Menyibak Curup Tenang Bedegung, Air Terjun Tertinggi di Sumsel

Sharing is caring!

Saat ikut menjelajah Sumatera Selatan bersama rombongan blogger FAM Trip Pesona Sriwijaya kami singgah di Kabupaten Muara Enim sebelum melanjutkan ke Pagar Alam. Ternyata kabupaten Muara Enim menyimpan objek wisata yang sangat indah dan sayang untuk dilewatkan. Adalah pesona air terjun Bedegung yang sangat menakjubkan.

Air terjun Bedegung merupakan salah satu objek wisata alam unggulan Kabupaten Muara Enim. Air Terjun Bedegung biasa dikenal dengan nama Curup Tenang Bedegung. Karena terletak di Desa Bedegung, Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim membuat air terjun ini dinamakan air terjun Bedegung.

Menariknya dengan ketinggian sekitar 99 meter, air terjun Bedegung atau Curup tenang ini merupakan satu dari sekian air terjun tertinggi di Indonesia, setelah Air terjun Sigura gura (250 meter), Air terjun Payakumbuh di Ngarai Harau (150 meter), dan Air terjun Curug Citambur (100 meter).

Akses menuju air terjun ini ditempuh dengan jalur darat baik menggunakan bus ataupun kendaraan pribadi. Ada juga kereta api yang menjadi alternatif pilihan transportasi.

Dari kota Palembang, air terjun Bedegung atau Curup Tenang ini berjarak 239 km atau di tempuh sekitar 1,5 hingga 2 jam. Sedangkan dari Muara Enim hanya berjarak 58 kilometer dan cukup ditempuh 30 hingga 45 menit. Sepanjang perjalanan menuju Air Terjun Bedegung, mata terpuaskan dengan keindahan alam dan hamparan padi nan hijau.

Untuk bisa menikmati keindahan air terjun, kita harus melewati jalan setapak terlebih dahulu. Inilah satu-satunya akses utama menuju Air Terjun Bedegung. Tenang jalan menuju ke air terjun ini sudah dicor bahkan ada akses tangga sehingga pengunjung tidak perlu khawatir.  Setelah berjalan kaki dengan rute menanjak kita akan mendengar gemuruh air terjun dan indahnya pemandangan.

12783990_839883639473800_929116401_n

Di kawasan air terjun Bedegung ini terdapat pondokan yang bisa digunakan untuk beristirahat sejenak sambil bersantai. Hamparan bebatuan besar yang dihempas air terjun menjadi pemandangan tersendiri. Sehingga kita bisa menikmati keindahan panorama alam Air Terjun Bedegung ini.

Air terjun Bedegung ini bersumber dari mata air di celah Bukit Barisan yang sama sekali tidak pernah kering meskipun di saat musim kemarau. Hanya debit airnya saja yang tidak melimpah seperti di musim penghujan. Saat kami datang di musim hujan, dan saat malamnya baru diguyur hujan.

IMG-20160312-WA0018

Para pengunjung bisa berfoto di atas bebatuan ini dengan latar deburan air terjun yang sangat deras. Aliran air terjun membentuk sungai yang cukup deras dan bebatuan besar juga terhampar di sana. Sehingga aliran dari air terjun Bedegung ini menjadi salah satu atraksi wisata arung jeram.

Agar nyaman menikmati pemandangan dan tidak repot selama berwisata di air terjun Bedegung. Pastikan menggunakan pakaian yang nyaman dan sepatu agar bisa melintasi tangga di atas aliran sungai dan jembatan besi yang berada persis menghadap air terjun.

IMG-20160312-WA0017

Pemandangan air terjun Bedegung yang alami dengan keindahan dan kesejukan alam mampu menghipnotis para wisatawan. Nuansa alam berselimutkan hijaunya pepohonan ditambah angin yang berhembus membawa butiran air terjun semakin membuat kita tidak ingin beranjak. Apalagi jika berjalan mendekati air terjun, deburan air terjun menjadi magnet yang mampu menarik kita untuk segera bermain di bawah Air Terjun Bedegung.

