Memasak Soto Ayam ala Hotel

Soto Ayam ala Hotel Batiqa Palembang

Sharing is caring!

Soto Ayam menjadi salah satu kuliner Indonesia yang bisa ditemui hampir di setiap kota. Bahkan resep memasak Soto ayam ini mudah sekali ditemukan di Google. Belum lagi resep memasak Soto ayam di setiap keluarga. Makanan berkuah kuning lengkap dengan isiannya mulai dari ayam suwir, sohun, tauge hingga irisan kol dan bawang goreng seolah memanggil untuk langsung disantap dengan sepiring nasi hangat.

Makanan dengan cita rasa yang khas ini memang hadir dengan beragam cara pengolahan sesuai dengan kota asal soto tersebut. Sebut saja Soto Ayam Betawi, Soto Lamongan, Soto Ayam Jakarta hingga Soto Ayam Madura. Baik dari kuah kuning hingga kuah susu atau kuah santan yang menggugah selera. Bahkan penjual soto ayam juga bisa kita temui baik dari kaki lima hingga restoran maupun hotel bintang lima menyajikan menu satu ini.

Soto Ayam ala Hotel Batiqa Palembang
Soto Ayam ala Hotel Batiqa Palembang

Kali ini saya mendapatkan kesempatan untuk berbagi proses memasak soto ayam ala Hotel Batiqa Palembang. Setelah ini bisa langsung membuat sendiri soto ayam untuk keluarga di rumah.

Soto Ayam ala Hotel Batiqa Palembang

Bahan :

  • 1/2 ekor Ayam yang sudah direbus, suwir halus ayam danย  sisihkan kaldu
  • Kol 200 gram diiris tipis
  • Tauge 200 gram, bersihkan dan sisihkan
  • Kentang 4 buah dibersihkan kemudian iris tipis-tipis dan di goreng
  • Tomat 2 buah diiris menjadi 6 bagian, sisihkan
  • Sohun 50 gram rendam dengan air lalu tiriskan
  • Telur ayam 3 butir, rebus hingga matang kemudian iris menjadi 4 bagian
  • Air 2 Liter
  • Minyak goreng 2 sdm
Bumbu Dasar Soto Ayam
Bumbu Dasar Soto Ayam

Bumbu Halus

  • Bawang merah 3 siung
  • Bawang putih 2 siung
  • Merica 1 sdt
  • Garam 2 sdm
  • Kunyit 2 cm
  • Kemiri 4 buah
Bumbu Pelengkap Soto Ayam
Bumbu Pelengkap Soto Ayam

Bumbu Pelengkap

  • Lengkuas 25 gram diiris-iris
  • Jahe 15 gram diiris-iris
  • Bawang putih 2 siung diiris-iris
  • Daun jeruk 3 lembar
  • Serai 2 batang digeprek
  • Daun salam 2 lembar
  • Daun bawang 1 batang diiris halus
  • Bawang goreng 50 gram
  • Jeruk nipis 1 buah, bagi menjadi 8 bagian

Cara membuat :

  • Haluskan merica,ย bawang merah, bawang putih, kunyit, kemiri, jahe dan garam.
  • Panaskan minyak lalu tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga harum, sisihkan.
  • Siapkan panci lalu panaskan minyak kemudian masukkan bumbu pelengkap yang sudah diiris halus didalam panci, masukkan daun jeruk, daun salam dan serai.
  • Masukkan bumbu halus biarkan hingga harum.
  • Tambahkan kaldu ayam ke dalam panci masak hingga mendidih
  • Masukkan garam dan gula sesuai selera.
  • Ambil mangkuk, masukkan yang sudah diiris, tauge, kentang goreng, sohun dan ayam.
  • Tambahkan tomat dan telur kedalamnya lalu tuangkan kuah soto secukupnya kedalam mangkuk.
  • Masukkan daun bawang yang sudah diiris halus dan 1 batang sereh
  • Taburkan bawang goreng diatasnya dan letakkan irisan jeruk nipis.
  • Soto ayam siap disajikan bersama sepiring nasi hangat. Tambahkan pelengkap kecap manis, sambal, dan emping ataupun kerupuk sesuai selera.
Soto Ayam ala Hotel Batiqa Palembang
Soto Ayam ala Hotel Batiqa Palembang

Soto Ayam tanpa santan atau susu ini memang menjadi favorit karena rasanya ringan dan nikmat disantap selagi hangat. Selamat mencoba ya.

20 comments

  1. Herva Yulyanti Reply

    Jadi pengen cobain mba biasanya aku bikin soto pake resep jadi wkwkwk baca ini ya kepengen gitu kayak menu resto huahahaha…mumpung punya ayam di kulkas ah cus eksekusi

  2. winda - dajourney.com Reply

    aku paling suka soto ayam begini mbak yang kuahnya kuning ๐Ÿ™‚ tapi kalau bikin soto sendiri pasti hasilnya beda sama yang di hotel, apa karena plattingnya gitu ya?

  3. Ellen Lim Reply

    Keliatan menggiurkan banget nih soto nya. Duh jadi lapar deh. Kasih resepnya ke mama ah biar dimasakin hehe.

    etherealpotato

  4. demia Reply

    waaah liat ini malem malem jadi laper nih liatnyaa, kayanya enak banget yaa, jadi pengen soto ayam juga deh besok hihihihihi

    • Ratnasari Reply

      Aaaa ini soto ayam favorit aku banget makin seger kalo ditambah sambel umm yummy
      Btw, noted resepnya Ka nanti aku mau coba bikin juga hihi

  5. Zahra Rabbiradlia Reply

    Mba, makasih udah nulis ini… Aku lagi kangen masakan indo tapi suka bingung kalau masak sendiri kadang suka ga seenak sm yg dipengenin haha. Mau coba masak soto pake resep ini ๐Ÿ™‚

  6. Widya Lim Reply

    waah ternyata bahan masakannya lumayan banyak ya.. biasanya aku dan mamah sih pake bumbu siap saji gitu jadi lebih praktis dan cepat *emang dasarnya pemalas kali yaa* wkkwkw

  7. vebby Reply

    jam segini lagi laper pas banget buka ini jadi langsung pengen soto ayam huhu. makasih loh mbak ada resepnya hihi bisa bikin nih weekend nanti

  8. Indah Juli Reply

    Asyik dapat resep soto ayam ala hotel, izin save resepnya ya. Soto ayam favorit keluargaku juga.
    Segar, apalagi kalau di makan di saat cuaca dingin.

  9. Nia K. Haryanto Reply

    Wah, enak banget nih sotonya. Aku belom pernah bikin. Padahal keluarga suka. Izin save resepnya ah. Nanti sesekali kudu nyoba bikin sendiri. ๐Ÿ˜€

  10. April Hamsa Reply

    Lha, bisa aja mbak Suzan dapat resep soto dari hotel? hehe
    SOto ini makanan favoritku, aku inget pertama kali masakin suami ya masak soto ayam, tapi kuahnya bening. Aku pengen bisa masak soto seenak yang dijual2 itu rasanya haha
    thx resepnya

  11. Shani Reply

    aku langsung ngiler habis baca artikel postnya ngecess pengen makan soto ayam campur kerupuk, sedeppppp jadi pingin praktek dirumah

  12. Ima satrianto Reply

    Waaa soto ayaaaammm…. Aku malesnya bikin soto karena ribet sama kunyit yang bikin tangan kuning, hahahaha. Padahal ini seger banget ya mba..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.