Teknologi

Lupa Password…

Sharing is caring!

Manusia memang tempatnya salah dan lupa, itulah kalimat yang sering aku dengar.

Untuk urusan lupa, mungkin diriku salah satunya hihihihi :D… Apalagi untuk urusan password. Apalagi yang biasanya akrab dengan dunia maya pasti memiliki lebih dari satu akun baik itu Friendster, beberapa akun email, Facebook, Twitter dan banyak lagi. Belum lagi akun-akun di luar komputer seperti akun bank.

Ini semuaย  membutuhkan โ€œpasswordโ€ atau sandi agar bisa diakses.ย  Semenjak kejadian blog-ku kena hack akhirnya aku mengubah semua password ku.

Memang tidak aman jika menggunakan sandi yang sama untuk setiap akun yang dimiliki. Akhirnya aku pun berusaha untuk tidak membuat password yang sama. Meski akhirnya berkali – kali aku harus ganti password karena aku lupa dengan passwordnya.

Beruntungnya aku menghapal password email ku, kalo tidak wah urusannya bisa berabe :D.

Dan beruntungnya diriku bukan yang ahli komputer atau IT so, walhasil diriku harus pintar – pintar mengingat password itu hihihihi :D. Tapi tidak apalah daripada harus berujung dengan kejadian tidak mengenakkan lagi, akun kita dibobol dan orang seenaknya mengobrak abrik akun kita.

Memang sih, meski demikian udah membuat password berbeda, tapi tetap saja kaum Hackker memiliki kecanggihan yang didukung jaman yang serba canggih seperti sekarang untuk terus membobol. Mungkin karena pekerjaan utama mereka hanya itu hihihihi :D.

Banyak aplikasi untuk yang urusan password, aku aja yang copy paste masih bingung hihihihi ๐Ÿ˜€ ini linknya

Sxipper (Semua Platform)

Salah satu extension Firefox, Sxipper memberikan bantuan manajemen sandi, auto-login dan pengisian formulir otomatis untuk Firefox. Jika Anda malas membuat identitas yang sama berulang kali, Sxipper sempurna bagi Anda. Ia akan secara otomatis mempelajari dan membangun data diri Anda berdasarkan informasi yang pernah Anda gunakan untuk mengisi formulir. Sxipper sendiri dibuat berdasarkan default password manager Firefox, yang artinya adalah semua sandi Anda akan terenskripsi secara aman dan disimpan di komputer Anda.

KeePass (Semua Platform)

Sebuah aplikasi desktop gratis dan open source untuk mengatur sandi Anda dengan fitur-fitur mudah digunakan. KeePass mengamankan password Anda dengan sebuah satu buah password master dan/atau key file pada komputer Anda. Sebenarnya KeePass merupakan aplikasi untuk Windows, tetapi juga tersedia versi untuk OS-X dan Linux dengan nama KeePassX. Selain itu, KeePass juga tersedia untuk aplikasi handheld, seperti PocketPC, Symbian, Blackberry, dan PalmOS.

1Password (Mac OS X)

Aplikasi ini merupakan sebuah manajer sandi komersiil dan pengisi formulir untuk Mac OS X. Sistemnya menyerupai RoboForm untuk Windows, terintegrasi langsung dengan Firefox atau Safari untuk pengisian login dan formulir secara otomatis.

Seperti kebanyakan aplikasi lainnya, 1Password juga bisa secara otomatis menghasilkan sandi yang aman dan Anda hanya perlu mengingat password masternya saja. 1Password juga tersedia untuk aplikasi iPhone/iPod, serta Palm Pilot. Kelemahannya adalah ia hanya dapat bersinkronisasi melalui akun .Mac saja dan berharga sekitar US$35. Walaupun begitu, my1Password sudah dalam proses pengembangan untuk menyediakan sinkronisasi sekaligus akses online untuk password Anda dari browser manapun.

