Trik Jitu Mengemas Barang Bawaan dari Kampung Halaman

Penumpang Kereta Api

Hits: 250

Orangtua mana yang tidak mengkhawatirkan anaknya di perantauan yang jarang pulang. Kalau bisa sih setiap saat mereka pasti akan mengirim lauk pauk yang bisa kamu hangatkan untuk mendampingi sepiring nasi setelah kerja seharian.

Apalagi kalau kamu belum juga mendapat pasangan saat pulang ke kampung halaman, bisa jadi seluruh isi rumah akan dikemas orangtua agar membuatmu hidup nyaman di perantauan hingga waktunya momen pulang kampung seperti pulang lebaran tahun depan.

Meski sepele, ada loh tips dan trik seputar dunia berkemas yang pastinya bisa membantu hidup kamu, terutama saat akan kembali ke perantauan setelah sejenak melepas rindu di kampung halaman.

Ya, Naik Kereta Saja Jangan Pesawat

Overload bagasi di pesawat harganya bisa nyaris menyamai tiket pesawatnya. Akan lebih bijak kalau perjalanan pulangmu ditempuh dengan modal tiket kereta. Meski perjalanan lebih panjang tapi kamu bisa lebih leluasa membawa barang.

Aturan Baru Batas Bagasi Kereta Api

Sumber: @KAI121

Untuk memberikan kenyamanan bagi seluruh penumpang kereta api, PT KAI juga memberlakukan aturan baru untuk bagasi penumpangnya. Kalau dulu sepertinya kamu bisa membawa ayam beserta kandangnya, saat beli tiket kereta sekarang terikat kebijakan membawa bagasi dengan berat maksimum 20 kg untuk tiap penumpang.

Secara volume maksimum, bagasi yang diperbolehkan dibawa ke dalam kereta api harus berdimensi 70cm x 48cm x 30 cm, serta maksimum terbagi dalam 4 item bagasi tanpa dikenakan bea tambahan.

Trik Mengemas Oleh-Oleh

Dari aturan di atas, berarti kamu bisa membawa empat kardus seukuran dua kali kardus mie instan setiap penumpang dengan satu tiket kereta. Sebelum berkemas, bagi dulu sesuai dengan jenisnya.

Bila berupa makanan siap saji pisahkan dengan makanan siap olah, makanan kering, pisahkan juga buah tangan untuk gebetan di sana.

Perlengkapan lain seperti baju dan alat perangmu, cukup dimasukkan ransel saja. Oleh-oleh dari orangtua itu yang terpenting dibawa. Bungkus masing-masing kardus dengan kertas yang berbeda, beri nama serta alamat dan nomor kontakmu agar jika tertukar bisa dihubungi pemiliknya.

Agar lebih aman, pilih kertas pembungkus paling genjreng warnanya atau tempel foto kamu dengan ukuran jumbo sehingga tidak ada penumpang lain yang berminat iseng menukar barangnya dengan milikmu.

Kelebihan Bagasi?

Penumpang dibatasi kelebihannya hingga 40 kilogram dari 20 kilogram batasnya. Jadi kamu hanya akan membayar selisih dari batas maksimumnya. Cukup murah kok dibandingkan overload bagasi pesawat, namun prosesnya ukup memakan waktu.

Petugas akan menghitung kelebihan berat bagasi yang harus kamu tanggung sesuai dengan kelas tiket kereta yang digunakan. Kalau kamu naik kelas eksekutif, tarif kelebihan bagasi dihitung Rp10.000 per kilogram. Kelas bisnis atau ekonomi komersial dibebani tarif kelebihan bagasi Rp6000 per kilogram, sedangkan penumpang kereta ekonomi non komersial dikenakan biaya Rp2000 per kilogram.

Cara Menempatkan Bagasi di Kereta Api

Kamu harus menempatkan bagasi dengan rapi di rak bagian atas, tidak boleh menempatkan bagasi di samping kursi lorong karena dapat mengganggu orang lalu lalang dalam kereta.

Bagian kolong tempat duduk juga wajib bersih dari bagasi. Apabila bagasimu cukup menyita tempat, PT KAI menawarkan pilihan kompensasi kelebihan bagasi dengan membeli tempat duduk ekstra.

Denda Kelebihan Bagasi Tanpa Surat

Inilah pentingnya melaporkan kelebihan bagasi ke petugas sebelum berangkat memeriksa tiket kereta. Karena apabila tidak melapor, kamu akan didenda sebesar Rp50000 per lima kilogram untuk kelas eksekutif, Rp30000 per lima kilogram untuk kelas bisnis/ekonomi komersial. Kamu di kelas ekonomi non komersial akan dikenai denda Rp15000 per lima kilogram tanpa surat bagasi.

Kalau sudah tahu begini, kamu pastinya tidak perlu pikir-pikir lagi mau naik kereta atau pesawat?

By suzannita

TV journalist, traveler, writer, blogger, taekwondo-in and volunteer. Bookworm, coffee addict, chocolate and ice cream lovers

21 comments

  1. Baru tau aturannya kak. Lumayan ya dendam nya. Btw semua emak2 sama ya suka bekelin anaknya pdhal kita dah bilang ga usah seisi rumah di bawa..haha

  2. kalau aku sih mudik ga mudik bawaan nya pasti banyak bangt wkwk
    gak tau kenapa, kalau aku agak ribet kak segala dibawa
    penting ga penting aku bawa hehee

  3. kalau aku sih mudik ga atau enggak bawaan nya pasti banyak bangt wkwk
    gak tau kenapa, kalau aku agak ribet kak segala dibawa
    penting ga penting aku bawa hehee

  4. waduuuuuu , packingnya rapi sekali mbaaak. btw aku mau mudik apa nggak bawaanya pasti selalu banyak hahaaha maklum ya permpuan semua harus dipersiapkan sedetail mungkin sih kalau aku

  5. setuju nih ka, kalo di kemas di dalam tas kecil kecil lagi mallah jadi lebih ringkes dan yg terpenting kalo pas tetiba ada yg mau di ambl di koper juga nyarinya lebih gampang

  6. Kalau pulkam sih biasanya aku naik mobil aja kak hehe ga ada kereta api sih disini. Btw aku baru tau kalau overload bagasi di kereta ternyata bayarnya ga semahal pesawat ya kak

  7. Ternyata kreta api ad bgasinya jg ya, maklum blm prnh naik kreta api hehe bdw tips packing oleh2nya sama kaya aku, soalny aku selalu pisahin gitu karena disamping takut kotor,tapi takut kecampur2 juga dan nantinya ribet sendiri cari cari hehe

  8. wah iya ya, kalo mudik bawaanya pasti banyak, belum lagi bawaan buat oleh oleh dari kampung halamn ya, ternyata kereta sekarang punya aturan juga mengenai barang bawaan ya, ku baru tau hihi

  9. Ini saya juga akan melakukan perjalanan dengan kereta api. Deg-degan juga karena jarang naik kereta api ke luar kota sendirian wkwk… Norak yaaa…

    1. Masalah packing aku termasuk yang freak beb, harus rapih dan dibedain berdasarkan jenis-jenisnya. Malah nih ya di dalam kantong tas ada kantong lagi buat naro barang-barang yang kecil.

  10. Salah satu alasan saya pilih kereta api ya karena lebih fleksibel soal bawaan. apalagi saya pergi berempat tapi diusahakan cukup bawa dua koper saja.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

HTML Snippets Powered By : XYZScripts.com
Skip to toolbar