Indonesia,  Travelling

Jalan-Jalan ke Pulau Pahawang

Sharing is caring!

Pulau Pahawang, Lampung sudah menjadi salah satu destinasi yang ingin Suzan kunjungi. Beruntung selama 3 hari 3 malam Suzan mendapatkan kesempatan ikut plesiran bersama staf Humas dan Protokol Pemerintah Kota Palembang untuk berwisata ke pulau yang terletak di Lampung Selatan.

4

Sebagai salah satu primadona baru objek wisata, Pulau Pahawang mengundang daya tarik orang untuk datang dan menikmati keindahannya. Pulau Pahawang  terletak di Teluk Lampung, Kabupaten Pesawaran, Lampung Selatan.  Tujuan utama berwisata ke Pahawang adalah snorkeling menyaksikan pesona terumbu karang dan binatang laut termasuk berbagai jenis ikan hias.

IMG_8493

Rombongan staf dan pegawai Humas dan Protokol Pemkot Palembang menempuh perjalanan melalui jalur darat untuk menuju pulau Pahawang.  Sekitar pukul 6 Jumat (02/10/2015) kami meninggalkan kota Palembang.

IMG_8494

Kabut asap pekat yang masih menyelimuti kota Palembang dan beberapa kabupaten yang disinggahi menjadi pemandangan selama perjalanan. Beruntung perjalanan dilakukan pada malam hari sehingga kesempatan itu tak disia-siakan bagi para peserta plesiran untuk beristirahat. Karena memang kami masih menjalankan aktivitas yang cukup padat.

IMG_8501

Bersama crew dan presenter PALTV, staf dan pegawai Humas dan Protokol Pemerintah Kota Palembang ini singgah di rumah makan pagi sore untuk santap malam. Usai santap malam perjalanan ke lampung pun dilanjutkan lagi. Dan lagi-lagi kami kembali melanjutkan istirahat. Setelah menempuh perjalanan sekitar 10 jam akhirnya kami tiba di Lampung.

IMG_20151003_085723

Dari Lampung perjalanan langsung dilanjutkan menuju Teluk Ratai. Perjalanan dari Lampung menuju Dermaga Ketapang ini ditempuh sekitar satu jam. Tiba di Dermaga Ketapang, kami pun langsung berganti pakaian renang dan langsung memakai life vest (life jacket).

IMG_8532

Setelah berganti pakaian, kami yang sudah tak sabar lagi menikmati suasana di Pulau Pahawang dan mengeksploitasi keindahan alam laut di Provinsi Lampung ini langsung menuju kapal yang telah dipersiapkan.

DSCF3895

Sebagian  besar yang menuju pulau pahawang melalui Dermaga Ketapang. Disini terdapat kapal-kapal yang bisa disewa untuk menuju pulau Pahawang, untuk tarif sewa berkisar 450 ribu rupiah per kapal, sehingga semakin banyak peserta yang ikut artinya sharing cost  semakin murah.

IMG_0066 - Copy

Dermaga Ketapang akan semakin penuh dengan kendaraan pribadi atau kendaraan sewa hingga bus pada akhir pekan terutama hari Minggu, sehingga berhati-hati dengan barang bawaan pribadi. Agar lebih nyaman lebih baik tinggalkan sepatu di dalam mobil, cukup bawa sandal saja.

IMG_20151003_155451
Pulau Pahawang adalah sebuah pulau yang terletak di Kecamatan Punduh Padada Kabupaten Pasawaran  Lampung Selatan.  Pulau Pahawang ini  terbagi  dua yakni pulau Pahawang Besar dan Pulau Pahawang Kecil. Dari Dermaga Ketapang menuju Pulau Pahawang ditempuh sekitar satu jam, tujuan kami adalah Pulau Pahawang Besar tempat kami menginap.

IMG_20151004_075332

Pulau pahawang menyimpan banyak keindahan. Pemandangan yang indah bukit pepohonan yang hijau pasir pantai yang berwarna putih. Air laut yang jernih dan segar dapat anda nikmati di pulau ini. Sangat cocok bagi penggemar bersnokeling.

IMG_20151003_105732

Setelah meletakkan barang-barang di kamar para peserta langsung diajak menuju Tanjung Putus. Di kapal kami mendapatkan snack dan makan siang, ya kami harus mengisi tenaga sebelum nantinya bersnorkeling. Nah, bagi yang ingin berenang diperbolehkan setengah jam makan.

IMG_20151003_105757

Tanjung Putus sendiri ditempuh sekitar 45 menit dari Pulau Pahawang Besar. Kawasan Tanjung Putus merupakan salah satu spot menyelam favorit di kawasan Pulau Pahawang. Para pecinta laut dan keindahannya tidak pernah melewatkan agenda ke Tanjung Putus.

IMG_20151003_104555

Tiba di Tanjung Putus kami yang sudah mendapatkan alat – alat snorkeling langsung menceburkan diri ke laut karena sudah tidak sabar untuk melihat keindahan karang dan ikan-ikan. Dari yang mahir berenang menyelam di kedalaman laut serta yang tidak bisa berenang ikut menikmati snorkeling. Namun ada juga yang hanya di atas kapal tidak  ikut snorkeling.

1443864016958

Setelah satu jam  snorkeling atau selam permukaan  di Tanjung Putus  rombongan pun melanjutkan snorkeling di Pulau Pahawang Kecil. Waktu satu jam untuk bersnorkeling di Tanjung Putus ternyata masih kurang dan kami harus melanjutkan perjalanan ke Pulau Pahawang Kecil berburu ikan nemo dan berfoto di dalam laut di tulisan Pahawang Wisataku.

Dari Tanjung Putus menuju Pulau Pahawang Kecil  ditempuh sekitar 20 menit. Tak menunggu lama kapal berhenti para peserta plesiran ini langsung melakukan aktivitas selam dangkal  atau skin diving.

1443864178584

Cuaca yang semakin terik dan hari beranjak sore membuat peserta plesiran mengakhiri petualangan snorkelling. Rombongan pun kembali ke Pulau Pahawang Besar tempat menginap. Di tengah perjalanan pulang kami sempat merasakan besarnya ombak sehingga sempat membuat rombongan sedikit tegang.

Tiba di pulau pahawang besar rombongan langsung bergegas mandi karena tak ingin melewatkan momen matahari terbenam. Pulau Pahawang Besar yang terletak di wilayah Selatan Lampung membuat bisa melihat sunset ataupun sunrise.

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers

5 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com
Skip to toolbar