Lifestyle,  Palembang,  Tips,  Transportasi

Ayo Naik LRT di Palembang, Caranya Begini

Sharing is caring!

Kereta ringan Light Rail Transit (LRT) Sumsel telah  resmi beroperasi secara komersial. Menteri Perhubungan RI menandai pengoperasian LRT Sumsel ini dengan berangkat menggunakan kereta pertama yang berangkat dari stasiun Bandara menuju stasiun DJKA pada Rabu, 1 Agustus 2018.

Dari stasiun LRT Bandara, kereta LRT ini berangkat pukul 06:56 WIB dengan tujuan Stasiun DJKA. Saat ini baru 6 stasiun yang bisa diakses dan menjadi tempat pemberhentian yakni stasiun Bandara, Bumi Sriwijaya, Cinde, Ampera, Jakabaring dan DJKA.

Baca Juga : Pengalaman Jadi Penumpang Pertama LRT di Palembang

Catat Jadwalnya LRT Sumsel

Jadwal Kereta LRT Palembang
Jadwal kereta LRT Palembang berangkat dari Stasiun DJKA
Jadwal kereta LRT Palembang berangkat dari Stasiun Bandara

Untuk tahap awal pengoperasian LRT Sumsel yang resmi beroperasi melayani masyarakat mulai dari stasiun Bandara hingga stasiun DJKA.

LRT Palembang Bandara

Kereta pertama yang berangkat dari bandara mulai pukul 06:56 WIB dan kereta terakhir berangkat pukul 17:19 WIB. Sementara kereta dari stasiun DJKA mulai berangkat pukul 07:25 WIB dan terakhir pukul 16:03 WIB. Jadwal ini sendiri masih belum fix dan nantinya akan mengalami perubahan lagi.

Tarif LRT Sumsel

 

Untuk naik LRT penumpang bisa menggunakan ticket manual yakni membeli langsung di loket yang berada di stasiun. Selain itu bisa juga menggunakan uang elektronik atau e-money yang dikeluarkan oleh bank.

Ticket LRT Sumsel Manual

Tarif  LRT Sumsel ini mulai dari 5 ribu  untuk tujuan selain dari dan ke bandara sedangkan untuk tujuan dari dan ke Bandara SMB II Palembang dikenakan tarif senilai Rp 10ribu.

Caranya Begini Naik LRT Sumsel

Untuk naik LRT Sumsel kita harus menuju stasiun LRT.  Beberapa stasiun ini bisa diakses dengan menggunakan tangga manual, travelator, eskalator hingga lift. Karena jalur LRT ini memang dibangun di atas jalan raya atau elevated.

Setiap penumpang yang ingin menggunakan LRT Sumsel, harus masuk melalui smart gate yang hanya terbuka jika kita sudah men-tapping tiket ataupun e-money kita. Jika tidak memiliki kartu uang elektronik kita bisa membelinya di loket tiket, kita bisa mengisi saldo sesuai yang diinginkan. Selain itu kita juga bisa menggunakan tiket manual untuk satu kali perjalanan.

Setelah memiliki tiket ataupun e-money kita baru bisa melewati pintu masuk  dengan mesin sensor uang elektronik atau mesin tapping ini.

Setelah menempelkan kartu uang elektronik ataupun tiket manual ini, kita baru bisa menuju peron. Jika di stasiun di luar bandara, untuk menuju peron kita harus naik menggunakan lift, eskalator maupun tanggal manual untuk menunggu kereta LRT datang.

Hal Yang Harus Diperhatikan di Dalam LRT

Ada hal-hal yang harus kita perhatikan jika berada di dalam LRT Sumsel, mulai dari hal yang boleh dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan didalam LRT,  mulai dari :

Photo by : Mbak Ira
  1. Masuk kereta LRT dengan tenang dan antri, utamakan yang keluar terlebih dahulu. Tidak saling dorong saat masuk kedalam LRT, hal ini untuk menghindari terjatuh ke jalur LRT karena jalur LRT ini dipenuhi dengan listrik tegangan tinggi.
  2. Duduk dengan tenang didalam kereta LRT karena ada penumpang yang lain selain kita.
  3. Untuk penumpang yang berdiri, usahakan memegang handle agar tidak terjatuh.
  4. Tidak makan dan minum selama didalam kereta LRT.
  5. Tidak boleh merokok selama didalam kereta LRT.
  6. Tidak boleh membawa senjata api ataupun senjata tajam.
  7. Usahakan tempat duduk prioritas (priority seat) untuk ibu hamil maupun orangtua diberikan kepada mereka.
Photo by : Mbak Ira

Kehadiran LRT Sumsel ini menjadi wajah baru transportasi masa depan untuk kota Palembang dan Indonesia. Apalagi LRT Sumsel ini merupakan LRT pertama yang beroperasi di Indonesia. Selamat menggunakan LRT Sumsel ya

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers

2 Comments

  • Faridilla Ainun

    Wah baru liat ada tiket manualnya, ini bisa memudahkan yang memang belum tertarik beli uang elektronik atau wisatawan asing yang datang ya. Mungkin nanti bisa dikembangkan ke tiket dalam bentuk kartu kali ya mba.

    Harga tiketnya juga ga terlalu mahal. Semoga adanya LRT bisa membuat Palembang semakin maju dan transportasi umumnya semakin berkembang.

    Thanks sharingnya mba Suzan, kujadi pengen nyoba naik LRT Palembang *belum kesampean*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com
Skip to toolbar