Tsunami Jepang, Kedewasaan Menghadapi Bencana

Tsunami yang terjadi di Jepang pada 11 Januari 2011 menjadi pelajaran tersendiri bagi negara kita Indonesia, yang juga kerap mengalami hal serupa. Bahkan Tsunami Jepang akibat gempa 8,4 scala richter itu juga sempat menghempas Indonesia, meski ketinggiannya hanya 1 meter.

 

Tsunami Jepang, Kedewasaan Menghadapi Bencana

Tsunami Jepang 2011

Jepang luluh lantak, korban berjatuhan, setidaknya diduga lebih dari 10 ribu korban jiwa akibat kejadian ini. Banyak hal yang bisa dipelajari dari Jepang diantaranya :

1. Deteksi dini tentang Tsunami sudah diketahui 1 jam sebelum kejadian, bahkan Pemerintah Jepang telah menginstruksikan seluruh warganya untuk mengungsi dan menjauh dari lokasi aliran Tsunami. Buktinya banyak warga Jepang yang mencari tempat ketinggian seperti gedung-gedung tinggi.

2. Β Selain itu, para warga Jepang itu terlihat tegar dan lapang dada, dengan bencana Tsunami yang menimpa mereka. Di Televisi tak terlihat mereka menangis, ataupun lagu menyayat hati. Bahkan mereka terlihat tenang dan tidak panik saat gempa terjadi.

3. Jepang memang sadar diri karena menjadi daerah rawan gempa, sehingga pendidikan menghadapi bahaya Gempa ataupun Tsunami sudah diajarkan sejak kecil. Ketika Gempa dan Tsunami datang, mereka tahu apa yang harus dilakukan pertama kali. Beberapa acara televisi seperti Games ala Jepang, juga ikut melakukan simulasi Gempa sebagai salah satu bagian dari Games mereka.

Semoga kita bisa memetik pelajaran berharga dari musibah yang dihadapi Jepang. Tak ada salahnya bagi wilayah yang berada di pesisir pantai dan rawan terjadi Gempa dilakukan simulasi penangangan Gempa, membuat jalur evakuasi Tsunami.

Be the first to like.
oth">

Incoming search terms:

3 comments

Leave a Reply

CommentLuv badge
[+] kaskus emoticons nartzco

Notify me of followup comments via e-mail. You can also subscribe without commenting.