Malaysia,  Travelling

Day 1: Solo Travel to Malaysia

Sharing is caring!

Sebenarnya ini adalah kali kedua berangkat sendirian ke Malaysia. Tapi ini menjadi petualangan pertama tanpa dijemput dari bandara dan memanfaatkan transportasi publik di Malaysia.

IMG_5376

Sebenarnya saya paling tidak menyukai berangkat di malam hari. Alasannya karena membuang waktu perjalanan yang seharusnya bisa dimanfaatkan untuk keliling di siang hari dan harus membayar hotel. Tapi apalah daya, pesawat Air Asia yang menuju Malaysia satu kali setiap harinya pada pukul 17.59 dan tiba di Malaysia pukul 20.30 dan beruntungnya perjalanan ini gratis.

Setelah tiba di LCCT (Low Cost Carrier Terminal) dan menyelesaikan urusan imigrasi, saya langsung bergegas meninggalkan bandara khusus untuk pesawat budget tersebut. Namun untuk memudahkan perjalanan kali ini, saya membeli nomor dan paket internet dari Digi untuk menemani saya selama di Malaysia. Cukup murah hanya 26 ringgit , untuk paket satu minggu dan hanya 5sen ringgit per SMS.

Sebenarnya ada banyak cara untuk menuju pusat kota Kualalumpur dari LCCT,

1. Taxi

Standar untuk taksi dari LCCT ke kawasan Bukit Bintang sekitar 75-90 ringgit untuk budget rendah, untuk taksi premier sekitar 105-120 ringgit, dan minivan sekitar 200-300 ringgit. Cukup membeli voucher taksi di counter LCCT, sebelum keluar dari terminal kedatangan.

2. Train

IMG_0006

Sebenarnya memang lebih mudah naik taksi langsung menuju tempat menginap, tapi bagi yang berbudget rendah, tentu alternatif transportasi lain menjadi pilihan. Kereta Api ini ada 2 yakni KLIA Express dengan tarif 35 ringgit yaitu kereta api tanpa henti tujuan KLIA Airport ke KL Sentral dan KLIA Transit yaitu kereta api dengan tujuan sama namun berhenti di 3 station.

Untuk bugjet travel menggunakan KLIA Transit hanya 12.5 ringgit dan anak-anak hanya 6 ringgit. Busnya tidak jauh dari Skybus dan biasanya petugas tiketnya duduk di dekat bus. Ada 2 tiket yang diberikan tiket bus dan tiket kereta api.

Setiap 30 menit bus menuju ke Station Salak Tinggi dengan jarak tempuhnya sekitar 20 – 25 menit dari Station Salak Tinggi langsung naik ke Kereta Api menuju KL Sentral.

3. Bus (Airport Coach)

DSC03262

Ada beberapa jenis bus dari LCCT ke Bukit Bintang, Skybus (warna merah, milik Air Asia) harga 9MYR ataupun Aerobus harga 8MYR (warna kuning dan merah bertuliskan LCCT-KL Sentral)

IMG_5378

KL Sentral merupakan terminal bus di Kualalumpur, selain itu masih ada terminal Puduraya dan Bukit Jalil.

Ada juga bus lain harganya cukup mahal 18MYR.

Perjalanan dari LCCT menuju KL Sentral sekitar 1 jam. Awalnya saya ingin langsung menjajal monorail dari KL Sentral menuju kawasan Bukit Bintang.Untuk monorail ini sendiri terpisah dari KL Sentral dan harus berjalan sekitar 3 menit di seberang KL Sentral. Harga monorail ini cukup murah yakni 1.6 ringgit s/d 2.1 ringgit tergantung tujuan.

IMG_5388

Namun beruntung ada seorang teman yang berbaik hati menjemput saya di KL Sentral ke hotel Sentral Pudu, tempat saya menginap.

Pengeluaran hari pertama :

Bus LCCT – KL Sentral  : 8 ringgit

Nomor perdana              : 26 ringgit

Total                                  : 34 ringgit (Rp 127.500,- dengan kurs Rp 3.750,-)

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com
Skip to toolbar