Ini boleh dikatakan Demam Laskar Pelangi, kenapa dikatakan DEMAM karena di seluruh kota Indonesia, mulai dari saat pemutaran perdana Film Laskar Pelangi yang merupakan adaptasi dari Novel Laskar Pelangi ini diserbu penonton.

Seluruh masyarakat tidak hanya kaum remaja, namun juga orang tua dan anak kecil, mulai dari nonton sendirian, berdua pasangan, atau dengan keluarga besar menonton film karya Riri Riza dan Mira Lesmana ini, dan Riri berhasil membuktikan karya terbaiknya.

Film ini sarat dengan pelajaran, tidak hanya menyajikan tontonan belaka, namun tontonan yang menarik dengan pelajaran yang berharga tentang pentingnya pendidikan serta komitmen dengan janji dan impian untuk memberikan pendidikan yang terbaik. Ada juga kisah cinta monyetnya, termasuk sisi mistis dan indahnya persabahatan.

Pelajaran lainnya tentang pendidikan, khususnya dunia pendidikan kita, masih banyak sekolah yang bernasib sama seperti SD Muhammadiyah Gantong tersebut, sekolah yang tidak layak lagi.

Sementara di sisi lain, ada sekolah yang mentereng dengan berbagai fasilitasnya, sungguh menjadi perbandingan yang sangat bagus sekali.

Selain itu, pelajaran lainnya semangat Lintang yang tinggi untuk menempuh cita-citanya, untuk terus belajar meski sang buaya selalu menjadi penghalangnya, dan selalu berhasil dilewatinya.

Namun sayang takdir berkata lain, sang Bapak yang menjadi tulang punggung keluarga hilang di tengah laut luas. Tugas dan tanggung jawab beralih sepenuhnya ke pundak Lintang.

Memang menonton film ini bisa membuat tertawa dan juga menangis, seperti ketika Pak Harfan Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Gantong meninggal dunia, termasuk saat orang tua Lintang meninggal.

Ibu Muslimah sendiri dengan tekat dan semangat tetap menjalankan tugasnya sebagai seorang guru.Didalam hidup terkadang kita sering mengeluh, padahal ada orang lain yang lebih sulit dari diri kita.

Pesan yang paling mendalam dari Pak Harfan  “Jangan Pernah Menyerah, Hiduplah Untuk Memberi Sebanyak-banyaknya bukan Menerima Sebanyak-banyaknya”.

Written by

suzannita

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers