Skip to toolbar
Lifestyle

Alasan Kenapa Wanita Harus Berbisnis

Wanita bisa menentukan pilihan hidup masing-masing namun alangkah baiknya jika seorang wanita memiliki usaha sendiri. Kenapa seorang wanita harus berbisnis, tentu ada banyak alasan diantaranya kenapa wanita harus punya bisnis sendiri. Agar wanita memiliki keahlian dalam  mengelola keuangan, mengambil keputusan jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Bahkan Siti Khadijah adalah seorang pengusaha, saudagar kaya yang bisa menjadi teladan bagi kita semua.

Berikut ini alasan kenapa wanita harus berbisnis :

1. Mandiri Secara Finansial 

Tentunya ketika wanita berbisnis bisa mandiri secara finansial sehingga bisa ikut mengatur strategi keuangan keluarga. Saat wanita memiliki penghasilan sendiri, tentu wanita bisa leluasa untuk membeli barang yang diinginkan, membantu keuangan anggota keluarga, bersedekah meminta uang suami.

2. Memberikan peluang pekerjaan dan tambahan penghasilan 

Saat memiliki bisnis, wanita bisa memberikan peluang pekerjaan bagi orang lain dan bisa menjadi penghasilan utama atau tambahan.  Wanita bisa produktif mengembangkan bisnis sesuai passion yang dimiliki. Tentunya saat hidup lebih produktif dan bermanfaat seorang wanita bisa memiliki kebanggaan dan kebahagiaan tersendiri.

3. Wawasan dan Networking Semakin Luas

Saat wanita berbisnis, tentunya akan berhubungan dengan banyak orang baik  dengan pelanggan, klien, maupun sesama pebisnis. Sehingga wawasan dan networking seorang wanita semakin luas dan bisa membuat hidup jadi lebih positif karena pikiran akan terbuka akan berbagai hal.

4. Tetap Bisa Mengurus Keluarga Sambil Berbisnis

Meskipun memiliki bisnis sendiri ternyata wanita tetap bisa mengurus anggota keluarga dibandingkan jika bekerja dengan perusahaan atau orang lain. Apalagi jika bisa sukses dalam membangun bisnis secara profesional bersama pasangan.

Saat keluarga memberikan dukungan keluarga dan kepercayaan, wanita tetap bisa menjalankan peran sebagai seorang istri maupun ibu dengan baik. Karena wanita memiliki kelebihan multitasking yakni   bisa mengerjakan banyak hal sekaligus dalam satu waktu. Apalagi jika bisa berbisnis dari rumah tentu akan semakin menyenangkan.

5. Antisipasi jika terjadi hal tidak diinginkan 

Wanita harus berbisnis agar bisa sebagai salah satu bentuk pertahahan diri, antisipasi jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Karena ada banyak sekali hal tidak terduga yang bisa saja terjadi dalam rumah tangga. Dan tentunya kita tidak tahu kapan hal tersebut terjadi.

Bagi banyak wanita, berbisnis sifatnya untuk jaga-jaga,  mulai dari jika suami terkena PHK, usaha suami bangkrut, suami sakit keras dan harus dirawat dalam jangka waktu lama.  Ataupun jika suami meninggal hingga berpisah karena tergoda oleh WIL. Sehingga wanita harus harus bersiap menghadapi kemungkinan terburuk. Sehingga jika hal buruk terjadi wanita tetap bisa menopang keuangan keluarga lewat bisnisnya.

Nah, itulah alasan kenapa wanita harus berbisnis. Hilangkan paradigma bahwa pria lebih mampu dari wanita. Anda juga bisa kok menjadi pengusaha yang sukses. Oleh sebab itu, jangan berdiam diri melihat kesuksesan orang lain. Ayolah memulai bisnis impian Anda dan buktikan bahwa wanita juga tangguh di dunia usaha.

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com