RoboForm (Windows)

Kalau 1Password diperuntukkan bagi Mac OS X, RoboForm adalah bagi seteru abadinya, Windows. Selain sebagai manajemen sandi, RoboForm memungkinkan Anda untuk menciptakan identitas untuk pengisian formulir online secara otomatis. RoboForm tersedia dalam 2 versi, yaitu freeware dan shareware (US$30). Sebuah versi portabel juga tersedia dengan nama RoboForm2Go (US$20). Sama seperti KeePass, RoboForm juga mampu digunakan pada Windows Mobile, Symbian, atau Palm Pilot. Kelebihannya dibandingkan KeePass adalah RoboForm bersifat Robust dalam hal pengintegrasian dengan Firefox dan Internet Explorer.

Password Manager Firefox (Semua Platform)

Gratis, mudah tersedia dan sangat mudah dintegrasikan dengan sistem kerja Anda? Kurang apalagi coba? Walaupun begitu, Anda perlu memperhatikan satu hal: pastikan untuk mengamankan password-password Anda dengan password master. Jika tidak, orang lain bisa dengan mudah melihat password Anda satu per satu dengan mengklik tombol Show Password pada kotak dialog Saved Passwords.

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers

16 Comments

  • Batavusqu

    Salam Takzim
    Postingan yang bagus, kita jadi bisa mengobati penyakit lupa terhadap pasword, apalagi saya punya kode sampai 10 sandi didunia maya 4 untuk email, 2 untuk blog, 1 untuk fb, 1 untuk ym, 1 untuk flickr, 1 untuk youtube ribet memang kalau ga di inget salah satu saja salah repotnya sebulan
    Terima kasih mbak artikelnya penuh manfaat
    Salam Takzim Batavusqu

      • defoc

        Awalnya memang saya pakai kertas yang saya selipkan didompet saya jadi kalau saya lupa ya saya buka dompet.
        Tapi lama-lama jadi hapal sendiri, mbak

      • Batavusqu

        Hahaha lupa merubah id jadi kena moderasi, biar aja mbak jangan dikeluarin, karena itu blog komunitas bukan blog pribadi.

        Kembali ke pasword
        Sebelumnya saya juga selalu buka catatan mbak yang saya selipkan di dompet, tapi sekarang saya sudah nggak pernah lagi lihat catatan.
        Terima kasih atas kunjungannya mbak Suzan, semoga makin erat persahabatan ini ya

  • Cahya

    Masalahnya, pencurian password masuknya lewat mana?

    Saya sih tidak begitu paham, dan kadang ga mau ambil pusing. Menggunakan beberapa algoritma berbeda untuk menciptakan kombinasi password tertentu yang berbeda-beda untuk masing-masing situs namun tidak mungkin terlupakan adalah pilihan baik.

    Mengamankan jaringan dengan firewall mencegah susupan keylogger, dan tentunya antimalware agar trojan tidak hinggap.

    Bila perlu menggunakan sandbox dengan lingkup SSL, sehingga semuanya super secret.

    Pilihan terakhir, pakailah Linux ๐Ÿ˜€

    Namun kembali, memang tidak ada yang 100% aman ๐Ÿ˜†

  • hahn

    walau hampir semua password ane sama (tapi sebagian udah diganti) untung belum ada satupun yang dicrack ๐Ÿ˜€

    kalau ane sih, untuk akun yang kurang penting, passwordnya biasa aja, hampir sama, paling nambah variasi dikit. tapi kalau untuk akun yang penting, misal email utama, ane pakai password yang unik dan berbeda. juga susah untuk di crack ๐Ÿ˜€

    alhamdulillah sampai sekarang email saya masih aman ๐Ÿ˜›

    makasih infonya mbak..

  • Riyanti

    blogwalking….
    wah klo masalah lupa, me juaranya nich xixixi, juara kok lupa sih Ti riyanti huuuft -_-! xixixixi….

    soalnya pnya blog di blogspot gr2 udah lm g diurus jadi lupa dech, g cuma passwordnya aja yg lp but emailnya pun jg lupa yg dipake yg mnaaa, hehehehehe… dsar riyanti dach -_-!

    mg cpt smbuh aja penyakit sk lupaannya ea kkkkkkkkkkkkkkkk…

    salam sayank jeng ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com
Skip to toolbar