Ini adalah pertama kalinya saya membuat selimut dengan chevron pattern, pola crochet dengan gelombang atau waves ini memang menggoda.

Crochet Chevron Baby Blanket

Saya menggunakan satu warna saja dan menambahkan beberapa car applique, serta matahari, pelangi dan awan applique. Sedangkan sebagai pelapis selimut, saya memilih kain cotton Jepang.

Crochet Chevron Baby Blanket

Materials:

  • Ice Yarn warna biru (4 Skein)
  • Soft Cotton yarn warna putih, kuning, orange, merah, hijau, hitam, pink, biru (masing-masing 1 skein)
  • Crochet Hook 5mm
  • Stitches marker
  • Gunting
  • Tapestry Needle / jarum

Crochet Chevron Baby Blanket

Pattern:

Pola ini menggunakan kelipatan 12 stitches plus 3 stitches.Contohnya 12X6 plus 3 = 75 stitches. Untuk chevron pattern   bisa dilihat disini jika bingung.

Untuk pola selimut yang saya buat, saya menggunakan 12X9 plus 3 = 111 chain

ch 111.

Baris 1: kembali ke titik awal chain, lalu hitung 11 chain dan beri stitches marker,  dc di chain keempat dari hook. *dc di 3 stitches selanjutnya. Dc2tog, dc 2 tog. Dc di 3 stitches selanjutnya. *Kerjakan 2 dc di 2 stitches selanjutnya.* Lakukan hal yang sama dari tanda *…* sampai di stitches marker. Lalu dc di 3 stitches selanjutnya. Dc2tog, dc2tog. Dc di 3 stitches selanjutnya. Akhiri dengan 2 dc di chain terakhir. lalu balik.

Baris 2: kembali seperti langkah awal, lalu hitung 11 stitches dan beri stitches marker,  chain 3, lalu dc di stitches pertama *dc di 3 stitches selanjutnya. Dc2tog, dc 2 tog. Dc di 3 stitches selanjutnya. *Kerjakan 2 dc di 2 stitches selanjutnya.* Lakukan hal yang sama dari tanda *…* sampai di stitches marker.Lalu dc di 3 stitches selanjutnya. Dc2tog, dc2tog. Dc di 3 stitches selanjutnya. Akhiri dengan 2 dc di chain terakhir. lalu balik.

NOTE: akan terdapat 2 dc di awal dan akhir setiap baris (ch 3 dihitung sebagai dc).

Crochet Chevron Baby Blanket

Jika ingin menambahkan pelapis, pilihlah kain katun Jepang atau kain yang nyaman. Saya menggunakan katun Jepang sebanyak 1 meter. Dan hanya menggunakan jahit tangan. Cukup bentangkan kain lalu letakkan selimut yang terlah dibuat. Dan mulai semat jarum di setiap sisi. Lalu jahit tanpa menggunakan mesin. Jika ada mesin jahit lebih bagus lagi, sayang mesin jahit saya tidak bisa digunakan untuk menjahit yang tebal.

Crochet Chevron Baby Blanket

Written by

suzannita

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers