukul 18.30 WIB. Disini bagi pengunjung muslim diajak melaksanakan ibadah shalat gerhana secara berjamaah. Para pengunjung diajak untuk berdoa bersama sebelum menyaksikan super blue blood moon.

Fase gerhana total berlangsung selama 1 jam 16 menit dan merupakan salah satu durasi gerhana terlama dalam abad ini. Fenomena ini pernah terjadi 152 tahun lalu tepatnya pada 31 Maret 1866. Fase Penumbra terjadi pada pukul 19.30 WIB, saat itu bulan terlihat berwarna putih cerah sebagian. Lalu satu jam kemudian, gerhana bulan menginjak fase Blood Moon, bulan mulai berwarna merah membara pada pukul 20.30 WIB.

Cuaca yang cerah di Palembang terutama di Taman Wisata Kerajaan Sriwijaya membuat kami bisa menyaksikan langsung momen tersebut.

Menurut Kepala BMKG Palembang, Nuga Putrantiyo yang langsung hadir di TWKS  fenomena ini terbilang langka karena kita bisa menyaksikan  super blue blood moon. Ada peristiwa sekaligus yakni supermoon, saat bulan terlihat lebih besar dan lebih terang karena jarak bulan terdekat dengan bumi. Bluemoon merupakan peristiwa bulan purnama kedua yang terjadi dalam satu bulan masehi dan bloodmoon saat bulan berwarna merah darah selama gerhana bulan total.

Antusiasme pengunjung terlihat jelas dengan banyaknya yang datang langsung untuk menjadi saksi mata fenomena langka ini bahkan ada juga pengunjung dari luar negeri seperti dari Malaysia.  Adila dan Hazman sengaja datang dari Malaysia ke TWKS untuk menikmati gerhana bulan. Adila mengaku sedang berlibur ke Palembang dan diajak untuk menikmati gerhana bulan ini bersama sepupunya. Adila mengaku sangat senang bisa menyaksikan gerhana bulan total ini bersama masyarakat Palembang yang juga hadir di TWKS.

Sementara itu, Hazman mengaku  memilih TWKS dibandingkan tempat lokasi wisata lainnya seperti di Jakabaring Sport City dan Jembatan Ampera karena letak posisi gerhana bulan ini lebih terlihat jelas di TWKS. sehingga bisa mengabadikan gernana bulan di  atas jembatan kecil. Kalau di ampera dan jsc tidak kelihatan jelas posisi gerhana bulan dan latar belakangnya.

Hazman mengaku banyak sekali yang bisa diambil dari gerhana bulan ini, salah satunya bisa menunaikan shalat gerhana. Pihak panitia dari komunitas rumah budaya sengaja menggelar event ini, untuk memberikan edukasi kepada masyarakat, termasuk juga menunaikan ibadah shalat gerhana, bahkan mengajak pengunjung berkunjung ke museum di malam hari.

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com
Skip to toolbar