Komunitas,  Lifestyle

Eranya Citizen Journalism

Sharing is caring!

Eranya Citizen Journalism
Raditya Dika on Stage

Citizen Journalism… Tentunya sudah tak asing lagi dengan kata-kata ini atau masih ada yang belum pernah mendengar istilah ini. Baiklah untuk yang belum mengenal apa itu citizen journalism, mari kita tanya sama mbah google atau tante wiki hehheheh :D.

Berdasarkan sumber dan hasil analisa saya ūüėÄ :

Citizen journalism adalah jurnalisme warga atau pewarta warga yang melakukan proses jurnalisme mulai dari pendataan, pengumpulan, pelaporan, menganalisa, hingga menyebarluaskan berita dan informasi kepada khalayak ramai.

Singkatnya sih citizen journalism adalah masyarakat yang membuat berita dan menyebarluaskannya, tentunya harus mengikuti Undang РUndang Pers dan Kode Etik Jurnalistik. Masa depan citizen journalism ini mengajak masyarakat mandiri, andal, akurat, menyebarluaskan informasi. Citizen journalism adalah bentuk khusus dari pewarta warga serta user generated content.

Nah, penjelasannya sampai disini dulu tentang apa itu citizen journalism, kalo masih belum puas ya searching lah , saya kan bukan alat pemuas :p

Kini banyak media online yang mulai mengembangkan citizen journalism, salah satunya detikcom yang melakukan roadshow ke 7 kota besar di Indonesia. Palembang menjadi kota keempat seminar pada roadshow seminar media online. Bertajuk¬†‘Online Media: Citizen Journalism & Entrepreneurship’ detikcom mengajak warga untuk membangun portal lokal di Sumsel. Seminar yang digelar di Ballroom Hotel Novotel Palembang mendapatkan respon yang sangat tinggi.

Setidaknya lebih dari 250 peserta mengikuti seminar yang dimulai sejak pukul 9 pagi itu, founder detikcom Budiono Darsono atau yang akrab disapa BDI mengenalkan tentang detikcom.

Peserta tampak antusiasme mengikuti¬†seminar bertema ‘Online Media: Citizen Journalism & Entrepreneurship’ ini, pertanyaan demi pertanyaan silih berganti ditanggapi BDI.¬†Seminar ini semakin bertambah meriah setelah blogger dan penulis buku Raditya Dika memaparkan aktivitasnya di media online. Aksi ¬†kocaknya mampu mencairkan suasana, bahkan Raditya berulang kali membuat peserta terpingkal-pingkal dengan ceritanya.

Usai seminar, sebanyak 40 peserta terpilih dan salah satunya saya mengikuti Workshop pembuatan portal lokal.  Disini peserta diberikan pelatihan merencanakan, membuat dan menyebarluaskan berita. Nah ini adalah eranya citizen journalisme, ketika warga atau masyarakat sipil dapat ikut berpartisipasi dalam suatu proses pembuatan berita.

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers

6 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com
Skip to toolbar