Alam

Cuaca Panas dan Jaga Kesehatan

Sharing is caring!

Cuaca Panas dan Jaga Kesehatan
Langit dan Awan

Sejak beberapa hari, cuaca terasa begitu panas. Sejak pagi udara sudah begitu panas, tidak ada angin dan matahari bersinar dengan teriknya. Berdasarkan informasi, posisi matahari sejak 23-24 Maret 2012, tepat berada di atas ekuator atau garis Kathulistiwa. Artinya, posisi matahari tepat berada di atas Indonesia.

Bagi sebagian orang tentunya es menjadi pilihan untuk melegakan kerongkongan dan menghilangkan rasa panas. Tapi itu tidak berlaku untuk saya yang tidak bisa mengkonsumsi es, karena alasan bronchitis akus yang saya derita. Saya pun harus mensiasatinya dengan menjaga kesehatan agar aktivitas tidak terganggu.

Inilah tips ala Suzannita

1. Konsumsi Air Putih

Kita membutuhkan air putih agar tubuh dapat berfungsi dengan baik danair putih 90% membantu reaksi kimia di dalam tubuh. Apalagi cairan tubuh pun berkurang karena keringat maupun urine, sehingga jangan lupakan air putih. Apalagi saat beraktivitas, otak kita akan bekerja dan membutuhkan air 75%.

2. Makan buah dan sayur

Berdasarkan penelitian buah dan sayur sangat penting untuk mendapatkan kesehatan tubuh. Buah dan sayur mengandung beta karoten yang berfungsi untuk menangkal berbagai serangan penyakit.

3. Kurangi aktivitas di luar ruangan

Saya lebih memilih untuk mengurangi aktivitas di luar ruangan karena sinar matahari yang terlalu terik akan mempengaruhi tubuh, terlebih bagi mereka yang memiliki masalah pada mata maupun darah rendah. Jika pun terpaksa beraktivitas diluar ruangan, gunakan pelindung, seperti kaca mata hitam, topi ataupun payung.

Semoga tipsnya berguna.

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com
Skip to toolbar