2010 Summer Youth Olympic Games

Perjalanan ke Singapura kali ini sangat beruntung, karena ini berhubungan dengan dunia olahraga. Sebagai seorang mantan atlet, meski belum bisa berkiprah di kancah internasional layaknya Olympiade ataupun World Championship. Hmmm… napas olahraga itu terus mengalir dalam darahku.

Keberuntungan itu karena Singapura menjadi tuan rumah perhelatan 2010 Summer Youth Olympic Games (atau lebih dikenal dengan nama 1st Summer Youth Olympic Games).

Ini adalah awal dari Youth Olympics Games, salah satu bagian dari olahraga internasional dan festival kebudayaann yang akan dirayakan sesuai dengan tradisi Olympic Musim Panas pada tanggal 14-26 Agustus 2010, selama Olimpide ke XXIX.

Ajang ini akan dilaksanakan di Singapura, keputusan ini diumumkan pada tanggal 21 Februari 2008 setelah pemilihan dilakukan oleh 105 anggota IOC. Diperkirakan ada 170 negara yang ikut serta dengan 3500 atlet akan berlaga di ajang bergengsi ini. Indonesia sendiri hanya mampu mengirimkan 14 atlet di ajang tersebut. Tentunya ini menjadi Pe-eR besar bagi semua pihak, karena ini menandakan pembinaan atlet di Indonesia masih sangat minim.

Batasan usia untuk atlet adalah 14 hingga 18 tahun. Mereka akan berlaga di 26 cabang olah raga selain juga akan berpartisipasi dalam berbagai program kebudayaan dan pendidikan dan acara-acara penunjang lainnya seperti temu-muka dengan para juara olimpiade.

Ada 26 olahraga yang akan dipertandingkan dengan 31 kategori kelas yang dipertandingkan. Sudah termasuk 2 kelas dalam klasifikasi IOC untuk Aquatics (menyelam dan berenang), Bersepeda (BMX dan Sepeda Gunung), tiga kelas untuk Senam (Artistic, Rhythmic, dan Trampoline) dan 2 kelas untuk Bola Voli (Indoor dan Pantai).

Youth olympic direncanakan bakal diliput 800 media melibatkan 20 ribu sukarelawan dan mengundang sekitar 500 ribu penonton.

Dengan menjadi tuan rumah olimpiade akan mendudukkan Singapura sebagai kota dengan denyut kehidupan kota global sebagaimana halnya Newyork, London hingga Beijing.

Berbicara soal pelaksanaan Youth Olympic Games, Indonesia umumnya dan Sumsel khususnya layak mencontoh Singapura. Pasalnya promosi perhelatan even tersebut dilakukan di setiap sudut jalan hingga di orchard road.

Disini pihak penyelenggara telah menyiapkan booth yang menjual merchandise resmi youth olimpic games. Beragam merchandise mulai dari gantungan kunci pena mug hingga maskot Youth Olympic Games Merly dan Lyo.

Selain itu pihak penyelenggara juga menyediakan merchandise yang dicetak dalam edisi terbatas yakni pin cabor pertandingan.

Booth yang ada di sepanjang Orchard Road tersebut layak dicontoh oleh Indonesia dan Sumsel yang akan menjadi tuan rumah Sea Games XXVI, 2011 mendatang.


7 thoughts on “2010 Summer Youth Olympic Games”

  1. Halo teman2 semuanya!
    Ingin langsung menyaksikan aksi para atlet kebanggaan Indonesia di ajang bergengsi yang akan diadakan di Singapura 14-26 Agustus mendatang? Click http://bit.ly/9Jyajo untuk mengetahui lokasi pembelian tiket untuk menonton ajang olahraga bergengsi ini! Ayo dukung tim Indonesia!

    Reply

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Translate »
HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com