Membaca Al-Quran Mendekatkan Diri Pada Allah

Membaca Al-Qur’an adalah salah satu cara untuk mendekatkan diri pada Allah SWT. Ada banyak kemuliaan dari membaca setiap huruf pada kalam illahi ini.

Allah SWT akan memberikan rahmat bagi yang membaca ayat-ayat suci Al-Qur’an. Dan tentunya akan memberikan syafaat di hari akhir bagi yang membacanya.

Tilawah Al Quran

Keutamaan Membaca Al-Qur’an: Panduan untuk Mendekatkan Diri pada Allah

Salah satu ibadah yang sangat dianjurkan dalam Islam adalah membaca kitab suci Al-Qur’an. Al-Qur’an bukan hanya kitab suci bagi umat Islam, tetapi juga panduan hidup yang lengkap.

Dalam membaca Al-Quran, kita tidak hanya mendapatkan pahala, tetapi juga mendapatkan ketenangan hati dan petunjuk dalam menjalani kehidupan.

Keutamaan Membaca Al-Qur’an

1. Mendapatkan Pahala Berlipat Ganda

Setiap huruf yang dibaca dari Al-Qur’an dihitung sebagai pahala. Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa membaca satu huruf dari Kitab Allah, maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan dilipatgandakan menjadi sepuluh kali lipat.” (HR. Tirmidzi).

Apalagi jika membaca Al-Qur’an di bulan Ramadan ya semakin berlipat pahala yang kita dapatkan.

Ini tips berpuasa di bulan Ramadan agar mendapatkan pahala berlimpah

2. Mendapatkan Syafaat di Hari Kiamat

Al-Qur’an akan menjadi pemberi syafaat bagi para pembacanya di hari kiamat. Dalam haditsnya, Rasulullah SAW bersabda, “Bacalah Al-Qur’an karena sesungguhnya ia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafaat bagi para pembacanya.” (HR. Muslim).

3. Menambah Ketakwaan

Keutamaan yang didapatkan lainnya bagi yang membaca Al-Qur’an secara rutin akan menambah ketakwaan kita kepada Allah SWT. Al-Qur’an mengajarkan kita untuk selalu taat kepada perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.

4. Menenangkan Hati

Al-Qur’an adalah sumber ketenangan hati. Dalam surat Ar-Ra’du ayat 28, Allah SWT berfirman, “Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram.”

5. Menjadi Cahaya dalam Hidup

Al-Qur’an adalah cahaya yang menerangi jalan hidup kita. Dengan membaca dan mengamalkan isi Al-Qur’an, kita akan mendapatkan petunjuk yang benar dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Tadarus Al Quran

Tips Membaca Al-Qur’an Secara Rutin

1. Tentukan Waktu Khusus

Tentukan waktu khusus setiap hari untuk membaca Al-Qur’an. Misalnya, setelah shalat Subuh atau sebelum tidur. Konsistensi adalah kunci dalam menjadikan membaca Al-Qur’an sebagai kebiasaan.

2. Buat Target Harian

Buat target harian dalam membaca Al-Qur’an. Misalnya, membaca satu halaman atau satu juz setiap hari. Target ini akan membantu kita untuk tetap istiqamah dalam membaca Al-Qur’an.

3. Pahami Maknanya

Saat kita membaca Al-Qur’an sebaiknya juga membaca artinya karena dengan memahami maknanya akan memberikan manfaat yang lebih besar. Gunakan terjemahan atau tafsir untuk memahami pesan-pesan yang terkandung dalam setiap ayat.

4. Belajar Tajwid

Usahakan bagi kita semua untuk membaca Al-Qur’an dengan tajwid yang benar. Karena itu adalah salah satu cara untuk menghormati dan memuliakan kitab suci ini. Ikuti kelas tajwid atau belajar dari guru yang kompeten untuk memperbaiki bacaan kita.

5. Amalkan Isi Al-Qur’an

Tidak hanya sekedar melafalkan ayat-ayat dalam Al-Qur’an, tetapi kita juga harus mengamalkan isinya dalam kehidupan sehari-hari. Al-Qur’an adalah panduan hidup yang harus kita terapkan dalam segala aspek kehidupan.

Membaca Al-Qur'an

Membaca Al-Qur’an Memberi Keberkahan

Amalan yang sangat mulia adalah membaca ayat suci Al-Qur’an karena tidak hanya memberikan banyak manfaat, baik di dunia maupun di akhirat.

Namun dengan membaca Al-Quran secara rutin, kita akan semakin dekat dengan Allah SWT, mendapatkan ketenangan hati, dan mendapatkan petunjuk hidup yang benar.

Marilah kita berusaha untuk selalu membaca, memahami, dan mengamalkan isi Al-Qur’an dalam kehidupan kita sehari-hari.

Semoga Allah SWT memberikan kita kekuatan dan keistiqamahan dalam menjalankan ibadah ini. Aamiin Allahumma Aamiin.

Related Posts

  • 53
    Membuat Keputusan dalam HidupBetapa pentingnya membuat keputusan dalam hidup dan bagaimana cara mengambil langkah yang tepat. Tetapi ada yang masih kesulitan menentukan keputusan yang akan diambil.  Pentingnya Membuat Keputusan dalam Hidup Membuat keputusan adalah…
    Tags: yang, kita, dan, untuk, dalam

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate ┬╗
HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com