Untuk menikmati indahnya pemandangan air terjun, para pengunjung diwajibkan membayar tiket masuk sebesar Rp. 5.000,- per orang pada hari biasa. Sedangkan di hari libur nasional atau hari besar agama, biaya masuk air terjun unggulan Sumatera Selatan ini, mulai dari Rp 10.000,- hingga Rp. 25.000,-.

img-20160312-wa0010
Photo Mas Bolang – lostpacker.com

Pemerintah Kabupaten Muara Enim terus melakukan perbaikan sarana dan prasarana di kawasan wisata air terjun Bedegung. Mulai dari pembangunan toilet dan kamar mandi di sekitar lokasi, termasuk pembangunan jalan setapak yang menjadi akses utama wisatawan menuju air terjun ini.

Selain itu untuk wisatawan dari luar daerah atau wisatawan lokal lainnya yang ingin mencari penginapan. Di kawasan air terjun Bedegung ini juga telah tersedia  villa dan tempat penginapan.

IMG-20160315-WA0124

Ayo sudah siap berwisata ke air terjun Bedegung?

20 comments

  1. Pingback: Uji Nyali di Arung Jeram Enim – Muara Enim |

  2. Pingback: Tips dan Trik Untuk Yang Pertama Kali Naik Kereta Api |

  3. Pingback: Tips dan Trik Untuk Yang Pertama Kali Naik Kereta Api

    • Widya Lim Reply

      Aku pengen banget main kesitu, kayaknya bagus dan tenang sesuai namanya.. Curup itu artinya air terjun ya kak? Kalau di Bandung, namanya Curug wkwk beda 1 huruf ya XD

  4. Mei Wulandari Reply

    Selalu suka sama keindahan air terjun. Di tempatku juga ada MB, namanya grojogan Sewu hehee.
    Jujur aku baru dengar nama Air Terjun Bedegung ini. Meski harus melewati jalanan setapak tapi kalau udah dengar gemuruh dan pemandangan jadi seneng ya Mb.

  5. Andiyani Achmad Reply

    Ini dari kejauhan pasti udah terdengar suara air terjun dan cipratan air terjun nya ya mba… ah seru banget, kebayang gimana excited-nya pas liat langsung, auto mau loncat aja hahahah

    • Amanda Reply

      Baca postingan ini aku seketika lgsg pengen pesen tiket ke sumsel deh mbak hehe. Bagus sekali pemandangannya dan pengen jg kesituuu. Semoga ada kesempatan beekunjung kesana.

  6. Shani Reply

    indahnyohhh air terjunnya pasti seru banget bisa jalan jalan gini ya mbak di bali ada namanya git git air terjunnya

  7. Tori Reply

    seneng ya bisa menikmati indahnya pemandangan di air terjun bedegung. bnyk akses transport jg buat mnuju kesana.jd gmpng klo mau wisata kesana

    • Larasatinesa Reply

      Ngeliatnya langsung berasa segar mba, udah lama nggak main ke wisata air terjun gini. Perlu banget nih ya buat melepas penat dari pekerjaan. Btw turbannya jadi insprasi deh buat dipakai traveling gitu, lebih simple yaa

  8. Tami Oktari Reply

    Setelah diingat2 udah lama juga ga ke curup nih aku mba huhu dulu pas liburan sempat mau ke curup ke daerah apa gt ya kok lupa. Eh rame banget karena lagi musim liburan gitu hmm

    • Mporatne Reply

      Cakep banget pemandangan nya. Apalagi ada tempat buat berfoto foto kece dan aman. Tanpa ada rasa takut kamera kecenplung atau kita terbawa arus air terjun bedegung

  9. Suciarti Wahyuningtyas Reply

    Aku paling demen banget lihat air terjun gini loh, berasa enak banget dan adem. Apalagi bisa pergi bersama teman-teman ya mbak, pasti seru banget deh. Jadi pengen membuat plan liburan juga sama teman-teman.

    • Faradila Putri Reply

      Woaaah seru banget! Dan sudah dibuat tempat buat mendekat atau foto yaaa. Tetap terada segar meskipun ga nyebur langsung hehehehr.

  10. Ratna Kirana Reply

    Seru banget ya liburannya. Segar banget liat air terjun yah, langsung sejuk liat2 fotonya. Pengen ke sana jadinya.

  11. Widya Lim Reply

    Aku pengen banget main kesitu, kayaknya bagus dan tenang sesuai namanya.. Curup itu artinya air terjun ya kak? Kalau di Bandung, namanya Curug wkwk beda 1 huruf ya XD

  12. Grandys Reply

    Wuaaah curug Bedegung d Muara Enim, indah banget ya mba dengan ketinggian 99meter ini. Jadi pengen explore juga karena biaya masuknya sangat murah ya hanya 5K kalo hari biasa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.