Lima Kebahagiaan Sederhana Yang Bisa Kita Bagikan

Sharing is caring!

Tahukah jika kita membuat seseorang berbahagia hari ini, saat 20 tahun mendatang orang tersebut akan tetap tersenyum mengenangnya. Kehidupan yang berbahagia menjadi impian semua orang. Hanya saja setiap orang menetapkan standar yang berbeda-beda tentang kebahagiaan. Padahal kebahagian tersebut bukanlah standar ukuran pencapaian namun lebih dari apa yang kita rasakan. 

Pasalnya kebahagiaan bukanlah berhubungan dengan materi, karir yang melesat ataupun prestasi yang didapatkan. Jika menetapkan standar yang tinggi, kita justru malah terjebak dalam standar kebahagiaan kita sendiri. Ada banyak hal-hal sederhana yang memberikan kebahagiaan bagi kita. 

Berikut ini adalah lima kebahagiaan sederhana yang bisa kita bagikan:

1. Tersenyum

Tahukah tersenyum menjadi hal yang paling mudah bisa memberikan kebahagiaan bagi orang lain. Tersenyum juga bisa membuat diri kita bahagia. Senyum yang tulus dan ikhlas dari hati akan memberikan semangat lebih bagi orang lain dan membuat orang lain ikut tersenyum. Karena senyum itu menular, saat orang tersenyum kepada kita, otomatis kita akan membalas tersenyum juga. Mari menularkan virus senyuman agar semua orang merasakan kebahagiaan. Tanpa kita sadari, saat kita tersenyum otak ecara alami bekerja mengaktifkan pusat saraf yang mengatur emosi dan kebahagiaan.

2. Menolong keluarga atau orang lain yang membutuhkan

Saat kita bisa menolong keluarga kita ataupun orang lain yang sedang mengalami kesulitan dan membutuhkan pertolongan akan memberikan kebahagiaan tidak hanya bagi diri kita sendiri namun juga orang yang kita tolong tersebut. Tahukah saat kita bisa meringankan kesulitan orang yang kesusahan, memberikan makanan bagi yang kelaparan,  membantu orang yang terlilit hutang dan membuat orang lain berbahagia. Hal itu keutamaannya lebih dari melakukan ibadah i’tikaf di Masjid Nabawi sebulan penuh. Sungguh hal ini merupakan amalan yang mulia.

Seperti disebutkan dalam hadits Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallambersabda,

وَاللَّهُ فِى عَوْنِ الْعَبْدِ مَا كَانَ الْعَبْدُ فِى عَوْنِ أَخِيهِ

Allah senantiasa menolong hamba selama ia menolong saudaranya.” (HR. Muslim no. 2699).

3. Sedekah / Berbagi dengan sesama

Tahukah jika kita rajin bersedekah bisa menaikkan level kebahagiaan tidak hanya pemberi sedekah namun juga penerima sedekah. Saat kita berbagi dengan sesama, ternyata tidak hanya bisa menambah timbangan pahala ibadah pemberi sedekah dan melipatgandakan rezekinya , namun juga bisa membuat orang tersebut lebih bahagia. Perasaan bahagia itu muncul dari stimulan perilaku kita yang berbaik hati serta rasa kepedulian terhadap orang lain. Hal ini  ternyata bisa meningkatkan sinyal di otak dan meningkatkan rasa kebahagiaan.

4. Membeli barang dagangan pedagang keliling

Pernahkah kalian melihat pedagang keliling yang menjajakan barang dagangan, bisa jadi makanan ataupun barang kelontongan. Tahukah berapa banyak peluh dan tenaga yang dikeluarkan untuk berjalan. Bisa jadi  hari itu, dia belum menjual satupun dagangannya dan tentunya dia tidak bisa pulang dengan tangan kosong. Hal termudah bagi kita bukan dengan memberikan uang kepadanya tapi belilah dagangannya. Saat barang dagangannya dibeli, dia bisa tersenyum bahagia. Jika tidak membutuhkan barang tersebut, kita bisa memberikan pada orang lain. 

5. Silaturahmi bertemu dengan keluarga atau teman lama 

Saat kita bersilaturahmi dengan keluarga jauh ataupun teman lama yang sudah lama tidak berjumpa akan memberikan kebahagiaan. Kita juga bisa mendapatkan pahala dari silaturahmi, memanjangkan umur kita termasuk memberikan rezeki bagi kita. Selain itu kita juga akan merasakan kebahagiaan termasuk orang yang kita kunjungi juga  ikut merasa bahagia.

Nah itulah lima kebahagiaan sederhana yang bisa kita rasakan dan kita bagikan untuk orang lain. Sudah siap untuk bahagia belum? 

13 comments

  1. Ria Buchari Reply

    Tersenyum termasuk sedekah jg kan ka, setidaknya walaupun kita lg kurang mood orang tetap melihat kita baik n menyejukkan bagi yang melihatnya

  2. Nyi Penengah Dewanti Reply

    MasyaAllah, terima kasih kak Nita, sudah mengingatkan
    Senyum adalah sedekah yang paling mudah ya kak, disusul dengan kegiatan yang lainnya
    Itu yang motretin lagi bawa motor iseng banget hahaha seru!

  3. Helena Reply

    Setuju banget, Mbak Suzan.
    Mendengarkan cerita alias curhat orang juga masuk enggak ya? kadang orang hanya ingin didengar tanpa diceramahi.

  4. April Hamsa Reply

    Indah banget ya berbagi kebahagiaan. Walaupun dengan cara2 sederhana, namun menyentuh banget, andai semua org bisa kyk gtu bahagia ya dunia ini 😀

  5. Intan Novriza KS Reply

    Mba, aku baru tau kalo efek nyenengin orang lain tuh sedahsyat itu. Bisa 20an tahun gitu ya tetap dikenang? Hmm, harus sering-sering bikin happy rang orang nih. Terutama orang terdekat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.