Uncategorized

Karma, Percayakah ???

Sharing is caring!

“Karma… adakah karma itu, kamu percaya karma itu ada ?”

Seseorang bertanya padaku, dan aku diam… Hmmm… aku tidak tahu, “Apakah ada yang namanya hukum karma dalam Islam?”. Entahlah…  yang kutahu teman-teman yang beragama Hindu percaya akan hukum karma, jawabku sekenanya.

Masih ingat apa kata orang-orang tua dulu, bila kita berbuat jahat terhadap orang lain, suatu saat kita pasti akan menerima balasan yang sama atas kejahatan tersebut?

Kebanyakan dari kita baru mempercayai adanya hukum karma saat kita sendiri yang jadi korban. Tapi kita menapikan dan tidak mengakui adanya hukum karma tersebut saat kita sendiri yang menjadi pelaku atas sebuah kebohongan, pengkhianatan atau sebuah kejahatan.

Jadi masih percayakah anda dengan hukum karma?

Kita harus belajar berpikir positif kepada Allah bahwa dengan kejadian yang kita anggap buruk yang kita alami, sebenarnya Allah hanya sedang membantu kita untuk menjadi lebih kuat.

“Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagi kamu. Dan boleh jadi kamu mencintai sesuatu, padahal ia amat buruk bagi kamu. Allah Maha Mengetahui sedangkan kamu tidak mengetahui. ” (Q.S.2:216).

Ada pepatah yang mengatakan “sesuatu yang tidak membunuhmu, hanya akan menjadikanmu lebih kuat”?

“Karena itu barangsiapa yang mengerjakan kebaikan meski seberat debu, dia pasti akan melihatnya. Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan meski seberat atom pun, dia pasti akan melihat (balasan) nya pula” (Q.S.99: 7 & 8).

Saya percaya hukum sebab akibat dan pastinya Allah ingin kita selalu berhati-hati dalam berpikir dan bertindak baik pada Nya, pada diri sendiri apalagi pada orang lain karena semua yang kita lakukan selalu saja kembali pada diri kita.

Bukankah siapa menabur angin akan menuai badai atau apa yang kita tanam itulah yang akan kita tuai !

Wallahu a’lam

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com
Skip to toolbar