Uncategorized

Garuda Muda Maju ke Semifinal

Sharing is caring!

Bravo… Garuda Muda yang berhasil maju ke babak semifinal SEA Games XXVI, setelah berhasil mengalahkan 3-1 atas Thailand, di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (13/11/11) malam. Sebelumnya Indonesia juga berhasil membungkam Singapura. Kini langkah Indonesia di grup A menghadapi Malaysia.

Semangat dan dukungan untuk tim merah putih datang dari seluruh masyarakat Indonesia. Tidak bisa menyaksikan langsung di Stadion GBK, jakarta. Ada televisi yang menyiarkan secara langsung perjuangan tim Merah Putih.

Garuda Muda Maju ke Semifinal

Di berbagai tempat digelar nonton bareng, salah satunya seperti di Palembang, juga digelar nonton bareng, salah satunya di Benteng Kuto Besak, Palembang.

Indonesia menang 3-1 atas Thailand

Minggu, 13 November 2011 21:12 WIB | 1987 Views

Pesepakbola Indonesia Patrich Wanggai (kiri) melewati penjaga gawang Thailand Ukrit Wongmeea (kanan) pada babak kualifikasi Grup A SEA Games XXVI di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (13/11). Indonesia mengalahkan Thailand dengan kedudukan 3-1. (ANTARA/Yudhi Mahatma/11) 

Jakarta (ANTARA News) – Timnas Indonesia menang 3-1 atas Thailand pada pertandingan Grup A SEA Games 2011 di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Minggu.

Gol Garuda Muda ini tercipta lewat Titus Bonai menit 33, Patrich Wanggai menit 64, dan Ferdinan Sinaga menit 90. Gol Thailand lewat tendangan pinalti Rannachai Rangsiyo menit 53. Dengan hasil ini Indonesia mengumpulkan sembilan poin dan lolos ke semifinal.

Bertanding di hadapan puluhan ribu pemndukungnya, tim Garuda Muda langsung menghenyak lewat Andik Vermansyah dari sisi kanan sehingga membuat pertahanan Thailand yang dimotori oleh Sutjarit Jantakol.

Thailand-pun juga memberikan tekanan dengan keras kepertahanan Indonesia, sehingga membuat tempo permainan meningkat. Akibatnya wasit harus mengeluarkan kartu kuning pada Theeraton Bunmathan karena melakukan pelanggaran.

Variatifnya serangan anak asuh Rahmad Darmawan terus diperlihatkan. Hasilnya pemain Thailand yang baru saja mendapatkan kartu kuning melanggar Andik Vermansyah sehingga wasit Kim Jong Hyeok mengeluarkan kartu kuning kedua dilanjutkan dengan kartu merah pada menit 12.

Meski kalah dalam jumlah pemain, anak asuh Prapol Pongpanich itu terus memberikan perlawanan. Beberapa peluang menciptakan gol terjadi, hanya saja berkat kesigapan Kurnie Meige, gawang timnas tetap aman.

Upaya untuk menciptakan gol terus dilakukan oleh tim Garuda. Hasilnya pada menit 33, Titus Bonai mampu menjebol gawang Thailand dengan sundulan akurat setelah menerima umpan terukur dari Hasim Kipuw sehingga mengubah kedudukan menjadi 1-0.

Unggul 1-0 membuat semangat Indonesia meningkat. Variasi serangan dari sayap dan tengah terus dilakukan. Peluang terjadi lewat Andi Vermansyah maupun Patrich Wanggai, hanya upaya yang dilakukan belum sesuai target. Hasil 1-0 terjadi hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua Thailand giliran menekan Indonesia. Meski kalah dalam jumlah pemain anak asuh asuh Prapol Pongpanich itu terus mengancam dan terpaksa salah satu pemain dilanggar oleh Diego Michiels dikotak terlarang. Hasilnya wasit menunjuk titik putih.

Sang kapten Thailand, Ronnachai Rangsiyo ditunjuk sebagai algojo. Pemain dengan nomor punggung 9 itu mengeksekusi dengan tenang pada menit 53 sehingga membuat kedudukan menjadi 1-1.

Kedudukan sama kuat membuat tim Garuda Muda meradang. Gempuran seperti babak pertama diperagakan. Hasilnya Patrich Wanggai mampu menjebol gawang Ukrit Wongmeema pada menit 65 sehingga membuat kedudukan menjadi 2-1.

Kembali unggul anak asuh Rahmad Darmawan lebih agresif. Serangan terus dibangun sehingga membuat barisan pertahan Thailand melakukan pelanggaran terhadap Andik Vermasyah. Akibatnya Ekkasit Chaobut mendapatkan kartu merah dan harus meninggalkan permainan.

Bermain dengan sembilan pemain, Thailand menjadi kocar-kacir. Kondisi dimanfaatkan Egi Melgiansyah dan kawan-kawan lebih menekan. Akhirnya Ferdinan Sinaga mampu menambah keunggulan pada menit 90. Hingga babak kedua usai kedudukan menjadi 3-1 untuk kemenangan Indonesia.

Susunan pemain Indonesia : Kurnia Meiga (gk), Egi Melgiansyah (c), Octovianus Maniani/Ferdinan Sinaga, Gunawan Dwi Cahyo, Hasim Kipuw, Andik Vermansyah/Lukas Mandowen, Diego Michiels, Titus Bonai, Hendro Siswanto/Mahardiga Lasut (KK), Patrich Wanggai dan Abdul Rahman.

Adapun pemain Thailand : Ukrit Wongmeema (gk), Seeket Madputeh (KK), Sarach Yooyen, Ronnachai Rangsiyo (KK), Isarapong Lilakorn/Ekkasit Chaobut (KK) (KM), Kroekrit Thawikan/Adisak Krisorn, Natarid Thammroddodpon/Phonlawut Donchui, Theeraton Bunmathan (KK) (KM), Sutjarit Jantakol, Pokklaw A-Nan dan Komkrit Cumsokcheak.

(T.B016/Z002)

Sumber: Antara

Majulah dan terbanglah tinggi Garuda-ku. Gapai tempat tertinggi, raih emas itu untuk Merah Putih, kembalilah menjadi macan Asia.

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com
Skip to toolbar