Tips,  Travelling

Liburan Sukses dengan Rencana Perjalanan

Sharing is caring!

Apakah kalian termasuk yang suka jalan-jalan dengan menggunakan jasa tour and travel karena tidak mau ribet dengan membuat rencana perjalanan, membeli tiket dan hotel. Atau kalian termasuk orang yang senang mengatur sendiri seluruh rencana perjalanan. Setiap orang memiliki alasan masing-masing.

Suksesnya traveling atau jalan-jalan tergantung seberapa sukses membuat rencana perjalanan atau itinerary. Pasalnya dengan melakukan perencanaan perjalanan yang matang akan membuat kita bisa menghitung atau mengestimasi waktu perjalanan, berapa lama di tempat yang akan dituju, mengatur kunjungan ke berbagai destinasi hingga berapa besar budget dari perjalanan tersebut. Hingga akhirnya kita bisa mengevaluasi apakah perjalanan kita sukses atau tidak.

Sukses dalam artian semua destinasi wisata bisa dituju dan tidak over budget ataupun over time dari rencana perjalananan. Bahkan kita bisa memilih atau mendapatkan tiket perjalanan dengan harga lebih murah karena membeli di masa promo.  Rencana perjalanan atau disebut juga dengan itinerary sukses akan membuat kita semakin mahir dan bijaksana dalam memilih destinasi wisata mana yang akan dituju.

Itinerary yang dibuat bisa diberikan kepada keluarga, pasangan ataupun sahabat terdekat agar mengetahui apa saja yang akan dilakukan selama traveling. Hingga mengantisipasi jika terjadi hal yang tidak diinginkan saat traveling tersebut.

Berikut Tips Membuat Rencana Perjalanan / Itinerary :

1. Riset
Jika merencanakan perjalanan selama 5 hari 4 malam di suatu kota baik dalam maupun luar negeri, pastikan melakukan riset terlebih dahulu tentang tempat yang dituju, jam berapa tiba di daerah tersebut, transportasi dari bandara atau stasiun termasuk apa saja yang harus dilakukan sejak tiba di kota tersebut, hingga sampai kembali ke rumah kita.

Breaktime

Riset saat membuat rencana perjalanan bisa dilakukan dengan membaca buku-buku traveling, blog para travel blogger hingga artikel di website yang memberikan tips rencana perjalanan seperti website Breaktime.co.id. Disini terdapat banyak sekali artikel yang mengupas soal rencana perjalanan, destinasi wisata hingga tips-tips traveling.

2. Realistis
Saat  ingin berwisata ke suatu daerah, kita pasti ingin mengunjungi seluruh destinasi wisata di daerah tersebut. Tapi harus diperhatikan kita harus realistis, sadar diri berapa lama perjalanan yang akan dilakukan dan berapa banyak budget yang akan kita keluarkan atau kita miliki untuk perjalanan ini.  Pasalnya jika melihat dan menghitung waktu serta dana yang dimiliki akan membuat traveling kita berjalan sesuai dengan rencana perjalanan. Karena kita harus memperhitungkan hal-hal yang akan terjadi di luar prediksi. Ibaratnya kita sudah memiliki rencana cadangan dan dana cadangan juga.

3. Budget
Dalam membuat rencana perjalanan, hal yang harus diperhitungkan matang-matang adalah budget alias pendanaan untuk perjalanan tersebut. Mau tidak mau, suka atau tidak suka, uang adalah “masalah sensitif” yang harus diperhatikan. Pastikan dana untuk perjalanan ini cukup, untuk menghindari kita kekurangan dana ataupun over budget dari rencana perjalanan yang kita buat. Sebaiknya ancang-ancang berapa banyak dana yang disiapkan untuk transportasi, makan hingga oleh-oleh. Terkadang yang paling banyak menjadi pengeluaran adalah oleh-oleh, itupun jika kalian termasuk orang yang baik hati dan senang memberi buah tangan. Jika kalian hobi berbelanja pastikan memiliki budget tersendiri untuk berbelanja diluar dari budget rencana perjalanan. Pastikan kalian tidak kehabisan uang setelah jalan-jalan atau malah banyak hutang karena jalan-jalan tersebut.

4. Fleksible
Dalam membuat rencana perjalanan yang terpenting adalah pergi dan pulang dengan selamat serta perjalanan pun sukses. Jika ada beberapa tempat yang terlewat dari rencana perjalanan atau itinerary kalian, tidak masalah. Karena kita perlu memperhatikan hal-hal yang akan terjadi di luar prediksi. Apalagi jika kita belum pernah ke daerah yang akan dikunjungi tersebut. Jika ingin memberikan hari bebas untuk mengeksplore daerah tersebut, bisa menjadi hal menarik yang bisa dilakukan dan tentunya kita akan siap menerima kejutan dari perjalanan tersebut.

5. Berbagi Pengalaman
Setelah melakukan perjalanan ada baiknya kita berbagi pengalaman dari cerita perjalanan yang kita alami. Mungkin saja ada orang lain yang sedang membuat rencana perjalanan terinspirasi dengan cerita perjalanan yang kita buat. Jika tidak memiliki blog, kita bisa berbagi di forum-forum perjalanan atau juga di wesbite breaktime.co.id.

banner-write-story

Disini kita bisa saling berbagi cerita dan inspirasi dari saat membuat  rencana perjalanan hingga akhirnya kita berwisata, merealisasikan rencana perjalanan yang kita buat. Caranya pun cukup mudah, kita bisa login dengan menggunakan akun social media ataupun membuat akun dengan mendaftar di  breaktime.co.id.

Breaktime2

Semoga tips ini bisa membantu dalam membuat rencana perjalanan dan bisa menentukan tujuan liburan berikutnya. Ayo mulai siapkan rencana liburan dan mulai menabung dari sekarang ya. Happy traveling!

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com
Skip to toolbar